Tahapan Membuat Toko
Online Part 1
Toko
online merupakan hal yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Indonesia,
hampir setiap orang di Indonesia pernah melakukan transaksi jual beli di toko
online terutama kaum perempuan, dimana perempuan merupakan pembeli toko online
yang loyal.
Banyak
kelebihan yang kita dapatkan ketika kita berbelanja di toko online, diantaranya
berbelanja di toko
online lebih mudah kita lakukan, kita hanya duduk manis di
rumah sambil memilih barang secara detil dengan leluasa.
Perbedaannya
dengan saat kita berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan adalah kita harus
pergi ke tempat tersebut dengan berbagai kondisi diantaranya panas, hujan,
macet belum lagi kondisi-kondisi rawan kejahatan yang mengintai kita terutama
di kota-kota besar.
Harga
yang ditawarkan juga relatif lebih murah Karena toko online tidak memerlukan
biaya sewa toko seperti halnya di pusat perbelanjaan. Mereka cukup berjualan di rumah atau gudang mereka sendiri membuat proses
penjualan menjadi lebih simple.
Berbelanja
di toko online juga bisa membuat kita mengcompare harga antara toko online yang
satu dan toko online yang lainnya dengan mudah, sehingga kita bisa mendapat
harga yang lebih murah namun dengan kualitas barang yang sama.
Walaupun
biasanya ada biaya pengiriman yang harus dibayar ketika pembeli berbelanja di
toko online akan tetapi ini ibaratnya sebagai pengganti ongkos saat berbelanja
di pasar atau pusat perbelanjaan, sehingga tidak menyurutkan minat pembeli
berbelanja di toko online.
Belum
lagi banyak toko online yang memberikan fasilitas COD, yaitu cash on delivery
yang membuat semakin mempermudah seorang pembeli saat akan membeli produk yang
diinginkan di toko online.
Beberapa
hal yang kita lakukan ketika akan membuat toko online:
Riset
Niche
Riset niche adalah aset dilakukan oleh seorang pebisnis ataupun internet marketing untuk menganalisa peluang suatu pasar atau target market, agar bisnis yang kita jalankan bisa berhasil atau tidak mengalami kegagalan.
Riset niche adalah aset dilakukan oleh seorang pebisnis ataupun internet marketing untuk menganalisa peluang suatu pasar atau target market, agar bisnis yang kita jalankan bisa berhasil atau tidak mengalami kegagalan.
Di
dalam internet marketing riset ini merupakan hal yang mendasar yang harus kita
kuasai, salah di dalam memilih niche bisa mengakibatkan kita gagal total
atau tidak mendapatkan hasil yang maksimal dari internet marketing yang kita
jalani.
Dengan
modal data dari hasil riset niche Yang kita jalani, kita bisa bisa menentukan
strategi pemasaran dan sumber traffic yang tepat terhadap niche yang telah kita
pilih tersebut, misalnya ketika kita menemukan niche yang banyak terdapat
komunitasnya maka kita cocok mempromosikan dengan facebook Ads. dll
Data
dari riset niche juga lebih real dibanding hanya menggunakan imajinasi atau
dugaan yang ada di dalam pikiran kita saja, kita bisa mengetahui seperti apa karakter dari niche tersebut, produk apa yang
dibutuhkan dan yang lainnya.. data ini sangat penting untuk kita miliki.
Selain
itu perkembangan pasar yang ada di luar sana sulit untuk diprediksi, apalagi
pasar di dunia online,
sedangkan kita harus mengetahui produk apa yang diinginkan atau digemari oleh pasar tersebut, sehingga produk yang kita jual Bisa laku.
sedangkan kita harus mengetahui produk apa yang diinginkan atau digemari oleh pasar tersebut, sehingga produk yang kita jual Bisa laku.
Beberapa
pertanyaan yang bisa dijadikan dasar ketika kita melihat suatu niche:
Hal
apa yang sekarang sedang diminati oleh masyarakat?
Hal apa yang digemari oleh masyarakat dari waktu ke waktu?
Produk atau jasa apa yang dibutuhkan oleh kelompok masyarakat tersebut?
Seberapa banyak pelaku usaha atau kompetitor yang menjual produk atau jasa tersebut?
Berapa potensi keuntungan?
DLL--
Hal apa yang digemari oleh masyarakat dari waktu ke waktu?
Produk atau jasa apa yang dibutuhkan oleh kelompok masyarakat tersebut?
Seberapa banyak pelaku usaha atau kompetitor yang menjual produk atau jasa tersebut?
Berapa potensi keuntungan?
DLL--
Untuk
mengetahui trend apa yang saat ini sedang terjadi, kita bisa memanfaatkan media
televisi, radio, koran atau portal berita online yang yang membahas seputar
wirausaha dan bisnis atau komunitas tertentu.
Berbeda
halnya ketika kita telah memiliki produk yang akan dijual maka langkah
selanjutnya adalah hanya melakukan niche atau pasar apa yang cocok dengan produk
yang akan kita jual tersebut agar penjualan lebih maksimal.
Dalam
melakukan riset niche atau target market kita bisa melakukannya di Facebook
atau Twitter cari komunitas-komunitas yang aktif seputar niche tersebut, kita
juga bisa melakukan bisnis di search engine dengan cara melihat seberapa banyak
pencarian seputar naik tersebut.
Niche
yang memiliki banyak buyer atau pembeli biasanya seputar bisnis, kesehatan,
kecantikan, pakaian dan yang lainnya yang memiliki banyak komunitas atau
peminat dari waktu ke waktu.
Microniche
Microniche
dipilih agar toko online yang kita buat mentarget pasar yang lebih spesifik,
karena dengan mentarget pasar yang lebih spesifik bisa memudahkan kita fokus di model bisnis yang baru kita mulai.
karena dengan mentarget pasar yang lebih spesifik bisa memudahkan kita fokus di model bisnis yang baru kita mulai.
Microniche
juga memudahkan kita dalam memilih produk yang akan dijual, dimana kita hanya
menjual barang-barang yang sesuai dengan target market yang lebih spesifik yang
biasanya hanya memiliki sedikit barang untuk dijual.
Karena
saya menyarankan untuk di awal kita hanya fokus menjual beberapa produk saja
yang benar-benar dibutuhkan oleh pasar yang kita pilih dan Seiring berjalannya
waktu kita bisa mencoba menjangkau pasar yang lebih luas di niche tersebut
dengan menjual di banyak produk yang lebih banyak.
Dengan
begitu semua kegiatan penjualan produk di toko online kita dari mulai
penyediaan barang teknik promosi dan pengiriman barang bisa dilakukan lebih
maksimal serta membutuhkan modal yang lebih sedikit.
Microniche
ini kita cari dengan meneliti lebih dalam dan lebih detil terkait niche yang
telah kita pilih sebelumnya, oleh karena itu saat meriset niche kita harus
benar-benar mendapatkan data yang lebih spesifik untuk menemukan microniche
yang lebih profitable.
Contoh
microniche:
Niche ? Microniche
Olahraga ? Sepakbola
Kesehatan ? Jantung
Pakaian ? Busana Muslim
dll
Niche ? Microniche
Olahraga ? Sepakbola
Kesehatan ? Jantung
Pakaian ? Busana Muslim
dll
Semakin spesifik microniche yang kita pilih sebenarnya semakin baik, asalkan
micronice tersebut memiliki produk yang bisa kita promosikan dan usahakan
produk tersebut diminati oleh masyarakat golongan menengah ke atas agar
memiliki profit yang lebih besar.
Riset Produk
Setelah kita menentukan niche mana yang akan kita jadikan market serta telah memilih micro niche yang cukup profitable maka langkah selanjutnya adalah memilih produk yang tepat dan relevan dengan microniche tersebut. kita bisa survey ke komunitas-komunitas atau toko online yang ada di niche tersebut untuk menemukan produk apa saja yang dibutuhkan, atau kita bisa menemukan produk yang tepat berdasarkan pikiran dan informasi yang kita miliki.
Pada
dasarnya memilih produk yang sesuai dengan microniche sangatlah mudah apalagi
kalau kita mengenal dan memahami microniche yang telah kita pilih tersebut, inilah pentingnya memiliki data yang akurat seputar microniche yang kita bidik.
Misalkan
kita memilih microniche sepak bola, maka kita mencari toko online atau
marketplace seputar sepak bola untuk menemukan produk apa saja yang dijual dan
menemukan produk apa saja yang sedang laku di microniche sepakbola tersebut.
Diawal
membuat toko online kita cukup mencari 3-5 jenis produk saja, setelah kita
memiliki profit yang cukup dan memiliki pengalaman yang cukup seputar
pengelolaan toko online tersebut maka kita bisa meningkatkan jenis produk
menjadi lebih banyak.
Menemukan Suplier Produk
Apabila kita sudah memiliki produk mungkin yang perlu dilakukan adalah menganalisa seberapa besar peluang yang bisa diambil dari market produk tersebut kemudian menentukan strategi sampai memilih sumber traffic yang akan digunakan. Akan tetapi apabila kita belum memiliki produk maka kita harus riset supplier atau produsen dari produk yang telah kita pilih tersebut, ada beberapa cara atau metode untuk menemukan suplier produk yang bisa diajak kerjasama:
Mencari
supplier di sekitar tempat tinggal kita
Hal yang pertama kita lakukan adalah mencari supplier atau produsen produk yang telah kita pilih di sekitar tempat tinggal kita, Hal ini dilakukan agar proses distribusi barang menjadi lebih mudah dan murah.
Hal yang pertama kita lakukan adalah mencari supplier atau produsen produk yang telah kita pilih di sekitar tempat tinggal kita, Hal ini dilakukan agar proses distribusi barang menjadi lebih mudah dan murah.
Terlebih
kalau kamu tinggal di kota-kota besar seperti bandung, Jakarta, surabaya dan
yang lainnya kemungkinan besar akan dengan mudah menemukan suplier-suplier atau
produsen-produsen dari produk yang akan kita jual.
Setelah
kita mencari tahu keberadaan supplier atau produsen di sekitar tempat tinggal
kita, maka kita bisa mengecek ke suplier atau produsen tersebut untuk menilai
barang dan harga yang ditawarkan, bahkan kalau kita menemukan banyak supplier
atau produsen kita bisa membandingkan harga dan barang yang ditawarkan.
Mencari
supplier di marketplace online
Di Indonesia sudah ada banyak suplieer yang melisting produknya di marketplace online dengan harga grosir, yang mana harga grosir ini lebih murah dibanding harga eceran, dengan cara ini kita bisa dengan mudah membandingkan antara supplier yang satu dan supplier yang lainnya.
Di Indonesia sudah ada banyak suplieer yang melisting produknya di marketplace online dengan harga grosir, yang mana harga grosir ini lebih murah dibanding harga eceran, dengan cara ini kita bisa dengan mudah membandingkan antara supplier yang satu dan supplier yang lainnya.
Kita
juga bisa melihat review-review yang diberikan oleh pelanggan dari supplier
disebut sambil membandingkan supplier mana Yang memberikan harga yang lebih
murah dibandingkan suplier lainnya, dan yang paling penting semua itu bisa dilakukan
dari Rumah Kita Sendiri tidak bolak-balik kesana kemari.
Mencari
supplier di search engine
Ini yang cukup simpel tapi bisa mendapatkan data-data supplier yang cukup
banyak sehingga bisa memudahkan kita dalam menilai suplier mana yang bisa
memberikan harga termurah namun dengan kualitas yang baik.Dan
biasanya Suplier-Suplier yang sudah terlisting atau mendapatkan posisi yang
baik disearch engine memiliki reputasi yang baik dan memiliki pengalaman yang
cukup lama sehingga websitenya sudah berhasil menduduki posisi yang baik.
Cara
menemukan supplier di search engine cukup mudah, yaitu tinggal mengetikkan
barang yang akan kita jual ditambah kata supplier atau distributor, misalnya
suplier baju bola, distributor busana muslim, suplier baju koko dll Sebelum
kita memilih supplier untuk produk yang akan kita promosikan, alangkah baiknya
kita survey terlebih dahulu ke tempat supplier tersebut Agar Kita juga bisa
menilai secara langsung produk yang disediakan oleh supplier tersebut.
Demikian
Materi "Toko Online Part 1", Dengan memahami materi tersebut, kita bisa
memiliki gambaran tentang cara membuat toko online
selanjutnya klik disini "Materi toko online part 2"
selanjutnya klik disini "Materi toko online part 2"
Materi
Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
"
Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan
"
Bila ingin
lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (ber Do’a,
Usaha, Ikhlas dan Tawakal)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa
Barat, 45471, ID