Facebook ADS
Intermediate – Cara beriklan di facebook Pendahuluan
Materi Ini
Cukup Penting Agar Bisa Menguasai Facebook ads Dengan Lebih Mudah..
Facebook ADS
Intermediate
Cara beriklan di facebook |
Cara beriklan
di facebook Sebelum anda melanjutkan ke materi ini ada baiknya anda harus
membaca dan memahami beberapa ketentuan atau aturan main yang ada di facebook
ads agar iklan yang anda jalankan tidak melanggar peraturan atau aturan main
yang telah ditetapkan, ketentuan atau aturan main bisa di lhhat di https://www.facebook.com/policies/ads ...
Sekarang kita
saatnya belajar facebook ads lebih serius, kita akan belajar strategi dan
teknikal dengan lebih detail namun mudah untuk difahami kuncinya adalah anda
harus buru-buru mempraktekannya jangan cuman di bayangkan saja.
Pendahuluan
Untuk memahami
materi teknikal seputar Facebook Ads sebenarnya sangat mudah, yang sulit
biasanya adalah menerapkan strategi yang akan kita pilih baik itu strategi
pemilihan materi iklan atau strategi penargetan serta waktu dijalankannya iklan
tersebut.
Untuk Mahir di
pemilihan strategi harus membutuhkan banyak praktek, jadi apabila kita hanya
membaca atau mempelajari materi saja maka kecenderungannya kita akan tetap
kesulitan dalam pemilihan strategi iklan yang akan kita jalankan.
Untuk lebih
mudah di dalam memahami strategi facebook yang bisa kita terapkan sebaiknya
kita mengenal beberapa hal yang harus dipahami, diantaranya adalah:
Kita Harus bisa
membuat teks atau gambar iklan yang menarik perhatian-- karena seperti kita
ketahui bahwa facebook itu banyak sekali informasi yang bertebaran jadi kita
harus bisa mencuri perhatian pengguna Facebook agar bisa mengklik iklan yang
kita tampilkan.
Dengan
menguasai pembuatan materi iklan baik text ataupun gambar yang bisa menarik
perhatian pengguna facebook, ini bisa menjadi modal yang sangat besar bagi
seseorang yang ingin memulai beriklan di facebook ads.
Dalam
mempelajari teknik membuat materi iklan baik itu berupa text atau tulisan kita
bisa sering-sering melihat dan mengamati iklan-iklan yang banyak ditayangkan di
internet baik itu di facebook atupun di search engine.
Memahami jenis-jenis campaign dan struktur iklan-- Sekarang jenis campaign dari facebook ads semakin banyak dibandingkan beberapa tahun yang lalu, akan tetapi jangan sampai kita menjadi kebingungan dalam hal memilih campaign ini sehinngga kita jadi tidak fokus didalam menjalankan iklannya.
kita harus
menetapkan tujuan iklan terlebih dahulu, misalnya apkah kita ingin membuat like
FP kita semakin banyak atau kita ingin kunjungan ke website kita meningkat atau
bahkan kita hanya ingin memanggil kembali orang-orang yang telah mengunjungi
website kita (retargeting).
Setelah kita
menetapkan tujuan dibuatnya iklan barulah kita memilih jenis campign yang tepat
sesuai dengan tujuan yang telah kita buat sehingga iklan yang telah kita
jalankan bisa maksimal dan tidak sia-sia.
Untuk
diawal-awal kita bisa memilih campaign yang sudah umum digunakan orang terlebih
dahulu seperti Click to Website, Iklan Interaksi Kiriman Halaman atau Iklan
Konversi Situs Web , setelah kita menguasai dan sudah terbiasa menjalankan
iklan di facebook maka kita bisa mencoba jenis campaign lainnya.
Kita juga harus
memahami dengan baik struktur ads yang tersedia di facebook, dari mulai ads
sets, ads serta cara kerja dan kombinasi yang bisa dilakukan dari keduanya.
Mencari dan Memilih Target Market (targeting)-- Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa ide awal iklan kita di facebook adalah mencari suatu komuunitas atau sekumpulan orang yang menyukai suatu hal tertentu yang memiliki kemungkinan menyukai produk atau jasa yang kita promosikan.
Jadi ibaratnya
kita menjadi seorang sales yang kesana kemari mempromosikan suatu barang namun
kita filter kemana saja barang tersebut kita promosikan karena pada dasarnya
orang-orang di facebook tidak mencari barang atau jasa yang kita promosikan.
Karena ide
awalnya adalah mencari atau menemukan suatu komunitas yang sesuai dengan produk
atau jasa yang kita promosikan maka kita harus kenali dahulu kira-kira orang
yang memiliki kemungkinan menyukai produk atau jasa yang kita promosikan itu
siapa?
Mereka itu
siapa, tinggal dimana, jenis kelaminnya apa, umurnya berapa, menyukai apa, kegiatannya
apa dan hal-hal lainnya yang menunjukan karakterisitk dari target market yang
kita pilih, misalnya kita menjual produk sepakbola maka kita bisa menntarget
laki-laki, menyukai page sepakbola, suka check in di stadion (misal GBK), gemar
bermain game football manager dll..
Makanya mencari
dan memilih target market (audiens) didalam facebook ads adalah salah satu
teknik dasar yang harus kita miliki, di bagian teknikal saya akan memberikan
beberapa contoh mencari target market atau audiens di facebook akan tetapi
kalian harus kembangkan sendiri sesuai dengan karakterisitik niche yang
dipilih. Mencari dan mempelajari target market / audiens bisa dilakukan dengan
mengguakan fitur audience-insights atau wawsan pemirsa.
Testing Iklan / Split testing-- Mengetest iklan yang akan kita jalankan adalah seperti halnya kita melakukan sebuah investasi didalam dunia bisnis karena setelah kita mendapatkan iklan serta target market yang tepat maka kita bisa mengambil keuntungan yang banyak kapapun sampai kapanpun selama orang-orang tersebut masih terhubung dengan facebook.
Karena pada
dasarnya interest atau minat atau ketertarikan seseorang terhadap sesuatu hal
biasanya tidak akan berubah kecuali minat atau interest tersebut bersifat
musiman, misalnya seseorang yang menyukai sepakbola maka kecenderungannya orang
tersebut akan menyukai sepakbola terus menerus.
Apalagi kalau
target market yang kita miliki sangat tertarget dan spesifik maka ini bisa
menjadi aset yang sangat menguntungkan buat kita sehingga kita harus serius
didalam hal melakukan testing iklan dan jangan takut untuk mengelurkan sejumlah
budget hanya untuk mencari iklan atau target market mana yang menguntungkan.
Mindset yang
benar didalam adalah kita jangan dahulu berfikir yang namanya keuntungan
terlebih dahulu akan tetapi kita fokus mencari iklan mana yang efektif serta
target arket mana yang bisa menghasilkan pembelian.
Lakukan testing
iklan ini sampai menemukan winning campaign serta winning audiens biasanya
memerlukan waktu 3-5 hari untuk melakukan testing iklan tersebut dan biasanya
juga memerlukan budget kira-kira 500 sampai 1 juta rupiah.
Kita jangan
hanya membuat satu atau dua buah adset/iklan saja, akan tetapi kita bisa
membuat banyak adset serta adgroup bahkan banyak campaign sekaligus agar data
yang kita miliki lebih banyak sehingga analisa yang kita lakukan lebih
maksimal.
Inti dari
testing iklan / split testing adalah menemukan materi iklan yang mengahasilan
banyak interaksi (klik, share,comment dll), mendapatkan iklan dengan biaya yang
cukup murah dan mendapatkan data target market (interest, minat, umur gender,
kota dll) yang memiliki ketertarikan cukup tinggi dengan produk atau jasa yang
kita promosikan.
Bisa Membaca dan membuat Report-- Karena kita bermain paid advertising maka kita harus pandai membuat report dan membaca serta menganalisa report tersebut karena apabila kita tidak bisa melakukannya maka kecenderungannya kita akan mengalami biaya iklan yang mahal dengan hasil yang belum tentu maksimal.
Facebook
sendiri memiliki fitur yang sangat komplit termasuk didalam hal fasilitas yang
memudahkan kita membaca report atau hasil dari iklan yang kita jalankan
sehingga jika kita bisa dengan mudah mengeliminasi iklan-iklan yang kurang
maksimal atau iklan yang memiliki biaya mahal.
Akan tetapi
jika kita tidak mau ribet, kita bisa melihat pelaporan iklan dengan lebih
sederhana tanpa harus menggunkan fitur yang ada di facebook misalnya dengan
melihat langsung data penjualan yang kita miliki, apabila kita play iklan dan
tidak terjadi penjualan maka kecenderungannya iklan tersebut memiliki konversi
yang kurang baik.
Atau kita bisa
melihat dari budget iklan yang ditagih oleh pihak facebook untuk iklan yang
kita jalankan, apabila mahal maka kemungkinan target market yang kita pilih
kurang tepat sehingga kita bisa menggantinya atau mencari target market yang
lain.
Akan tetapi
jika kita tidak memanfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh facebook maka
kita akan kehilangan suatu fasilitas yang sebenarnya bisa kita manfaatkan dan
itu cukup merugikan kita seperti misalnya fitur pixel yang memiliki banyak
manfaat diantaranya untuk retargeting atau melihat konversi penjualan.
Inti dari
membaca report adalah kita mengetahui iklan-iklan mana saja yang memiliki klik
yang banyak, harga murah dan target market yang banyak melakukan pembelian,
setelah kita memiliki data tersebut selanjutnya kita bisa lebih mengoptimalkan
iklan yang menurut kita efektif dan mem-pause atau mendelete iklan yang tidak
efektif.
Optimasi iklan-- Setelah kita mendapatkan winning campaign baik itu target market ataupun materi iklan yang telah kita buat maka langkah selenjutnya kita optimasi iklan tersebut dengan cara memilih data-data adset mana saja yang memiliki tingkat efektifitas paling baik.
Misalnya kita
mendapatkan bahwa orang-orang yang berumur 24-35 tahun memiliki tingkat
interaksi yang paling tinggi maka kita membuat iklan lagi yang mentarget
rentang umur 24-35 tahun tersebut, atau kita mendapatkan bahwa orang-orang yang
tinggal di daerah Jakarta memiliki intaraksi paling baik maka kita targetkan
terlebih dahulu ke daerah Jakarta.
Ditahap
optimasi ini sebaiknnya kita membuat campaign dan adgroup yang baru dengan
memasukan data-data yang menjadi winning di tahap testing iklan, seperti
demography, gender, umur, interest dll, sedangkan untuk campaign kita bisa
memilih campaign mana yang paling efektif.
Adapun untuk
adsets atau materi iklan kita bisa menduplikasi adsets atau materi iklan
terbaik dari campaign yang telah kita buat, cara menduplikasi bisa kita lakukan
di power editor yaitu kita memilih adsets atau materi iklan (text dan gambar)
mana saja yang memiliki tingkat klik paling banyak.
Kita juga bisa
menambahkan budget harian dari winning campaign yang kita miliki misalnya kita
bisa naikan budget dari Rp 50.000 /day ke Rp 100.000/day lakukan penaikan
budget ini secara berkala agar tidak menimbulkan error ( ads manager error ),
maksudnya jangan kita lakukan penaikan budget terlalu ektrem misal dari Rp
50.000 /day menjadi Rp 500.000 /day , lakukan semuanya secara perlahan-lahan.
Dan bukan
berarti apabila kita menaikan budget iklan otomatis ROI atau Profit juga ikut
naik, bisa jadi apabila kita menaikan budget iklan malah justru kita menjadi
rugi, oleh karena itu kita harus benar-benar jeli saat kita hendak menaikan
budget iklan.
Optimasi
lainnya kita bisa membuat campaign menggunakan data-data yang cukup baik akan
tetapi tidak sebaik data-data yang telah kita pilih sebelumnya, misalnya untuk
rentang umur yang memiliki interaksi terbaik adalah 24-35 sedangkan yang kedua
adalah rentang 36-45, maka kita bisa membuat campaign lagi dengan mentarget
rentang umur 36-45 tersebut.
Atau menurut
data yang kita dapat dalam testing iklan kota yang memiliki interaksi terbaik
adalah Jakarta setelah itu bandung, maka untuk winning campaign yang kedua ini
kita bisa mentarget bandung dan yang lainnya, Lakukan langkah-langkahnya
seperti membuat campaign sebelumnya sampai kita menemukan winning campaign baru
sedangkan untuk adset kita bisa tetap mengguakan materi yang terbaik
sebelumnya.
Ingat, saat
kita mengoptimasi winning campaign yang telah kita miliki kita juga harus
memperhatikan data-data penjualan yang terjadi untuk produk atau jasa yang kita
promosikan tersebut, karena inti dari optimasi iklan adalah kita menemukan
iklan yang banyak menghasilkan penjualan bukan hanya sekedar mendapatkan iklan
yang murah dan klik yang banyak.
Retargeting-- Retargeting adalah iklan yang mentarget kembali audiens atau visitor yang telah mengunjungi website yang kita miliki, dengan teknik retargeting kita bisa mentarget visitor yang benar-benar mengenal atau memiliki ketertarikan terhadap website kita.
Beberapa tujuan
atau manfaat dari teknik retargeting:
Mentarget
orang-orang yang belum membeli produk yang kita promosikan-- ketika kita sedang
mempromosikan suatu produk atau jasa maka visitor-visitor yang dihasilkan dari
iklan yang jalankan belum tentu langsung membeli produk atau jasa tersebut di
hari yang sama.
Bisa jadi
ketika mereka melihat halaman penawaran dari produk atau jasa yang anda
iklankan mereka belum memiliki uang atau belum memiliki waktu yang memungkinkan
untuk melakukan transaksi pembelian.
Dengan teknik
retargeting ini kita bisa mengingatkan kembali mereka yang telah mengunjungi
halaman web dari produk atau jasa yang kita tawarkan sehingga mereka bisa
segera membeli produk atau jasa yang kita tawarkan tersebut.
Biasanya Teknik
ini ditujukan apabila iklan yang kita jalankan memiliki banyak visitor atau
pengunjung akan tetapi konversi penjualan dari visitor tersebut masih sedikit,
sehingga kita bisa optimalkan agar konversi penjualan dari visitor tersebut
meningkat.
Target semua
orang yang telah mengunjungi situs web kita-- Dengan Retargeting Kita juga bisa
mentarget semua orang yang telah mengunjungi situs web kita, ini biasanya
dilakukan agar kita menjadi lebih dekat dengan visitor webtersebut.
Kita juga bisa
menggunakan retargeting apabila kita memiliki produk atau jasa yang terbaru,
sehingga orang-orang tersebut mengetahui dan sangat memungkinkan untuk
melakukan pembelian karena mereka telah memiliki keterkaitan dengan website
yang kita miliki.
Duplikasi--
Setelah kita mendapatkan beberapa winning campaign baik itu dari materi iklan
(adsets) atau target market (audiens) dan kita juga telah mendapatkan
keuntungan dari penjualan produk atau jasa yang kita iklankan maka langkah
selanjutnya kita dupllikasi teknik dan strategi iklan tesebut untuk mendapatkan
hasil yang lebih besar lagi.
Ada beberapa
teknik duplikasi yang bisa kita lakukan diantaranya adalah:
Kita
menduplikasi strategi iklan yang telah kita terapkan untuk mendongkrak
penjualan produk yang sama, maksudnya kita mencari target market atau audiens
baru dengan cara yang sama seperti sebelumnya sampai menemukan kembali winning
campaign yang mampu menghasilkan penjualan.
Misalnya
pertama kita menjual produk-produk sepak bola ke target market atau audiens
seputar pencinta club sepak bola, maka kita bisa membuat target market baru ke
target market atau audiens seputar brand atau produk sepakbola yang sudah
terkenal atau seputar situs web terkenal yang membahas seputar sepakbola dll.
Teknik
dupllikasi lainnya adalah kita menawarkan produk berbeda ke target market yang
sama, jadi kita bisa membuat campaign baru dengan target market yang sama
dengan sebelumnya (bisa duplicate di power editor) namun menawarkan produk yang
berbeda.
Jadi kita hanya
mengedit url tujuan dan adsets (materi iklan) yang tentu disesuaikan dengan
produk baru yang kita promosikan, misal sebelumnya kita mempromosikan produk
baju bola maka kita bisa membuat campaign baru untuk mempromosikan sepatu bola
atau produk lainnya.
Lakukan
langkah-langkahnya seperti sebelumnya sampai kita menemukan winning campaign
yang bisa menghasilkan penjualan, kemudian kita bisa menduplikasi terus sampai
kita mendapatkan profit yang diinginkan.
Demikian materi tentang "Facebook ADS Intermediate - Pendahuluan" Dengan memahami materi tersebut, anda bisa lebih mudah dalam memahami Facebook ADS..dan Jangan Lupa Untuk dipraktekan materinya .. selanjutnya kita akan belajar tentang Materi "Teknikal Facebookads"...
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh… JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang
Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a,
Usaha, Ikhlas dan Tawakal)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa
Barat, 45471, ID
Salam
Sukses Berkah
Agil Nie ardiyan