Jumat, 03 Februari 2017

Riset keywords



Belajar Riset Keyword....

Riset keyword adalah proses yang dilakukan untuk mengetahui keyword apa yang banyak diketik orang di search engine yang berhubungan dengan niche atau topik yang kita bidik, 

sehingga kita bisa memilih keyword yang tepat untuk halaman website kita atau bahkan kita bisa memilih produk apa yang tepat yang dibutuhkan oleh banyak orang di niche tersebut.

Gamabar Riset keywords
Dengan melakukan riset keyword kita bisa memilih atau memfilter proses pembuatan konten yang akan kita post di website kita, 

dimana kita hanya membuat konten yang sudah jelas-jelas ada pencarinya sehingga proses pembuatan konten yang kita lakukan tidak sia-sia, 

atau kita juga bisa memilih topik atau bahasan apa yang sesuai dengan produk yang kita promosikan yang membuat orang yang mengunjungi situs web kita 

hanya orang-orang yang kemungkinan memiliki minat dengan produk atau jasa yang kita miliki.

Dengan riset keyword juga bisa membuat teknik seo yang kita lakukan menjadi lebih mudah dan efektif, 

karena kita hanya mentarget keyword-keyword yang memiliki kompetisi rendah.

Beberapa tujuan dari riset keyword diantarnya:

Menemukan ide tulisan untuk artikel
Mencari produk yang dibutuhkan orang
Mencari target market yang profitable
Mencari keyword turunan, dll

Langkah-langkah didalam riset keyword:

Tentukan ide utama yang berhubungan dengan topik dari produk atau jasa yang kita promosikan (minimal 10 buah), 

missal kalau kita menjual baju bola maka ide utamanya sepak bola, football, main bola dll

Temukan halaman website lain yang relevan dengan topik dari produk atau jasa yang kita prmosikan (minimal 10 halaman website), misal halaman-halaman web yang membahas seputar sepak bola..

Masuk ke akun google adwords dengan menggunakan akun gmail anda, https://www.google.com/adwords/

Pilih menu alat kemudian pilih perencana kata kunci,

Klik telusuri kata kunci baru,

Masukan semua ide utama anda di kolom Produk atau layanan Anda,

Pilih penargetan Indonesia (negara yang ditarget), klik dapatkan ide.. tunggu beberapa saat

Unduh semua keyword yang didapat dalam format csv,

Demikian seterusnya sampai semua keyword general yang telah kita siapkan di cek semua..

Kemudian kita cari sumber keyword dari halaman web lain yang sesuai dengan niche kita,

Klik modifikasi penelusuran,

Hapus keyword yang sebelumnya kita cek,
Masukan halaman web yang telah kita siapkan sebelumnya di halaman landas, 

klik dapatkan ide,

Unduh semua keyword yang didapat , Demikian seterusnya sampai semua halaman web yang telah kita siapkan di cek semua..

Kita akan mendapakan banyak sekali keyword, Satukan semua keyword yang telah kita miliki untuk kita cari keyword turunannya,

Sekarang kita mencari keyword turunan
Klik modifikasi penelusuran,

Masukan kira-kira 100 keyword yang sudah kita miliki tadi ke kolom Produk atau layanan Anda, klik dapatkan ide,

Klik filter kata kunci, klik Penelusuran bulanan rata-rata, isikan lebih besar dari 30,

Klik opsi kata kunci, aktifkan fitur “Hanya tampilkan ide yang terkait erat dengan istilah penelusuran saya” klik simpan,

Unduh keyword turunan ini dan lakukan hal yang sama untuk 100 keyword selanjutnya terus sampai keyword yang kita miliki habis..

Setelah selesai maka kita akan mendapatkan banyak keyword dengan pencarian masing2 keyword diatas 30 perbulan.. kita lanjut ke step berikutnya..

Profit keyword filtering

Setelah kita menemukan banyak sekali keyword yang akan kita gunakan untuk ide pembuatan artikel dari situs web kita, 

sekarang kita saatnya melakukan filter terhadap keyword-keyword tersebut dimana kita hanya memilih keyword yang kira-kira bisa menghasilkan penjualan saja, 

misalnya keyword-keyword seperti “jual baju sepak bola”, “baju bola murah”, “baju bola grosir”, “harga baju bola” dll

Caranya, copy-paste semua keyword yang kita miliki ke excel, kemudian sortir keyword tersebut berdasarkan abjad dan kita tinggal pilih keyword mana saja yang ada hubungannya dengan produk atau jasa yang kita promosikan 

dimana orang yang melakukan pencarian terhadap keyword tersebut memiliki kemunginan untuk membeli produk atau jasa yang kita promosikan.. 

simpan keyword-keyword yang cukup profitable dan buang keyword yang kurang profitable..

Contoh keyword yang cukup profitable:

Niche bola: toko online baju bola, menjual baju bola online, baju bola murah online, dll

Niche kesahatan: cara mengobati kanker, cara menyembuhkan diabetes, cara mengobati darah tinggi, dll

Kalo diperhatikan, orang-orang yang mencari keyword tersebut memiliki kemungkinan untuk melakukan pembelian, apalagi kalau produk atau jasa yang kita jual merupakan solusi dari kebutuhan meraka tersebut.

Riset Kompetisi

Riset kompetisi adalah salah satu kunci sukses di dunia seo, dengan memilih kompetisi keyword yang tidak terlalu sulit, 

bisa membuat optimasi yang kita lakukan lebih mudah, efektive dan tidak sia-sia. Kalau kita mengatahui seperti apa kompetisi yang kita hadapi di niche tersebut 

kita bisa menyusun langkah-langkah apa saja yang akan kita lakukan untuk mengoptimasi website tersebut.

Riset kompetis yang saya ajarkan adalah teknik blogging+seo yaitu kita mentarget banyak sekali kata kunci dan mengoptimasinya semua sekaligus dari mulai yang termudah sampai yang tersulit.. 

oleh karena itu teknik ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi karena kita mentarget banyak kata kunci sekaligus..

Selain itu teknik ini juga bisa membuat kualitas website kita semakin baik dimata search engine, karena kita akan membuat kira-kira 1000 posting artikel didalam website kita, 

belum lagi ditambah dengan postingan produk yang akan kita jual yang akan membuat authority dari website kita semakin tinggi dan semakin dipercaya oleh search engine.

Berbeda halnya ketika kita akan mentarget 1 keyword saja yang memiliki tingkat keberhasilan yang rendah, 

karena teknik mentarget satu keyword hanya mengandalkan pengaruh dari backling yang kita buat saja, 

sedangkan pengaruh dari authority web itu sendiri menjadi minimal karena hanya memiliki konten yang sedikit.

Teknik backlinking merupakan teknik yang paling melelahkan di dunia SEO apalagi untuk pemula yang belum terbiasa melakukannya, 

hal ini salah satu penyebab kegagalan seorang pemula di dunia seo, oleh karena itu kita bisa meminimalisir teknik backlingking yang kita lakukan dengan menambah authority dari website yang kita miliki 

yaitu salah satu caranya dengan memposting banyak artikel, karena membuat artikel jauh lebih mudah dibandingkan melakukan backlingking.

Dengan memiliki banyak konten di dalam satu website secara tidak langsung bisa membuat internal link banyak dengan tingkat relevansi yang tinggi 

karena semua artikel yang ada didalam website kira memiliki bahasan yang hampir sama, dan menambah poin lebih dimata search engine.

Beberapa kriteria dari riset kompetisi yang kita lakuakan:
Jumlah exact match keyword dibawah 15.000,
Jumlah allintitle keyword dibawah 250,
Memiliki saingan yang mudah di halaman page one,

Kriteria diatas adalah yang harus dipenuhi terutama bagi anda yang baru didunia seo agar kecenderungan keyword yang kita bidik memiliki saingan yang mudah, 

selain itu teknik atau cara melakukannyapun bisa dengan mudah dilakukan manual oleh semua orang, tidak perlu menggunakan tool yang aneh-aneh.

Berikut penjelasannya:

Exact match keyword: yaitu dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak halaman website yang memiliki kemungkinan membahas keyword tersebut, hal itu ditandai dengan adanya keyword tersebut di dalam artikel pada suatu halaman website.
Semakin sedikit halaman website yang membahas keyword tersebut maka semakin mudah bagi kita untuk merangking di keyword tersebut, 

saya menyarankan untuk memilih keyword dengan yang memiliki nilai exatch match kuang dari 15000. 

Cara mengetahui jumlah exatch match suatu keyword adalah lakukan pencarian keyword yang berisi tanda petik ( “ keyword” ) di halaman pencarian google.
Contoh:

Keyword: cara bermain sepak bola ? maka cara mengeceknya menjadi “cara bermain sepak bola” kemudian lakukan pencarian keyword yang berisi tanda petik tersebut di search engine, 

dan anda akan mendapatkan hasil dari exact match keyword tersebut.

Allintitle: yaitu untuk mengetahui seberapa banyak halaman website yang benar-benar membahas keyword tersebut yang ditandai dengan adanya keyword yang kita cek di title suatu halaman website, 

karena logikanya apabila ada keyword di title suatu halaman website maka kemungkinan halaman website tersebut benar-benar membahas keyword tersebut. 

Cara mengeceknya adalah dengan mengetikan allintile:keyword di halaman pencarian google.

Contoh:
Keyword: cara bermain sepak bola ? maka cara mengeceknya menjadi allintitle:cara bermain sepak bola, kemudian akan keluar hasilnya.

Perbedaan allintitle dengan exact match adalah kalau exact match keyword yang kita hanya sebatas ada didalam artikel saja dan kalau allintitle keyword yang kita cek bukan hanya ada didalam artikel

tetapi ada juga di dalam title jadi kemungkinanannya lebih besar bahwa halaman website itu sedang membahas keyword tersebut.

Analisa page one: yaitu analisa yang kita lakukan di hasil pencarian halaman pertama dari keyword yang akan kita cek, hal ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan dari website-website yang telah memiliki rangking untuk keyword tersebut.
Apabila kita dapati website-website yang telah merangking di kata kunci tersebut memiliki nilai page authority yang tinggi maka kecenderungannya keyword tersebut sulit, 

akan tetapi apabila kita dapati ternyata di hasil penacarian halaman satu untuk keyword tersebut banyak website yang memiliki authority yang rendah maka kecenderungannya keyword tersebut memiliki kompetisi yang mudah.

Cara mengeceknya adalah kita install terlebih dahulu addon mozbar di google chorome yang kita miliki (mozbar bisa di download di https://moz.com/products/pro/seo-toolbar

buat akun di moz terlebih dahulu kemudian login, setelah itu aktifkan fiturnya sampai terlihat sebuah menu ( terletak dibagian atas ) yang berisi data-data authority dari website yang sedang kita buka di google chorome tersebut.


Setelah active maka kita tinggal melakukan pencarian keyword seperti biasa dengan menggunakan search engine google, dan setelah hasil pencarian muncul 

maka hasil pencarian yang dilengkapi dengan data-data authority dari website yang terlisting di hasil pencarian tersebut.

Kriterianya, apabila website-website dari hasil pencarian keyword tersebut ( 10 website) memiliki nilai page authority rata-rata (PA) di bawah 15, 

maka kecenderungannya keyword tersebut mudah, tetapi kalau website-website dari hasil pencarian keyword tersebut memiliki rata-rata page authority (PA) diatas 15 maka kecenderungannya sulit.

Saya sarankan apabila keyword yang sulit tersebut untuk dibuang saja dan dilanjut ke pengecekan keyword selanjutnya sampai kita menemukan keyword yang mudah 

yaitu keyword yang memiliki hasil pencarian page one website-website yang memiliki page authority rata-rata kurang dari 10.

Untuk riset keyword ini kita bisa menggunakan tool-tool berbayar seperti keywordtool.io , Keywordrevealer.com, keyword canin, 

longtail keyword dll yang memudahkan kita dalam melakukan riset keyword sekaligus riset kompetisi dengan mudah dan cepat.

Demikian materi "Riset Keyword" Dengan memahami materi tersebut, kita bisa Melakukan teknik SEO dengan Jauh lebih mudah... 

materi selanjutnya akan belajar materi tentang materi "Onpage SEO" Apa itu "Onpage SEO" ???
Dan Apa Gunanya "Onpage SEO"

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "