Rabu, 25 Januari 2017

Search Engine Optimization



Search Engine Optimization
A. Search Engine
Apakah Search Engine itu?
Search Engine adalah koordinasi kolektif server web dan perangkat lunak yang digunakan untuk mencari informasi di World Wide Web (www). Dimana World Wide Web adalah seperti alam semesta dari halaman web.
Untuk menemukan halaman web tertentu seperti halaman web yang berisi informasi yang kita cari adalah hal yang amat sulit, itu berarti Search Engine adalah sebuah software atau aplikasi yang sangat canggih yang bisa kita nikmati secara gratis.
Search Engine membuat indeks besar dari halaman web yang dikumpulkan dengan bantuan robot Search Engine dan algoritma-algoritma lainnya, kemudian Search Engine mengolah index tersebut untuk menemukan halaman web yang relevan sesuai dengan permintaan pencarian dan tahukah anda bahwa Search Engine Google melayani miliaran pencarian setiap harinya.
Sebenarnya banyak sekali Search Engine yang diciptakan namun yang populer di telinga kita adalah beberapa saja seperti Google, Yahoo dan Bing. Beberapa Search Engine lain yang cukup booming diantaranya archie, aliweb, altavista, linktomi Dll.
Dan dari sekian banyak Search Engine yang diciptakan, Search Engine google lah yang berhasil menjadi juaranya, selain kecepatan pencarian Search Engine google juga memberikan hasil pencarian yang cukup relevan.
Google diluncurkan pada tahun 1998 oleh dua orang lulusan stanford university beranama larry page dan sergey brin, google merevolusi cara orang mencari web atau halaman yang dicarinya dengan membuat algoritma berdasarkan rumus matematika yang dikenal sebagai pagerank.
Pagerank adalah peringkat website berdasarkan Popularitas link yang mengarah ke website tersebut yang didasarkan berdasarkan relevansi atau kesesuaian antara link dan halaman web yang dituju, teknik ini terbukti cukup efektif untuk memberikan hasil pencarian yang relevan.

Cara kerja search engine secara
umum Search engine menggunakan algoritma yang kompleks untuk memberikan peringkat halaman web, algoritma ini mempertimbangkan berbagai sinyal dari berbagai sumber untuk memberikan peringkat yang akurat untuk halaman web sesuai dengan permintaan pengguna.
Step by step Search Engine:
Langkah 1: Search engine boots atau Spider menjelajahi setiap halaman web untuk mencari link yang ada di halaman tersebut, kemudian link disimpan dalam tempat yang menjadi pusat data yang spesifik sesuai dengan lokasi geografis, kemudian mesin pencari melanjutkan proses untuk menilai dan mengindeks data.
Langkah 2: Data-data yang tersimpan kemudian diproses dengan bantuan prosesor yang berkualitas tinggi, prosesor ini cukup efisien untuk memproses miliaran halaman web dan mengambil data-data yang akurat sehubungan dengan permintaan pencarian yang dimasukkan pengguna.
Langkah 3: Ketika pengguna melakukan pencarian, mesin pencari berusaha menampilkan hasil yang sesuai dengan permintaan tersebut.. Dan proses ini dilakukan dengan sangat cepat dengan hasil yang serelevan mungkin.

Kesimpulan:
Search Engine ingin menampilkan hasil pencarian seakurat mungkin atau serelevan mungkin dengan keyword yang dimasukkan oleh pengguna.
Spider atau crawler melakukan penjelajahan dari suatu web ke website lain nya dengan sangat cepat.
Suatu algoritma yang dirahasiakan Memilih data yang ditemukan oleh Spider dan menilainya untuk kemudian dikirim ke indeks.
Algoritma lainnya menilai data yang ada di dalam index untuk memilih halaman web yang sesuai dengan keyword pencarian.
Setiap harinya search engine melakukan langkah-langkah seperti crawling, indexing, alghoritma, anti spamming dll.
Semua proses pencarian yang sangat rumit tersebut dilakukan dengan super cepat rata-rata dilakukan kurang dari 1 detik.
Dengan memahami cara kerja dasar dari search engine maka kita bisa lebih mudah menguasai teknik SEO.
B. Search Engine Optimization
Search Engine Optimization Yang sering juga disebut optimasi mesin pencari yaitu proses untuk mengoptimasi halaman web agar mendapatkan rangking yang baik dari search engine yang bertujuan untuk mendapatkan traffik gratis, dengan menggunakan teknik Search Engine Optimization kita bisa memperbesar kemungkinan halaman kita berada di posisi yang baik tersebut.
Setelah kita mengetahui sistem atau cara kerja dari search engine ketika akan menampilkan hasil untuk setiap pencarian, maka kita tahu apa yang harus dilakukan untuk mendapat posisi yang baik untuk website yang akan kita optimasi.
Search engine bagi seorang pemilik website adalah seperti partner yang saling menguntungkan Dimana pemilik web bisa mendapatkan traffic gratis dan search engine bisa mendapatkan keuntungan dari visitor tersebut dengan menampilkan iklan-iklan di halaman hasil pencarian.
Dengan menampilkan hasil pencarian yang relevan dengan keyword yang dicari oleh pengunjung, maka ini membuat pengunjung tersebut merasa terbantu dan kemungkinan akan mengunjungi search engine itu kembali di kemudian hari.
Sebaliknya kalau search engine tidak menampilkan hasil pencarian yang sesuai dengan keyword yang diinginkan, maka visitor tersebut akan mencari atau menggunakan search engine lainnya hanya untuk mendapatkan informasi yang dicarinya tersebut.
Jadi ketika kita merangking di halaman 1 kemudian mendapat traffik dari search engine tersebut dan kita berhasil memberikan konten yang sesuai dengan yang diinginkan oleh si pencari, maka kita Sesungguhnya telah membantu search engine untuk mendapatkan nilai yang baik di mata pengguna search engine tersebut.
Puas tidaknya seseorang terhadap website yang dikunjungi dari hasil pencarian yang ditampilkan oleh search engine itu ditandai dengan lama tidaknya visitor tersebut bertahan di halaman web yang dikunjunginya.
Kalau di situs tersebut visitor bertahan lama dan banyak melakukan aktivitas itu berarti maka visitor web tersebut cukup puas dengan website yang ditampilkan di hasil pencarian, begitu juga sebaliknya apabila visitor setelah mengunjungi halaman web dari hasil pencarian tidak melakukan interaksi apa-apa bahkan mereka langsung pergi maka ini berarti visitor tersebut tidak puas.
Search Engine mengetahui tindakan visitor yang ada di suatu website Dan istilah ini disebut bounce rates, jadi ketika kita telah berhasil mendapatkan posisi yang baik di search engine dan mendapat visitor yang banyak akan tetapi halaman web kita tidak dianggap baik oleh visitor maka web kita akan mendapat nilai yang kurang di mata search engine engine.
Bila nilai website itu terus turun maka bisa jadi website yang telah mendapatkan ranking bisa diturunkan rankingnya dari halaman pencarian untuk kata kunci tersebut.
Walaupun setiap sistem search engine untuk menilai dan menampilkan hasil pencarian sesuai keyword atau kata kunci yang diinginkan pencari berbeda-beda akan tetapi pada prinsipnya adalah semua search engine ingin menampilkan hasil pencarian seakurat mungkin dengan keyword yang dicari.
Jadi kita bisa seolah-olah menjadi orang yang mencari keyword tersebut dan berikan alasan mengapa dengan mengunjungi halaman web kita visitor tersebut akan mendapatkan jawaban atau informasi yang diinginkan.
Apapun teknik SEO yang dilakukan pada prinsipnya adalah suatu search engine menginginkan konten yang relevan dan memiliki informasi yang cukup untuk si pencari, sehingga si pencari mendapatkan jawaban atas apa yang dicarinya tersebut.
Konsep ini adalah konsep yang pertama kali yang harus kita pahami Adapun selanjutnya adalah kita tinggal berusaha mempengaruhi search engine agar mau menampilkan website di halaman hasil pencarian untuk keyword yang kita bidik tersebut.
Jadi yang harus dilakukan ketika akan memposting sebuah artikel atau konten pada halaman web adalah:
Bidik keyword yang memiliki pencarian,
Buat konten yang relevan dengan keyword tersebut,
Buat konten yang informatif dan memiliki manfaat buat pengunjung,
Buat konten selengkap mungkin,
Buat konten yang beragam,
Buat konten yang unik.
Demikian materi "Pengertian Search Engine Optimization" selanjutnya   Dua Teknik Seo 
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID