Kamis, 12 Januari 2017

Toko Online



Tahapan Membuat Toko Online Part 1

Toko online merupakan hal yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia, hampir setiap orang di Indonesia pernah melakukan transaksi jual beli di toko online terutama kaum perempuan, dimana perempuan merupakan pembeli toko online yang loyal.

Banyak kelebihan yang kita dapatkan ketika kita berbelanja di toko online, diantaranya berbelanja di toko 
online lebih mudah kita lakukan, kita hanya duduk manis di rumah sambil memilih barang secara detil dengan leluasa.

Perbedaannya dengan saat kita berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan adalah kita harus pergi ke tempat tersebut dengan berbagai kondisi diantaranya panas, hujan, macet belum lagi kondisi-kondisi rawan kejahatan yang mengintai kita terutama di kota-kota besar.

Harga yang ditawarkan juga relatif lebih murah Karena toko online tidak memerlukan biaya sewa toko seperti halnya di pusat perbelanjaan. Mereka cukup berjualan di rumah atau gudang mereka sendiri membuat proses penjualan menjadi lebih simple.

Berbelanja di toko online juga bisa membuat kita mengcompare harga antara toko online yang satu dan toko online yang lainnya dengan mudah, sehingga kita bisa mendapat harga yang lebih murah namun dengan kualitas barang yang sama.

Walaupun biasanya ada biaya pengiriman yang harus dibayar ketika pembeli berbelanja di toko online akan tetapi ini ibaratnya sebagai pengganti ongkos saat berbelanja di pasar atau pusat perbelanjaan, sehingga tidak menyurutkan minat pembeli berbelanja di toko online.

Belum lagi banyak toko online yang memberikan fasilitas COD, yaitu cash on delivery yang membuat semakin mempermudah seorang pembeli saat akan membeli produk yang diinginkan di toko online.

Beberapa hal yang kita lakukan ketika akan membuat toko online:

Riset Niche
Riset niche adalah aset dilakukan oleh seorang pebisnis ataupun internet marketing untuk menganalisa peluang suatu pasar atau target market, agar bisnis yang kita jalankan bisa berhasil atau tidak mengalami kegagalan.

Di dalam internet marketing riset ini merupakan hal yang mendasar yang harus kita kuasai, salah di dalam memilih niche bisa mengakibatkan kita gagal total atau tidak mendapatkan hasil yang maksimal dari internet marketing yang kita jalani.

Dengan modal data dari hasil riset niche Yang kita jalani, kita bisa bisa menentukan strategi pemasaran dan sumber traffic yang tepat terhadap niche yang telah kita pilih tersebut, misalnya ketika kita menemukan niche yang banyak terdapat komunitasnya maka kita cocok mempromosikan dengan facebook Ads. dll

Data dari riset niche juga lebih real dibanding hanya menggunakan imajinasi atau dugaan yang ada di dalam pikiran kita saja, kita bisa mengetahui seperti apa karakter dari niche tersebut, produk apa yang dibutuhkan dan yang lainnya.. data ini sangat penting untuk kita miliki.

Selain itu perkembangan pasar yang ada di luar sana sulit untuk diprediksi, apalagi pasar di dunia online,
sedangkan kita harus mengetahui produk apa yang diinginkan atau digemari oleh pasar tersebut, sehingga produk yang kita jual Bisa laku.

Beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan dasar ketika kita melihat suatu niche:
Hal apa yang sekarang sedang diminati oleh masyarakat?
Hal apa yang digemari oleh masyarakat dari waktu ke waktu?
Produk atau jasa apa yang dibutuhkan oleh kelompok masyarakat tersebut?
Seberapa banyak pelaku usaha atau kompetitor yang menjual produk atau jasa tersebut?
Berapa potensi keuntungan?
DLL--

Untuk mengetahui trend apa yang saat ini sedang terjadi, kita bisa memanfaatkan media televisi, radio, koran atau portal berita online yang yang membahas seputar wirausaha dan bisnis atau komunitas tertentu.
Berbeda halnya ketika kita telah memiliki produk yang akan dijual maka langkah selanjutnya adalah hanya melakukan niche atau pasar apa yang cocok dengan produk yang akan kita jual tersebut agar penjualan lebih maksimal.

Dalam melakukan riset niche atau target market kita bisa melakukannya di Facebook atau Twitter cari komunitas-komunitas yang aktif seputar niche tersebut, kita juga bisa melakukan bisnis di search engine dengan cara melihat seberapa banyak pencarian seputar naik tersebut.

Niche yang memiliki banyak buyer atau pembeli biasanya seputar bisnis, kesehatan, kecantikan,  pakaian dan yang lainnya yang memiliki banyak komunitas atau peminat dari waktu ke waktu.

Microniche

Microniche dipilih agar toko online yang kita buat mentarget pasar yang lebih spesifik,
karena dengan mentarget pasar yang lebih spesifik bisa memudahkan kita fokus di model bisnis yang baru kita mulai.

Microniche juga memudahkan kita dalam memilih produk yang akan dijual, dimana kita hanya menjual barang-barang yang sesuai dengan target market yang lebih spesifik yang biasanya hanya memiliki sedikit barang untuk dijual.

Karena saya menyarankan untuk di awal kita hanya fokus menjual beberapa produk saja yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar yang kita pilih dan Seiring berjalannya waktu kita bisa mencoba menjangkau pasar yang lebih luas di niche tersebut dengan menjual di banyak produk yang lebih banyak.

Dengan begitu semua kegiatan penjualan produk di toko online kita dari mulai penyediaan barang teknik promosi dan pengiriman barang bisa dilakukan lebih maksimal serta membutuhkan modal yang lebih sedikit.
Microniche ini kita cari dengan meneliti lebih dalam dan lebih detil terkait niche yang telah kita pilih sebelumnya, oleh karena itu saat meriset niche kita harus benar-benar mendapatkan data yang lebih spesifik untuk menemukan microniche yang lebih profitable.

Contoh microniche:
Niche ? Microniche
Olahraga ? Sepakbola
Kesehatan ? Jantung
Pakaian ? Busana Muslim
dll
 
Semakin spesifik microniche yang kita pilih sebenarnya semakin baik, asalkan micronice tersebut memiliki produk yang bisa kita promosikan dan usahakan produk tersebut diminati oleh masyarakat golongan menengah ke atas agar memiliki profit yang lebih besar.

Riset Produk
Setelah kita menentukan niche mana yang akan kita jadikan market serta telah memilih micro niche yang cukup profitable maka langkah selanjutnya adalah memilih produk yang tepat dan relevan dengan microniche tersebut. kita bisa survey ke komunitas-komunitas atau toko online yang ada di niche tersebut untuk menemukan produk apa saja yang dibutuhkan, atau kita bisa menemukan produk yang tepat berdasarkan pikiran dan informasi yang kita miliki.

Pada dasarnya memilih produk yang sesuai dengan microniche sangatlah mudah apalagi kalau kita mengenal dan memahami microniche yang telah kita pilih tersebut, inilah pentingnya memiliki data yang akurat seputar microniche yang kita bidik.

Misalkan kita memilih microniche sepak bola, maka kita mencari toko online atau marketplace seputar sepak bola untuk menemukan produk apa saja yang dijual dan menemukan produk apa saja yang sedang laku di microniche sepakbola tersebut.

Diawal membuat toko online kita cukup mencari 3-5 jenis produk saja, setelah kita memiliki profit yang cukup dan memiliki pengalaman yang cukup seputar pengelolaan toko online tersebut maka kita bisa meningkatkan jenis produk menjadi lebih banyak.

Menemukan Suplier Produk
Apabila kita sudah memiliki produk mungkin yang perlu dilakukan adalah menganalisa seberapa besar peluang yang bisa diambil dari market produk tersebut kemudian menentukan strategi sampai memilih sumber traffic yang akan digunakan. Akan tetapi apabila kita belum memiliki produk maka kita harus riset supplier atau produsen dari produk yang telah kita pilih tersebut, ada beberapa cara atau metode untuk menemukan suplier produk yang bisa diajak kerjasama:

Mencari supplier di sekitar tempat tinggal kita
Hal yang pertama kita lakukan adalah mencari supplier atau produsen produk yang telah kita pilih di sekitar tempat tinggal kita, Hal ini dilakukan agar proses distribusi barang menjadi lebih mudah dan murah.
Terlebih kalau kamu tinggal di kota-kota besar seperti bandung, Jakarta, surabaya dan yang lainnya kemungkinan besar akan dengan mudah menemukan suplier-suplier atau produsen-produsen dari produk yang akan kita jual.

Setelah kita mencari tahu keberadaan supplier atau produsen di sekitar tempat tinggal kita, maka kita bisa mengecek ke suplier atau produsen tersebut untuk menilai barang dan harga yang ditawarkan, bahkan kalau kita menemukan banyak supplier atau produsen kita bisa membandingkan harga dan barang yang ditawarkan.

Mencari supplier di marketplace online
Di Indonesia sudah ada banyak suplieer yang melisting produknya di marketplace online dengan harga grosir, yang mana harga grosir ini lebih murah dibanding harga eceran, dengan cara ini kita bisa dengan mudah membandingkan antara supplier yang satu dan supplier yang lainnya.

Kita juga bisa melihat review-review yang diberikan oleh pelanggan dari supplier disebut sambil membandingkan supplier mana Yang memberikan harga yang lebih murah dibandingkan suplier lainnya, dan yang paling penting semua itu bisa dilakukan dari Rumah Kita Sendiri tidak bolak-balik kesana kemari.
Mencari supplier di search engine
 
Ini yang cukup simpel tapi bisa mendapatkan data-data supplier yang cukup banyak sehingga bisa memudahkan kita dalam menilai suplier mana yang bisa memberikan harga termurah namun dengan kualitas yang baik.Dan biasanya Suplier-Suplier yang sudah terlisting atau mendapatkan posisi yang baik disearch engine memiliki reputasi yang baik dan memiliki pengalaman yang cukup lama sehingga websitenya sudah berhasil menduduki posisi yang baik.

Cara menemukan supplier di search engine cukup mudah, yaitu tinggal mengetikkan barang yang akan kita jual ditambah kata supplier atau distributor, misalnya suplier baju bola, distributor busana muslim, suplier baju koko dll Sebelum kita memilih supplier untuk produk yang akan kita promosikan, alangkah baiknya kita survey terlebih dahulu ke tempat supplier tersebut Agar Kita juga bisa menilai secara langsung produk yang disediakan oleh supplier tersebut.

Demikian Materi "Toko Online Part 1", Dengan memahami materi tersebut, kita bisa memiliki gambaran tentang cara membuat toko online 

selanjutnya klik disini  "Materi toko online  part 2"

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..

Sukses Buat kita yang mau berduit (ber Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID