Sabtu, 04 Februari 2017

Offpage SEO



Materi Offpage SEO Part 1 "Pendahuluan"
 Seperti yang telah kita bahas pada bab sebelumnya bahwa, agar halaman website kita memiliki rangking yang baik di hasil pencarian search engine setidaknya memiliki 2 faktor utama yaitu faktor internal (onpage SEO) dan factor eksternal (offpage SEO).

gambar offpage seo
Sebenarnya cukup kita melakukan teknik onpage SEO saja kita sudah bisa merangking dengan baik di search engine, maka jangan heran apabila banyak website yang tidak melakukan optimasi offpage tetapi website mereka bisa mendapatkan rangking dengan baik di search engine.
 Akan tetapi karena onpage SEO ini bisa diterapkan oleh siapa saja dengan mudah, maka apabila banyak website yang menerapkan hal yang sama search engine menjadi kebingungan untuk menentukan rangking di halaman pencarian, oleh karena itu search engine melihat factor lain dari website tersebut untuk menentukan rangking di hasil pencarian dan factor lain tersebut salah satunya offpage SEO.
Offpage SEO adalah optimasi yang dilakukan dihalaman website lain akan tetapi bisa memberikan keuntungan yang baik terhadap website kita, inti dari offpage SEO adalah seberapa banyak website lain yang meberikan link (rekomendasi) terhadap website kita.
Semakin banyak website lain yang memberikan link ke website kita maka efeknya semakin bagus buat posisi rangking website kita dan karena webmaster website lain tersebut tidak mungkin menautkan link ke website yang tidak berkualitas sehingga ini yang membuat masukan buat search engine untuk menetukan website mana saja yang lebih berkualitas.
Link yang mengarah ke suatu situs web disebut juga dengn istilah “ Backlink ” jadi banyaknya backlink situs web kita adalah banyak link dari website lain yang mengarah ke halaman web kita, asalkan backlink tidak dibuat dengan spam maka berapapun banyaknya backlink cukup berpengaruh buat posisi rangking halaman website kita.
Offpage SEO cukup signifikan dalam penentuan posisi rangking, karena tidak semua orang pandai melakukan offpage SEO terutama dalam jumlah yang besar, dibutuhkan pengalaman dan jam terbang yang lama untuk bisa enguasai teknik offpage SEO dengan baik.
Para pelaku SEO berlommba-lomba mencari teknik backlingking yang terbukti ampuh dalam menaikan rangking halaman website yang dioptimasiya, banyak dari mereka yang melakukan massive backlinking dengan menggunakan software hanya untuk membuat sebanyak mungkin backlink dalam waktu cepat.
Offpage SEO ini memang melanggar pedoman webmaster dari hampir semua search engine termasuk google sehingga sangat memungkinkan kita untuk mendapatkan penalty, jadi diperlukan pemahaman dan strategi yang baik agar saat kita melakukan teknik offpage SEO tidak membuat website kita mendapatkan penalty dari search engine.
Kenapa bisa terkena penalty? Karena search engine telah memberikan warning kepada para webmaster khususnya para pegiat SEO yang melakukan link building secara tidak natural yang bertujuan untuk mempengaruhi hasil pencarian di search engine.
Yang disebut link building tidak natural adalah link-link yang dibuat oleh pemilik web itu sendiri sedangkan search engine inginnya link-link itu dibuatnya oleh webmaster lain yang benar-benar merekomendasikan situs web lainnya yang dianggap bermanfaat.
Karena perbuatan ini termasuk curang bagi search engine akan tetapi ini tidak mengapa kita lakukan asalkan website kita benar-benar berkualitas dan sesuai dengan keyword yang kita optimasi agar membuat manfaat bagi pengunjung yang diberikan secara gratis oleh search engine.
Perkara penalty itu tidak harus kita khawatirkan secara berlebihan karena hampir semua search engine sangat hati-hati dalam melakukan penlty terhadap suatu situs web, karena kalau sedikit-sedikit penalty maka akan beradmapk negative bagi search engine itu sendiri.
Misalnya, kita cari halaman-halaman web yang sudah mendapatkan rangking bagus di search engine lalu kita berikan 1000 backlink dengan menggunakan software GSA atau software lainnya kemudian kita indexkan semua backlink tersebut, tindakan seperti ini jelas merupakan pelanggaran yang bisa berakibat penaly kepada website yang kita kasih backlink secara massive tadi.
Akan tetapi search engine mengetahui bahwa belum tentu pemilik website tersebut yang melakukannya, jadi search engine tidak serta merta langsung memberikan penalty, dan ini bisa menjadi kesempatan yang baik bagi kita pelaku SEO.
Untuk penalty, tidak semua website bisa dengan mudah mendapatkannya, website-website yang telah dipercaya oleh search engine cenderung lebih tahan terhadap penalty, misalnya coba kamu bikin 1juta backlink dengan menggunakan scrape box untuk situs facebook.com , saya yakin situs facebook tersebut tidak akan pernah mendapatkan yang namanya penalty dari search engine manapun.
Kenapa demikian? Karena situs facebook.com telah memiliki kepercayaan penuh dari hampir semua search engine, jadi search engine menganggap bahwa situs facebook.com ini memiliki manfaat yang baik bagi masyarakat sehingga search engine tidak mau situs-situs yang memiliki reputasi baik di masyarakat hilang begitu saja dari index atau database yang sudah dimilikinya.
Sepertinya search engine memiliki filter 2 langkah sebelum memberikan penalty kepada situs web tertentu yang dianggap melanggar, maksudnya ketika search engine mendeteksi ada ketidakwajaran dari link yang mengarah ke suatu situs web tertentu maka search engine tidak serta merta langsung memberikan penalty, akan tetapi search engine melakukan pengecekan terlebih dahulu (mungkin dilakukan manual oleh human) baru setelah itu mereka menilai pakah situs web yang mencerugakan ini layak atau tidak diberikan penalty.
Biasanya untuk web baru cenderung akan lebih mudah terkena penalty, karena akan sangat aneh sekali apabila ada website yang masih baru tetapi sudah ada website lain yang merekomendasikannya dalam bentuk pemberian link ke witus tersebut.
Apalagi kalau link yang didapat dalam jumlah banyak dan dalam waktu yang cepat maka ini hampir-hampir dipastikan akan mendapatkan penalty, dan search engine tahu bahwa biasanya pihak yang melakukan optimasi itu adalah website baru yang ingin mendapatkan banyak traffic dalam waktu yang cepat.
Oleh karena itu untuk situs web baru yang akan dioptimasi hendaknya diawal-awal melakukan optimasi offpage SEO hendaknya mengutamakan kualitas link terlebih dahulu, setelah website cukup kuat dimata search engine ( domain authority minimal 15) kita bisa meningkatkan intensitas pembuatan backlink tersebut.

Natural Link Building
Pada dasarnya tidak ada yang namanya natural di dalam teknik offpage SEO, karena kalau natural ya berarti bukan optimasi namanya.. sedangkan teknik offpage SEO adalah optimasi yang kita lakukan sendiri untuk mempengaruhi situs web kita agar mendapatkan rangking yang baik di search engine dan jelas ini bukan termasuk perbuatan yang natural.
Situs web yang sudah besar seperti facebook, Wikipedia dll itulah yang memungkinkan untuk mendapatkan backlink secara natural dari situs web lainnya bahkan dalam jumlah yang sangat banyak sekalipun, akan tetapi perlu berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk membuat situs web tersebut, makanya agar waktu yang kita butuhkan lebih cepat makanya kita melakukan teknik offpage SEO ini.
Ketika kita membuat sendiri backlink yang diarahkan ke situs web kita, maka sesungguhnya unnatural link building sudah kita lakukan dan itu artinya kita berhadapan langsung dengan resiko penalty, tetapi tenang saja resiko penalty bisa kita minimalkan dengan menerapkan strategi yang aman.
Didalam teknik offpage SEO tidak ada yang namanya natural link building tetapi yang ada hanyalah safety link building dan danger link building.. yaitu link building yang aman dan link building yang berbahaya, dimateri selanjutnya kita akan belajar teknik safety link building tersebut agar kita bisa melakukan teknik link building yang massive namun tetap aman, tentram dan damai.

Quality and Safety Backlink
Di dalam materi lain kita telah mempelajari bahwa backlink atau link yang mengarah ke halaman web kita sangat penting bagi posisi atau ranking halaman website di setan jinarch engine akan tetapi banyak dari kompetitor kita juga yang melakukan teknik backlingking juga bahkan tidak sedikit dari mereka yang mendapatkan backlink secara natural.
Jika itu terjadi Lantas website manakah yang mendapatkan posisi tinggi search engine?
Bila suatu halaman web memiliki jumlah backlink yang sama maka Search engine akhirnya menentukan siapa yang layak berdasarkan kualitas dari situs asal yang memberikan link tersebut, Inilah yang disebut dengan quality backlink.
Jadi kualitas situs asal link juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi ranking di search engine, semakin berkualitas situs asal link tersebut maka semakin baik nilainya di mata search engine.
Akan tetapi situs yang berkualitas biasanya lebih susah memberikan link daripada situs yang memiliki kualitas rendah ini menjadi tantangan buat pelaku SEO dan ini juga penyebab kenapa SEO itu tidak mudah untuk dilakukan.
Setiap pelaku SEO memiliki cara dan style tersendiri untuk mendapatkan Link yang berkualitas jadi kita juga harus menemukan teknik tersendiri dan saya disini mengajarkan Pondasi yang bisa dijadikan anda dalam membuat strategi atau teknik dalam membangun backlink yang berkualitas.

Quality Backlink
Sekarang kita akan mempelajari situs-situs mana saja masuk ke dalam quality backlink sehingga kita bisa mencari situs-situs tersebut untuk di tanam backlink ke halaman situs kita.
Situs yang memiliki authority tinggi
Authority website adalah Matrix atau nilai yang diberikan oleh moz.com terhadap suatu halaman website yang biasanya authority website ini dipengaruhi oleh umur domain, jumlah backlink, jumlah posting, jumlah traffik dan internal link dari website tersebut.
Semakin tinggi nilai authority dari suatu website maka nilai backlink yang ada didalamnya semakin besar efek yang dihasilkan bisa lebih memudahkan halaman website yang di linknya tersebut mendapatkan posisi yang baik di sisi engine.
Untuk domain authority yang Powerfull nilainya di atas 40, sedangkan untuk page authority yang powerfull nilainya cukup diatas 20, cara mengeceknya cukup mudah tinggal menggunakan mozbar ( doanload moazbar di https://moz.com/products/pro/seo-toolbar ) atau pergi ke https://moz.com/researchtools/ose/ .
Situs web yang mendapatkan link dari situs yang memiliki nilai authority tinggi lebih berkualitas daripada situs web yang mendapatkan Link yang berasal dari situs yang memiliki authority rendah, namun mendapatkan link dari situs authority tinggi relatif lebih sulit untuk kita lakukan.
Situs yang memiliki sedikit outbound link / eksternal link
Outbound link atau external link adalah banyaknya link keluar yang ada di dalam sebuah website, semakin banyak link keluar dari halaman website tersebut maka Link yang dihasilkan semakin rendah nilainya bahkan apabila terlalu banyak external Link yang dimiliki oleh suatu website, search engine bisa menilai website tersebut sebagai website spam.
Begitu juga sebaliknya apabila suatu halaman website hanya memiliki sedikit link keluar atau external link maka website tersebut cenderung lebih berkualitas dimata search engine sehingga Link yang dihasilkannya memberikan power yang cukup besar.
Situs-situs website yang mudah di spam oleh software seperti senuke, gsa dan lain-lain merupakan suatu situs yang kurang berkualitas sehingga Link yang dihasilkannya cenderung lemah akan tetapi tetap memiliki manfaat walaupun tidak signifikan.
Posisi Link
Posisi link juga bisa memiliki pengaruh di dalam kekuatan suatu backlink dimana link-link yang letaknya cenderung spammy Seperti di blogcomment, footer dan lain-lain nilai cenderung lebih lemah dibanding link-link yang berada di posisi yang lebih baik Misalnya link di dalam artikel.
Dofollow website
Dofollow website adalah website-website yang mengijinkan search engine untuk mengikuti link-link yang ada di dalamnya artinya link tersebut dianggap penting oleh pemilik web sehingga membolehkan atau merekomendasikan search engine untuk mengunjungi web tersebut.
Berbeda halnya dengan web nofollow yang mana pemilik web tidak terlalu merekomendasikan kepada search engine untuk mengikuti web tersebut, sehingga Link yang berasal dari situs nofollow relatif lebih lemah dibandingkan Link yang berasal dari situs dofollow.
Untuk mengetahui suatu situs web nofollow atau dofollow kita bisa menggunakan login yang ada di Google Chrome kita bisa mencari dengan keyword "nofollow checker chrome" kemudian install pluginnya dan aktifkan, biasanya situs-situs nofollow memiliki tanda merah di bagian link-link yang ada di dalam situs tersebut.
Situs dengan trust flow yang baik
Trust Flow adalah nilai atau Matrix yang diberikan oleh majestic SEO kepada setiap halaman website, nilai trust flow cenderung lebih kompleks dibanding nilai authority karena untuk mendapatkan nilai trust flow yang baik tidak hanya mengandalkan backlink tetapi juga letak halaman dan relevansi dari sumber backlink yang dimilikinya tersebut.
Sepengalaman Saya menaikkan trust flow suatu halaman web lebih sulit dibandingkan menaikkan authority karena faktor-faktornya trust flow lebih rumit, sehingga website yang memiliki Trust flow tinggi merupakan website yang berkualitas begitu juga backlink yang ditanam di website tersebut menjadi lebih berkualitas.
Situs web dianggap berkualitas apabila memiliki trust halaman homepagenya minimal 20, sedangkan untuk page-Page di dalamnya dianggap berkualitas apabila memiliki nilai trust flow minimal 5, Trust flow bisa di cek di majestic.com
Situs yang relevan
Relevansi situs sumber backlink dengan situs web yang dioptimasi menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dari suatu backlink, apabila situs sumber backlink relevan dengan situs yang di optimasi ini cenderung lebih baik dibanding situs sumber backlink yang tidak relevan.
Misalnya apabila kita mau optimasi suatu situs yang membahas seputar kesehatan maka alangkah baiknya situs web tersebut mendapatkan backlink dari situs web yang membahas tema seputar kesehatan juga agar relevansi menjadi semakin baik sehingga nilai backlink yang dimiliki menjadi lebih besar .
Tipe Situs yang baik
Tipe situs dari sumber backlink juga cukup berpengaruh terhadap kekuatan backlink itu sendiri beberapa tipe situs memiliki kekuatan lebih rendah dibanding tipe situs lainnya Dan biasanya tipe situs yang mudah untuk dibuat link cenderung memiliki kekuatan yang rendah.
Berikut beberapa tipe situs dan perkiraan kekuatan backlinknya:
Guest Post ==> baik
Web 2.0 ==> baik
Video Sharing ==> baik
High PA blog comment ( low outbond link ) ==> baik
Artikel directory ==> sedang
wiki ==> sedang
social bookmark ==> lemah
forum ==> lemah
Forum/social media profil ==> lemah
image comment ==> lemah
social media share ==> lemah
RSS ==> Lemah
Nilai-nilai yang saya berikan untuk tipe-tipe Website diatas adalah nilai secara umum, tipe website yang memiliki nilai lemah bisa menjadi baik apabila website tersebut memiliki authority atau trust flow yang tinggi jadi banyak faktor lain yang bisa mempengaruhi kekuatan dari Tipe website itu sendiri.
Situs yang terindeks
Kita harus memastikan bahwa backlink backlink yang kita buat bersal dari situs yang terindex oleh Search engine, backlink yang berasal dari situs-situs yang tidak terindeks biasanya tidak akan memberikan Efek apapun terhadap website kita.
Social media
Kita ketahui bahwa sekarang era sosial media berkembang pesat, hal ini menyebabkan search engine tidak menganggap remeh backlink backlink yang berasal dari sosial media, search engine akan memberikan point lebih kepada suatu website yang memiliki kepopuleran yang tinggi di sosial media.
Artinya semakin banyak situs web kita dishare oleh pengguna sosial media maka akan semakin baik nilai situs web kita di mata search engine karena pengguna sosial media cenderung hanya akan men-share website-website yang berkualitas menurut mereka.

Safety link building (link building yang aman)
Backlink merupakan salah satu faktor penting bagi peringkat suatu website di halaman hasil pencarian, akan tetapi backlink juga bisa dia menjadi mimpi buruk bagi pegiat SEO karena hampir semua search engine tidak menginginkan hasil pencariannya dimanipulasi dan membuat backlink sendiri merupakan salah satu teknik untuk memnipulasi hasil pencarian.
Ada beberapa hal yang harus kita lakukan ketika sedang melakukan link building agar link building yang kita lakukan tidak berdampak negatif terhadap sits web kita,
Kecepatan link building
Kecepatan link building menjadi faktor buat search engine untuk memfilter website website yang melakukan link building secara tidak natural kalau sebuah website tiba-tiba mendapat banyak link dalam waktu singkat maka search engine akan mencurigai dan akan memeriksa lebih Detail terhadap situs web tersebut.
Dan website website yang telah dicurigai oleh search engine tersebut biasanya akan berakhir dengan pemberian penalty apalagi kalau website tersebut masih baru.
Jadi kita harus memperhatikan kecepatan di dalam membangun backlink bila ingin melakukan backlinking secara masif kita bisa melakukannya secara bertahap misal kita membuat 10 link/day setelah 1 minggu ditingkatkan menjadi 15 link/day setelah seminggu ditingkatkan menjadi 25 link/day setelah seminggu ditinggalkan menjadi 35 link/day dan seterusnya.
Atau kita bisa melakukan link building dalam jumlah banyak sekaligus akan tetapi proses mengindeks backlink tersebut dibiarkan secara natural oleh search engine itu sendiri artinya kita tidak berusaha mengindeks-kan backlink-backlink yang telah kita buat.
Variasi anchor text
Dengan menggunakan anchor text yang bervariasi bisa membuat proses pembuatan backlink yang kita lakukan menjadi lebih aman, berbeda halnya ketika kita menggunakan sedikit variasi anchor text ini bisa berbahaya apalagi kalau anchor text tersebut berupa keyword yang kita bidik.
Kita bisa memvariasikan anchor text yang kita buat dengan menggunakan keyword-keyword turunan dari keyword yang kita dibidik atau kita juga bisa memvariasikan dengan memberikan anchor text namadomain kita.
Tipe website yang beragam
Tipe website yang beragam membuat proses backlinking yang kita lakukan menjadi lebih aman karena Search engine relatif tidak curiga terhadap backlink suatu website yang berasal dari Tipe website yang berbeda.
Berbeda halnya dengan backlink yang berasal hanya dari satu tipe website saja Misalnya sebuah halaman website memiliki backlink dari blog commen saja atau dari social bookmarking saja ini bisa membuat search engine curiga walaupun tidak selalu bisa menimbulkan penalty.
Website yang terpercaya
Di awal-awal kita membangun backlink sangat-sangat dianjurkan untuk mencari backlink dari website yang terpercaya terlebih dahulu, sehingga ini membuat situs web kita memiliki reputasi yang baik di mata search engine.
Misalnya kita membuat backlink dari wikipedia, artikel yang baik seperti ezine artikel, halaman-halaman website memiliki authority diatas 20, halaman-halaman website trust rank diatas 5, hal ini sebagai pemanasan terutama agar search engine tidak curiga terhadap Link building yang kita lakukan.
Memperkuat homepage
Memperkuat homepage terlebih dahulu adalah hal yang harus kita lakukan ketika membangun Link, ketika homepage dari website kita sudah cukup kuat maka proses backlinking selanjutnya menjadi lebih mudah dan aman.
Dengan memberikan backlink ke halaman homepage terlebih dahulu sebenarnya kita juga telah mengoptimasi halaman-halaman lain yang ada di website tersebut karena homepage biasanya lebih mudah mengalirkan kekuatan yang diterimanya ke halaman-halaman yang ada didalamnya.
Homepage bisa dikatakan cukup kuat biasanya apabila authority dari homepage tersebut sudah di atas 20, jadi setelah homepage website kita memiliki authority di atas 20 maka kita bisa melakukan proses backlinking ke halaman-halaman lain yang ada di website tersebut.

Perfect Link
Perfect Link adalah Link yang sangat diharapkan oleh para pegiat SEO, yaitu dimana kita mendapatkan link jenis ini kita bisa dengan mudah merangking di keyword yang kita bidik. Selain itu Perfect Link link juga aman untuk dilakukan karena kualitas Link yang dimiliki sangat sangat baik.
Berikut kriteria sumber website untuk dijadikan perfect Link yang sebaiknya anda cari:
Halaman web yang memiliki trash flow di atas 10
Halaman web yang memiliki authority diatas 25
Halaman web yang memiliki bahasan yang sama dengan halaman web yang kita optimasi
Halaman web yang memiliki external link sedikit
Berasal dari homepage sebuah website
Halaman website Dofollow
Bila anda mendapatkan backlink dari halaman web seperti kriteria diatas maka setiap halaman web yang dioptimasi akan sangat sangat mudah merangking di kata kunci apapun yang kita bidik apalagi kalau jumlah backlinknya lebih dari 500, maka website kita akan sangat-sangat kuat di mata search engine.
 Demikian materi Offpage SEO Part 1 "Pendahuluan"
Dimateri selanjutnya  akan belajar materi tentang materi OffpageSEO part 2 "Praktek Link Building"..
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID
Salam Sukses Berkah

Owner ==>> JagoanIM.com <<<===