Rabu, 04 Januari 2017

Tipe-tipe Website



Tipe Website
Tipe Website adalah jenis atau model dari sebuah website yang bisa dikenali sesuai dengan ciri-ciri atau kegunaan dari website tersebut, karena hampir setiap tipe website memiliki karakter yang berbeda-beda, berikut beberapa tipe website yang saya ketahui.

Berdasarkan tujuan dibuatnya

1. Blog
Website tipe blog adalah website yang dibuat untuk memposting sesuatu yang memiliki manfaat bagi orang lain begitu berupa tutorial, pengalaman, pandangan dan yang lainnya. website tipe ini disukai oleh search engine karena memiliki topik atau bahasan yang lengkap.

2. Toko Online
Toko online adalah web penjualan yang berisi katalog atau penjelasan dari suatu barang yang sedang dipromosikan, toko online sendiri memiliki beberapa jenis seperti ada toko online yang menampilkan banyak sekali barang ada juga toko online yang hanya menampilkan beberapa barang saja, ada yang sudah terintegrasi dan ada juga yang masih manual.

Di Indonesia web toko online sudah berkembang cukup pesat baik dari tipe website maupun fitur yang disediakan, dimana fitur-fitur toko online sudah cukup terintegrasi terutama di dalam hal penjualan, biaya pengiriman, discount dll.

3. Company Profile
Company profile biasa digunakan oleh perusahaan sebagai rumah atau halaman tempat mengenalkan identitas perusahaannya baik itu berupa struktur perusahaan, visi misi, sejarah, atau mengenalkan semua jenis dan bidang usaha yang sedang dijalani.

Ini biasanya dilakukan oleh perusahaan tersebut untuk branding dan memudahkan bagi partner kerja atau klien yang akan bekerjasama dengan perusahaan tersebut maupun ingin mengetahui lebih lanjut seputar informasi dari perusahaan tersebut.

Dengan membuat company profile perusahaan juga terlihat lebih profesional dan lebih mudah ditemukan bagi orang-orang atau perusahaan lain yang sedang mencari partner kerja yang bisa menguntungkan kedua belah pihak.

4. Forum Website
Forum website digunakan oleh sekelompok komunitas atau organisasi untuk sharing atau menjalin komunikasi yang cukup Intens terkait hobi dan hal-hal lainnya yang memiliki kesamaan tujuan, pandangan maupun kegiatan.

Banyak sekali forum website yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang banyak seputar interest, kegiatan atau hobi yang kita Minati, dengan bergabung di sebuah forum Kita juga bisa bertanya dan mengeluarkan isi pikiran kita terkait masalah yang sedang terjadi.

Beberapa forum website yang cukup terkenal di dunia internet marketing misalnya warrior forum, digital Point, blackhatworld, ads-id dll, di forum-forum tersebut kita bisa banyak belajar dan bertanya seputar materi internet marketing.

5. Portal Berita
Web portal berita adalah web yang berisi kumpulan berita yang informatif dan up to date yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, akan tetapi terkadang banyak juga web berita yang isinya hanya sekedar headline yang fantastis saja namun isinya sampah bahkan cenderung fitnah.

Web web berita juga bisa kita jadikan sebagai tempat beriklan untuk produk-produk yang kita promosikan dengan harga yang cukup murah, contoh Web portal berita yang ada di Indonesia adalah detik.com, okezone.com, viva.co.id dll.

6. Web Aplikasi
Web tipe aplikasi adalah web yang memiliki sedikit sekali konten bahkan cenderung tidak memiliki konten akan tetapi website tersebut memiliki aplikasi yang sangat berguna bagi pengunjung, sehingga walaupun tidak memiliki konten berupa artikel web tersebut tetap ramai dikunjungi.

Banyak website aplikasi yang memiliki fitur yang sangat bermanfaat miliki tapi yang sangat luar biasa, beberapa contoh Web aplikasi yang terkenal adalah google.com, histats.com, ubersuggest.com, smallseotools.com dll.

7. Social Bookmark
Social bookmark adalah situs yang digunakan untuk membookmark atau menyimpan halaman web yang dianggap penting bagi seseorang, akan tetapi di era sekarang banyak web Social bookmarking yang di spam oleh para pegiat SEO untuk mendapat backlink.

Terkadang banyak yang menggunakan boot atau sejenis software seperti senuke, ultimatedemon, gsa dll yang digunakan dengan tujuan membuat sebanyak mungkin link secara otomatis dalam waktu singkat hal ini menyebabkan Para pemilik web social bookmark tidak memperpanjang domainnya.

8. Social Media
Sosial media adalah web Dimana kita bisa berinteraksi layaknya di dunia nyata baik itu kita melakukan chatting, ngobrol di grup, curhat, posting artikel, sharing link dan yang lainnya yang bisa kita lakukan secara gratis setiap hari.

Sekarang banyak sekali sosial media yang bermunculan, akan tetapi sosial media yang paling banyak diminati khususnya di Indonesia adalah facebook, twitter, instagram dan masih banyak lagi yang lainnya akan tetapi masih kurang populer.

Social media juga menjadi salah satu faktor suatu website memiliki nilai yang baik dimata search engine, semakin banyak share website tersebut di sosial media maka semakin bagus juga nilai yang diberikan oleh search engine kepada website tersebut.

Social media juga menjadi salah satu parameter penilaian terkait kredibilitas dari sebuah website yang diberikan oleh pengunjung web, maksudnya ketika sebuah web memiliki akun sosial media yang banyak pengikutnya maka website tersebut akan mendapat penilaian yang baik dari pengunjung, apalagi kalau web tersebut merupakan web penjualan seperti toko online.

9. Data sharing
Web data sharing adalah web yang menyediakan fasilitas penyimpanan yang biasanya gratis, sehingga banyak orang yang mengunjungi web tersebut untuk menyimpan file-file yang akan dibagikan kepada orang banyak ataupun yang akan disimpan secara pribadi.

Contoh Web data sharing yang cukup populer adalah dropbox, mediafire, 4shared, google Drive dan lain-lain. Website website tersebut bisa kita nikmati fasilitas penyimpanannya secara gratis dan bisa kita tingkatkan kapasitas penyimpanannya dengan menjadi member premium.

Itulah beberapa tipe website yang dilihat berdasarkan tujuan dibuatnya, mungkin masih banyak lagi contoh website website yang lainnya yang belum saya share di atas.

Berdasarkan jumlah konten atau traffik
Sekarang kita akan mengenal tipe website berdasarkan jumlah konten yang ada di dalam website atau jumlah traffik yang mengarah ke halaman website tersebut.

1. Minisite
Tipe minisite adalah website yang memiliki traffic atau konten yang sedikit, website seperti ini biasanya dibuat hanya mentarget beberapa kata kunci saja, misalnya ketika kita akan mentarget kata kunci jual baju maka kita membuat web
jualbaju.com dengan membuat content hanya seputar jual baju saja.

Para pembuat minisite biasanya memiliki banyak website atau istilahnya ternak website yang bertujuan untuk menghasilkan banyak traffik hasil kalkulasi dari minisite minisite yang dimiliki, teknik minisite sebenarnya salah satu teknik SEO yang dulu sempat booming.

Dulu teknik Minisite ini digunakan untuk membuat ranking dari keyword atau kata kunci yang dibidik menjadi lebih mudah, karena kata kunci tersebut merupakan domain dari website yang kita miliki sehingga search engine memberikan ranking yang baik.

Akan tetapi sekarang teknik seperti ini tidak terlalu efektif, karena search engine lebih mengutamakan kualitas artikel dan kualitas website secara keseluruhan dibanding hanya sekedar menilai adanya sebuah keyword di dalam domain tersebut.

Bahkan cenderung dianggap sebagai website yang memiliki kualitas rendah, karena konten didalamnya hanya sedikit dan bisa menjadi berbahaya apabila pemilik website melakukan optimasi yang berlebihan terhadap miniset yang dimiliki.

2. Authority Site
Authority site adalah jenis website yang memiliki jumlah content atau jumlah pengunjung yang banyak bahkan menjadi website rujukan bagi website lainnya yang memiliki niche yang sama. Biasanya authority site memiliki jumlah indeks di atas 1000 atau jumlah traffik ribuan perhari.

Website seperti ini sangat disukai oleh search engine apalagi kalau semua atau sebagian besar kontennya unik tidak memiliki duplikat, saya sarankan kepada pembaca untuk memiliki website jenis authority site ini.
Ada dua cara untuk membuat Website authority yaitu dengan memposting banyak artikel unik yang bermanfaat atau membuat suatu aplikasi yang memiliki banyak pengguna setelah itu ditambah dengan backlink yang berkualitas.

Seorang blogger yang membuat artikel setiap harinya dimana artikel tersebut cukup berkualitas dan bermanfaat bagi pengunjung sampai akhirnya mereka memiliki konten yang sangat banyak, mereka secara sadar atau tidak sadar telah membuat authority site.

Authority site juga menjadi partner yang baik bagi search engine, dimana search engine dengan leluasa mengambil konten-konten yang ada di dalamnya untuk dijadikan index di halaman hasil pencarian apalagi kalau kontennya tersebut memiliki manfaat yang baik.

Dengan memiliki website authority seorang pemilik website tersebut tidak harus mengerti teknik seo, Karena tanpa melakukan teknik seo sekalipun websitenya akan tetap mendapatkan trafik yang cukup banyak dari search engine.

Mereka hanya perlu menerapkan teknik on page Seo dengan tujuan untuk memudahkan bagi search engine mengenali konten-konten yang telah mereka posting serta menerapkan navigasi yang baik yang ditujukan bagi user ataupun pengunjung websitenya.

Website authority semakin berkualitas apabila website tersebut hanya membahas satu topik saja artinya website tersebut hanya membuat konten berdasarkan satu topik yang dibidik misalnya tentang kesehatan, teknologi atau olahraga saja tidak mencampurnya dengan bahasan yang lain.

Teknik lain yang digunakan untuk membuat authority site adalah cara membuat software atau aplikasi yang ditampilkan biasanya di halaman utama website tersebut, asalkan aplikasi atau software tersebut memiliki manfaat pastilah akan banyak pengunjung yang berdatangan.

Akan tetapi biasanya website authority jenis ini di awal-awal perlu untuk kita promosikan terlebih dahulu agar orang lain mengetahui manfaat dari website yang kita miliki,
setelah mereka mengetahui dan merasakan manfaatnya, kemungkinan mereka akan kembali lagi untuk memakai aplikasi tersebut.

3. User generated content
User generated konten adalah website yang memiliki banyak konten akan tetapi konten tersebut dibuat bukan oleh pemilik website melainkan dibuat oleh pengunjung website tersebut, mereka secara sukarela mau membuat konten untuk web yang dikunjunginya tersebut.

Pengunjung website mau memberikan konten secara sukarela karena mereka mengharapkan adanya traffic atau Link yang mengarah ke website yang mereka miliki yang tentu bisa memiliki manfaat yang besar baik itu dari segi traffic ataupun kekuatan Link yang diberikan.

User generated content biasanya berupa article directory, PDF sharing, forum, social media, atau blog yang memiliki fitur guest post..
 
Website-website jenis ini bisa kita jadikan sebagai sumber backlink untuk kegiatan SEO.
Akan tetapi biasanya pemilik web user generated content menerapkan kebijakan dan peraturan yang ketat dalam memilih artikel yang akan dipublish atau disetujui, sehingga apabila kita ingin memposting artikel di website tersebut, kita harus membuat artikel yang berkualitas.

Khusus untuk website-website social media atau forum biasanya website jenis ini tidak melakukan seleksi yang ketat dalam memproses artikel yang akan di Publish asalkan artikel dan Link yang ditanamnya normal tidak terlalu spammy.

4. Auto generated content
Auto generated content adalah website yang dibuat untuk menampilkan konten yang sangat banyak dalam waktu yang sangat singkat, konten-konten yang ditampilkan merupakan hasil scraping dari website-website lain sesuai keyword yang di bidik.

Website auto generated content biasanya mampu menghasilkan pengunjung dalam jumlah yang banyak dalam waktu yang relatif singkat, akan tetapi biasanya dalam waktu yang tidak lama website tersebut akan terkena penalty dari search engine.

Apalagi di jaman sekarang dimana search engine sudah semakin canggih, dimana website tipe auto generated content bisa langsung di berikan pinalti sebelum mereka mendapatkan trafik yang banyak, karena search engine bisa mendeteksi suatu website dari kewajaran jumlah konten yang dihasilkan.

Karena sangat-sangat tidak wajar apabila website baru sudah memiliki konten ribuan, lebih-lebih konten tersebut merupakan duplikat content yang sebelumnya sudah di posting di website milik orang lain.

Demikian Materi "Tipe2 Website Yang Umum digunakan Oleh Masyarakat"
Dimateri selanjutnya akan belajar materi tentang "Membuat Artikel Untuk Website"
Dengaan menguasai materi tersebut bisa membuat artikel untuk website yang buat dengan mudah dan menarik perhatian...

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
 

Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID