Minggu, 22 Januari 2017

Toko online part 2



Kita lanjutkan Pembahasan tentang toko online , selanjutnya yaitu :

Menentukan strategi
Toko Online Part 2
Berdasarkan data-data yang kita dapatkan dari proses sebelumnya, kita bisa menentukan strategi yang cocok dengan niche yang kita pilih, dari mulai strategi pengadaan barang, pemasaran dan distribusi pengiriman yang akan dilakukan.

Dalam menentukan strategi ini sebenarnya kita bisa mencontek persis dari kompetitor kita, baik itu seputar prosedur pelayanan, penjualan, konten yang disajikan, produk yang dijual sampai model website yang mereka miliki, tapi tentu dengan beberapa kreativitas yang kita tambahkan.

Beberapa kekurangan-kekurangan dari kompetitor kita bisa diperbaiki sehingga kita memiliki nilai lebih dibandingkan kompetitor tersebut, plus kita bisa menggabungkan semua kelebihan-kelebihan dari kompetitor-kompetitor kita karena pasti di niche tersebut tidak hanya memiliki satu kompetitor.

Strategi ini cukup mudah dilakukan oleh siapapun termasuk seseorang yang baru menjalankan toko online dan memiliki tingkat keberhasilan yang lumayan tinggi yang membuat resiko kegagalan bisa diminimalisir.

Khusus untuk model website, ketika kita melihat dan menganalisa model website dari kompetitor kita ini sangat-sangat membantu dalam proses pembuatan website yang akan kita kerjakan, bahkan designer-desaigner website profesional pun biasanya selalu meminta rekomendasi website yang akan dibuat.

Kita juga bisa menilai dan mempelajari tahapan-tahapan penjualan yang dilakukan oleh web toko online kompetitor kita tersebut, sehingga kita memiliki gambaran besar Apa saja tahapan tahapan yang dilakukan ketika orang lain akan membeli di website kita.

Kalau diperlukan kita bisa menjadi pelanggan toko online tersebut agar kita bisa mengetahui dari awal sampai akhir tahapan tahapannya dari mulai pemesanan sampai pengiriman barang bahkan sampai pengemasan barang yang dilakukan oleh toko online tersebut.

Beberapa step dalam menentukan strategi yang akan kita tetapkan untuk toko online kita:
Memilih produk andalan Memilih produk andalan cukup penting untuk kita lakukan terutama bagi kita yang memiliki modal terbatas, karena kita akan mengutamakan promosi dari produk andalan ini sehingga promosi yang dilakukan tidak terlalu memerlukan banyak biaya.

Produk andalan ini juga akan kita maksimalkan dalam hal stock artinya stok produk yang ada di toko online kita sebagian besar adalah produk andalan yang kita pilih ini, karena fokus promosi yang kita lakukan juga untuk produk andalan ini.

Seiring berjalannya waktu kita bisa menambah beberapa produk lain yang menjadi andalan kita yang bisa kita promosikan sekaligus dan kita stok semua produknya dengan jumlah yang banyak, sehingga keuntungan pun bisa menjadi lebih besar.

Menentukan produk pelengkap
Produk pelengkap ini harus kita tentukan, selain dijadikan sebagai produk oto.. produk pelengkap ini juga bisa sebagai branding atau memberikan reputasi yang baik dimata visitor walaupun sebenarnya produk tersebut hanya melengkapi toko online kita saja.

Maksudnya kita memilih strategi menjual suatu produk terlebih dahulu yang dianggap profitable, setelah itu kita memilih beberapa produk lain yang relevan yang kita gunakan untuk menaikkan reputasi toko online kita.

Karena kalau kita hanya menjual suatu produk saja ini membuat calon pelanggan kita menjadi kurang yakin terhadap kredibilitas dan reputasi dari toko online yang kita buat bisa saja mereka menganggap ini toko online abal-abal.

Strategi ini cukup efektif namun tetap profitable karena walaupun kita mempromosikan suatu produk terlebih dahulu, akan tetapi bisa jadi saat mereka membeli produk yang kita fokuskan tersebut mereka juga tertarik kepada produk pelengkap yang kita tampilkan.

Membuat tagline yang unik
Tagline yang unik bisa membuat proses marketing atau penjualan lebih mudah karena dengan memiliki tagline yang unik calon pembeli akan memiliki alasan yang lebih untuk membeli di toko online kita apalagi kalau tagline itu membuat mereka nyaman.

Misalnya kita menjual produk produk baju muslim kita bisa membuat tagline " toko baju muslim terpercaya" atau "toko baju muslim berkualitas "  dan lain-lain yang intinya membuat kepercayaan calon pelanggan menjadi lebih besar.

Sistem penyediaan barang
Sistem pengadaan barang dirancang agar barang yang kita jual tidak kehabisan stok apalagi saat permintaan sedang tinggi-tingginya, biasanya untuk perusahaan-perusahaan besar setidaknya memiliki dua supplier untuk menyediakan barang kebutuhan mereka.

Kita juga harus bisa menilai kapasitas dari supplier yang telah kita pilih tersebut apabila kapasitasnya tidak terlalu besar maka kita bisa mencari supplier lain agar stock atau persediaan barang kita bisa terjaga.

Laporan stok persediaan barang juga penting untuk kita buat agar kita mengetahui barang-barang mana saja memiliki stok minim dan kita bisa segera memfollow-up penyediaan barangnya sehingga persediaan barang menjadi aman.

Sistem pelayanan penjualan
Agar konsumen bisa dengan mudah melakukan pembelian maka kita harus memiliki sistem pelayanan penjualan barang yang baik terutama untuk kemudahan konsumen ketika melakukan transaksi di toko online kita.

Misalnya kita menentukan step-step di penjualan dari mulai order barang sampai pada saat pengiriman barang tersebut semuanya harus kita konsep agar tidak terjadi kesalahan di dalam pelayanannya.

Kita juga bisa menyediakan beberapa metode pembayaran atau menyediakan beberapa cara pembelian barang baik itu melalui website langsung, manual melalui SMS, BBM dan aplikasi messenger lainnya.

Sumber Traffik
Kita harus memikirkan kira-kira sumber traffik apa yang akan kita pilih untuk mendatangkan visitor ke website kita, saya sarankan apapun pilihan sumber traffiknya anda sebaiknya menambahkan sumber trafik dari blog yang dioptimasi dengan seo, karena ini bisa menjadi aset jangka panjang anda.

Memilih Domain dan Hosting
Dalam memilih domain kita bisa menerapkan beberapa strategi misalnya apabila kamu mau membuat minisite atau website yang kontennya sedikit dan cenderung hanya mentarget beberapa kata kunci saja maka kamu bisa memilih domain yang mengandung kata kunci atau disebut keyword on domain.

Misal:
Keyword ? Domain
jual baju muslim ? jualbajumuslim.com
jual madu arab ? jualmaduarab.net

Beberapa tahun yang lalu teknik seperti ini cukup populer dan banyak dilakukan oleh pegiat seo, karena memang terbukti bisa merangking kata kunci tersebut dengan mudah dan cepat tidak banyak optimasi yang dilakukan.

Akan tetapi di era sekarang ini teknik seperti itu tidak seefektif dulu karena sistem pemeringkatan dari search engine lebih baik dan lebih mengutamakan kualitas sehingga biarpun memiliki keyword on domain tetap saja harus melakukan optimasi lainnya.

Teknik pemilihan Domain lainnya adalah menentukan domain berdasarkan niche yang dipilih, karena memilih domain berdasarkan niche bisa membuat relevansi yang baik dimata Search engine, ini membuat kita bisa merengking di banyak keyword untuk domain tersebut.

Orang-orang juga menjadi lebih mudah mengenali tema dari toko online kita, karena domain yang sesuai niche tersebut menggambarkan produk atau konten yang ada di dalam website tersebut dan kesesuaian ini bisa membuat trust atau kepercayaan dari calon pelanggan terhadap toko online kita.

Misalnya kita memiliki domain bajumuslimpilihan.com ini bisa membuat pelanggan lebih percaya terhadap situs website kita walaupun pelanggan tersebut baru pertama kalinya mengunjungi situs web kita, tentu ini menjadi keuntungan buat kita.

Teknik pemilihan domain lainnya adalah menentukan domain berdasarkan Brand yang kita miliki, akan tetapi teknik seperti ini cukup membutuhkan waktu yang lama agar toko online kita familiar di benak masyarakat.

Jika ingin membeli premium anda bisa mengunjungi www.hugedomains.com, kemudian ketik keyword yang relevant dan anda akan diberikan banyak pilihan premium domain dengan harga yang lumayan waww.

Untuk memilih hosting di awal-awal kita bisa memilih paket hosting yang standar terlebih dahulu, kemudian setelah toko online kita semakin besar dan traffik harian sudah Semakin banyak kita bisa mengupgrade paket hosting ke paket yang lebih tinggi.

Misalnya kita memilih paket hosting dengan kapasitas penyimpanan 500mb serta Bandwidth 1Gb terlebih dahulu. Paket seperti ini biasanya bisa kita beli dengan harga 100-200 ribu pertahun, harga yang cukup terjangkau bagi Kebanyakan orang.

Membuat Web Toko Online
Setelah kita melakukan tahapan tahapan riset sampai membeli domain dan hosting untuk keperluan toko online kita, sekarang saatnya kita membuat toko online sebagai sarana utama atau sebagai ujung tombak dalam penjualan produk yang kita lakukan.

Semahir apapun kita di dalam melakukan teknik promosi atau teknik mendatangkan visitor ke toko online kita baik dengan cara gratis ataupun cara berbayar, akan menjadi sia-sia apabila toko online kita tidak profesional atau cenderung abal-abal tidak meyakinkan calon pembeli kita.

Begitu juga dengan teknik marketing yang kita lakukan bisa menjadi tidak maksimal kalau calon pelanggan menganggap website kita kurang menarik atau bahkan calon pelanggan tidak percaya terhadap toko online yang kita buat.

Sebaliknya teknik marketing yang sederhana bisa memiliki konversi penjualan yang baik apabila kita memiliki toko online profesional yang bisa meyakinkan calon pembeli kita, jadi sangatlah penting miliki toko online yang tampak profesional.

Seperti diketahui bahwa tidak semua orang memiliki jiwa seni yang baik terutama untuk urusan desain web karena disain web membutuhkan imajinasi atau jiwa seni yang baik,biasanya sekeras apapun seseorang yang tidak memiliki jiwa seni yang baik mencoba mendesain sebuah web hasilnya tidak akan maksimal bahkan tidak menarik.

Akan tetapi ini bukan berarti menjadi penghalang untuk kita yang tidak memiliki jiwa seni yang baik yang akan membuat sebuah website penjualan yang profesional. Karena banyak sekali jasa jasa pembuatan yang bisa kita cara untuk membuat Website toko online yang profesional.

Bila ingin membuat toko online sendiri kita bisa menggunakan website berbasis wordpress dengan theme khusus untuk toko online yang bisa dibeli di theme-id.com atau tempat penjualan theme wordPress lainnya.
Setiap Theme Wordpress memiliki Fitur dan pengaturan yang berbeda jadi kita harus mempelajari terlebih dahulu fitur-fitur dan pengaturan yang ada di theme tersebut dan biasanya pihak developer theme tersebut menyediakan manual penggunan setiap theme yang dijualnya.

Atau kita juga bisa membuat toko online menggunakan jasa web Developer, walaupun lebih mahal akan tetapi biasanya kualitas yang diberikan lebih baik serta fitur dan fasilitasnya pun bisa disesuaikan dengan apa yang kita inginkan.

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
 
Saya menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)

materi sebelumnya klik disini  'Toko online part 1 '


Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID