Rabu, 04 Januari 2017

Membuat Artikel



Tips Membuat Artikel di internet

Artikel adalah sebuah karangan tentang sesuatu bahasan atau topik yang cukup lengkap namun panjangnya tidak tentu sesuai dengan keinginan si penulis baik itu tentang sesuatu yang nyata atau tentang sesuatu hal yang imajinatif.

Tujuan dibuatnya artikel adalah untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, opini atau fakta yang berguna untuk meyakinkan, mendidik, memecahkan masalah atau untuk menghibur pembacanya yang mungkin sedang membutuhkan artikel tersebut.

Mencari dan mengembangkan ide artikel
Ide menulis banyak terdapat di mana-mana, terkadang ide tersebut datang dengan sendirinya atau kita yang harus aktif mencari ide tersebut bahkan sampai-sampai kita bisa melakukan suatu tindakan atau kegiatan untuk memancing datangnya ide.

Seperti ada orang yang ingin mencari ide seputar olahraga maka orang tersebut bisa mengunjungi suatu tempat yang banyak dijadikan ajang orang-orang berolahraga seperti gelanggang olahraga, taman terbuka hijau, area car free day dll.

Setelah mendapatkan ide, seseorang biasanya bingung bagaimana cara menuangkan ide menjadi sebuah tulisan dan itu disebabkan karena di dalam pikirannya justru terlalu banyak ide, sehingga dia bingung mau mulai dari mana.

Atau bisa juga disebabkan karena dia khawatir terhadap hasil tulisannya, seperti tidak percaya diri akan menghasilkan sebuah tulisan yang menarik, informatif dan enak dibaca bagi siapa saja yang membaca artikel tersebut.

Masalah-masalah seperti ini biasanya umum melanda seseorang yang akan menulis sebuah artikel, apalagi kalau orang tersebut belum terbiasa atau baru pertama kali membuat artikel yang akan di bagikan ke orang banyak.

Untuk tahap awal, Anda sebaiknya menulis sekehendak anda, lupakan semua beban atau rasa cemas yang menghantui.. upayakan agar anda tidak mengedit tulisan yang telah anda buat tersebut sampai artikel tersebut cukup banyak dan lengkap barulah kita memeriksa dan mengedit artikel tersebut.

Baik itu dari segi tata bahasa, pemilihan kata, titik koma dan alur yang ada di artikel tersebut, bisa kita koreksi dan edit setelah kita membuatnya secara penuh hal ini dilakukan agar ide yang ada di dalam pikiran kita tersebut tertuang lebih dahulu.

Kalau kita melakukan pengeditan saat kita Menulis artikel belum lengkap bisa jadi ide yang ada di kepala kita menjadi hilang dan ini bisa merugikan kita, karena bisa membuat kita menjadi tidak tahu harus menulis apa.

Butuh Waktu memang agar kita terbiasa menulis artikel yang enak dibaca, akan tetapi dengan kita mencobanya terlebih dahulu, membuat jam terbang kita dalam menulis artikel semakin banyak dan di kemudian hari bisa memudahkan kita dalam membuat sebuah artikel apapun jenisnya.

Anda juga bisa membaca artikel artikel lain yang sesuai dengan minat atau bahasan yang akan kita buat artikelnya, kemudian dari artikel-artikel tersebut kita bisa catat poin-poin penting nya dan bisa kita buat artikel dengan kata-kata kita sendiri.

Teknik seperti ini disebut juga teknik rewrite, selama artikelnya bukan termasuk artikel yang memiliki hak cipta maka sah-sah saja melakukannya, seperti kita membuat artikel seputar keindahan kota Bandung, kehidupan masyarakat papua dan lain-lain artinya kita tidak harus mengunjungi tempat tersebut untuk menggambarkan kondisinya.

Beberapa tips menulis artikel di internet
Dikarenakan halaman web berbeda dengan halaman media cetak, dimana pembaca halaman web biasanya tidak memiliki waktu yang lama ketika membaca halaman sebuah website.
Mereka cenderung melihat atau membaca apa yang dianggap menarik saja dan ingin segera mengetahui topik utama dari artikel tersebut.

Apabila artikel yang kita posting terlalu bertele-tele itu akan membuat pengunjung halaman web meninggalkan atau tidak membaca artikel yang kita post secara lengkap apalagi kalau mereka memiliki waktu yang terbatas, ini membuat tingkat keterbacaan artikel dari halaman web yang kita miliki menjadi rendah.

Berbeda halnya dengan membaca majalah atau media cetak lainnya, mereka cenderung memiliki waktu yang lebih luang sehingga untuk membaca artikel yang cukup panjang pun sangat dimungkinkan, apalagi kalau artikel tersebut memang sedang dicarinya.

Berikut beberapa tips yang bisa kita lakukan ketika Menulis artikel internet:

Jangan terlalu panjang
Jangan menulis artikel yang terlalu panjang apalagi bertele-tele, karena biasanya hal tersebut memenuat pembaca menjadi tidak tertarik lagi pada artikel yang sedang dibacanya tersebut, mereka akan segera menutup halaman web.

Cukuplah kita membuat artikel yang berisi 300-800 kata saja dan jika kita membutuhkan jumlah kata yang lebih banyak lagi karena misalnya artikel tersebut berisi penjelasan yang sangat banyak, maka bisa gunakan teknik pembagian halaman seperti yang dilakukan oleh portal berita online yang ada di Indonesia.

Berikan penekanan
Banyak sekali orang yang membaca di internet hanya melihat sebuah artikel secara sekilas saja terutama di bagian paragraf pertama, dan apabila paragraf pertama tersebut tidak cukup menarik maka artikel tersebut cenderung tidak akan dibacanya.

Agar tingkat perhatian membaca langsung ke bagian yang akan kita sampaikan, maka kita bisa membuat penekanan-penekanan pada bagian-bagian yang akan kita sampaikan tersebut, misalnya dengan membuat huruf tebal, huruf miring, atau membuat quote.

Pembagian paragraf yang baik
Apakah anda pernah melihat suatu artikel dimana panjang paragrafnya terlalu berlebihan? Di dalam teknik penulisan artikel dijelaskan bahwa suatu paragraf cukup berisi satu pokok permasalahan saja yang berisi satu kalimat inti dan ada kalimat lain yang menjelaskan.

Setiap paragraf cukup berisi 40-60 kata atau sekitar empat sampai lima baris, teknik ini digunakan agar pembaca tidak bosan karena setiap paragraf memiliki pembahasan yang berbeda, apalagi kalau setiap paragraf tersebut memiliki informasi yang menarik dan bermanfaat.

Gunakan judul yang menarik
Judul adalah pintu masuk bagi pembaca ke dalam artikel yang terbuat, kalau pintunya kecil atau sulit dibuka maka akan sedikit orang yang bisa masuk ke dalamnya,
itu berarti sebagus apapun artikel yang kita buat akan tetapi kalau judulnya tidak menarik maka akan sedikit orang yang akan membacanya.

Karena itu membuat judul yang menarik cukup penting agar tingkat keterbacaan dari artikel yang kita buat menjadi lebih tinggi, sehingga maksud, pesan atau gagasan yang akan kita sampaikan bisa dibaca oleh banyak orang.

Membuat artikel yang dicari orang
Seperti yang telah diketahui bahwa traffik atau pengunjung sebuah halaman website yang berasal dari search engine ini sangat banyak sekali jumlahnya dan yang paling penting itu semua didapat secara gratis atau cuma cuma.

Oleh karena itu membuat artikel yang dicari orang melalui search engine sangat penting untuk kita lakukan, karena artikel yang akan kita posting bukan hanya bermanfaat bagi pembaca akan tetapi memiliki pencari atau peminat yang cukup banyak dari search engine.

Membuat gambar
Semua gambar memiliki manfaat yang cukup penting sebagai pelengkap informasi yang kita berikan di dalam artikel, dengan adanya gambar informasi tersebut akan lebih mudah dipahami oleh pembaca dan juga gambar memiliki manfaat untuk meningkatkan poin halaman web kita di mata search engine.

Apabila kita memiliki kemampuan untuk membuat sebuah gambar maka saya sarankan untuk membuat sendiri gambar tersebut sesuai dengan bahasan atau artikel yang akan kita posting, software yang umum digunakan biasanya adalah photoshop, photoscape, coreldraw dll.

Akan tetapi terkadang kita atau kebanyakan orang tidak memiliki kemampuan untuk membuat gambar yang menarik maka dibutuhkan kreatifitas lain. Misalnya dengan mencari gambar di situs-situs yang membolehkan bagi siapa saja untuk mengambil gambar tersebut.

Apabila kita hendak mengambil gambar dari situs web milik orang lain maka ada beberpa tips yang akan saya berikan agar proses pengambilan gambar menjadi aman baik dari pelanggaran hak cipta maupun di mata search engine.
Kunjungi Google, yahoo atau Bing image..
 
Mencari gambar di keyword lain atau di keyword yang tidak kita bidik, misalnya apabila kita membidik keyword baju bola murah, maka kita bisa mencari gambar di keyword lain seperti baju bola berkualitas..
Kalau perlu kita ketikkan keyword dari bahasa lain agar gambar yang ditampilkan berasal dari situs-situs luar negeri..
 
Misalkan kita gunakan bahasa Cina (translate keyword ke bahasa Cina) agar kita mendapatkan gambar dari situs-situs web negara China..
Pilih gambar ukuran sedang..
Pilih gambar dari URL atau domain gratisan, seperti blogspot, Wordpress, weebly dan lain-lain..
Pilih Gambar yang menarik dan sesuai dengan tema artikel yang akan kita buat..
Buka gambar tersebut di tab baru..
Jadikan kecerahan layar komputer semakin terang..
 
Crop gambar tersebut dengan menggunakan aplikasi screen capture atau jing atau yang aplikasi sejenis..
Buat dimensi yang berbeda dengan gambar aslinya.. Misalkan kalau dimensi aslinya 300x430 bisa kita buat menjadi 299x425.. Agar tidak terjadi duplikat dimensi..
 
Beri nama file gambar tersebut sesuai dengan keyword yang akan kita bidik, usahakan nama file gambar yang telah kita crop berbeda dengan namafile gambar aslinya..
Edit gambar yang pernah kita crop tadi dengan menggunakan paint, misalnya dengan memberi text atau bingkai ke dalam gambar tersebut..
Dan gambar sudah bisa kita upload ke halaman web kita..

Akan tetapi kalau anda bisa membuat gambar sendiri tetap saya sarankan untuk membuat gambar sendiri agar gambar yang kita post berbeda atau unik dan memiliki kesesuaian dengan informasi yang akan kita berikan dan itu lebih baik..

Demikian Materi "Membuat Artikel" Yang bisa bermanfaat bagi  Dengan memahami materi tersebut, anda bisa membuat banyak artikel yang bermanfaat bagi banyak orang...
Dimateri selanjutnya akan belajar materi tentang "Google Search console "
Apa Itu "Google Search console " Dan Apa Manafaatnya

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
 
 Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID