Sabtu, 07 Januari 2017

Google Console



Apakah Google Search Console itu?
Google search console adalah fasilitas yang disediakan oleh Google untuk mendukung para web Master dalam mengelola situs web, terutama agar website tersebut sesuai standar yang ditetapkan oleh Google, sehingga bisa membuat peringkat web di halaman pencarian lebih baik.

Banyak sekali data yang bisa kita peroleh dari Google Search console diantaranya kita bisa melihat pengunjung website kita, keyword yang merangking untuk situs web kita, backlink yang masuk dan lain-lain yang bisa kita jadikan bahan untuk mengoptimalkan website kita.

Kita juga bisa melakukan submit site Map yang dimiliki oleh web kita, hal ini dilakukan agar website yang kita miliki mendapatkan jadwal rutin dari crawler-crawler google yang akan mengindex setip halaman baru dari website kita.

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mendaftarkan website kita ke Google Search console.
login ke akun google anda..
Kunjungi
https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in atau cari di search engine “google webmaster tool”
Klik tambahkan properti..
Masukkan situs web yang akan didaftarkan..
Lalu Anda akan dimintai verifikasi kepemilikan situs web yang telah didaftarkan tadi..
Click metode alternatif.. Lalu pilih menu tag HTML..

Setelah itu Salin kode HTML ke situs web kita taruh di bagian header.. Untuk situs berbasis Wordpress, kita bisa mengklik menu appearance, editor, dan lihat dibagian kanan pilih menu theme header.. Cari kode html </head> kemudian Paste kan kode verifikasi tepat di atas </head>.. Setelah itu klik update file..
Kembali ke Google Search console untuk mengklik tombol verifikasi..
 
Apabila semuanya telah benar maka anda telah berhasil mendaftarkan situs web Anda ke Google Search console, sehingga Anda bisa mendapatkan data-data Yang dimiliki oleh database Google terkait website yang telah anda daftarkan tadi.

Analisis data google Search console
Google Search console bahkan beberapa data yang cukup bermanfaat bagi kita, data-data tersebut bisa dijadikan bahan evaluasi untuk memperbaiki performa website kita.
Berikut beberapa cara untuk menganalisis data yang ada di Google Search console:
Pertama kita login ke akun Google dan masuk ke google Search console..
klik website yang akan kita lihat datanya..

Secara default Google Search console akan menyajikan 3 data yaitu kesalahan perayapan, analytics dan peta situs ditambah data dari pesan apabila terdapat pesan kepada website kita. Akan tetapi di bagian kiri terdapat menu-menu yang cara kita lihat. Saya akan menerangkan menu-menu yang pentingnya saja.

Menu pesan digunakan untuk melihat pesan pesan yang diberikan oleh Google Search console terhadap website kita, biasanya pesan-pesan ini mengingatkan seputar keamanan web, penalty, lalu lintas penelusuran dan lain-lain.

Menu tampilan penelusuran, menu ini bisa kita gunakan untuk membantu situs web kita agar terlihat lebih baik di hasil pencarian, banyak sekali fitur yang bisa digunakan untuk meningkatkan dan memperbaiki hasil pencarian dari situs web kita.

Menu lalu lintas penelusuran, menu ini berisi laporan yang diberikan oleh Google Search console seputar performa atau tindakan dari website kita. Menu ini cukup kita butuhkan terutama di bagian telusuri analitik yang bisa kita lihat data seputar ranking atau keyword Yang dimiliki oleh halaman website kita.

Serta menu tautan ke situs anda dan tautan internal yang bisa kita lihat untuk mengetahui seberapa banyak link-link yang mengarah ke halaman-halaman situs web kita, ini penting untuk evaluasi kita terkait backlink yang masuk ke halaman website kita.

Kita bisa melihat link-link tipe apa saja yang bisa di Index oleh Google, sehingga kita dapat menduplikasi jenis link tersebut agar teknik backlinking yang kita lakukan lebih efektif dan memiliki hasil yang maksimal.
Menu tindakan manual, yaitu berisi peringatan yang diberikan oleh Google karena adanya pelanggaran yang dilakukan oleh situs web kita, baik itu terkait link, duplikat konten atau yang lainnya, tindakan manual ini bisa disebut juga sebagai pemberitahuan bahwa situs web kita akan atau sedang terkena penalti.

Menu Google index, menu ini digunakan untuk melihat seberapa banyak indeks yang dimiliki oleh website kita di database Google, kita juga bisa melihat kata kunci kata kunci utama yang ada di dalam website kita.
Menu perayapan, menu ini digunakan untuk memudahkan kita dalam mengindexkan website kita di database Google, menu yang biasa digunakan yaitu ambil sebagai Google dimana kita bisa menyuruh robot Google untuk merayapi situs web kita saat itu juga.

Menu lainnya adalah peta situs, dimana kita bisa memberikan halaman peta situs kita dengan format xml yang bertujuan sebagai peta yang harus dijalani oleh search engine ketika akan merayapi situs web kita.
Menu masalah keamanan, apabila website Anda terkena virus, malware, trojan dan yang lainnya atau website Anda terkena hacking oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab maka akan ada pemberitahuan pada menu masalah keamanan ini.

Menu sumber daya lainnya, menu sumber daya lainnya digunakan apabila kita ingin menggunakan produk-produk Google lainnya, menu ini bisa dicoba satu persatu akan tetapi menurut saya tidak terlalu penting.

Demikian menu-menu atau fitur yang ada di Google Search console yang biasa saya gunakan, menu-menu lain yang tidak saya Jelaskan menurut saya tidak terlalu bermanfaat akan tetapi bila anda ingin mencobanya maka tidak ada salahnya.

Terkait data, yang paling penting yang bisa kita manfaatkan dari Google Search console ini adalah data “telusuri analytics” Dimana kita bisa mengetahui halaman-halaman mana saja yang merangking serta keyword keyword apa saja yang masuk ke halaman tersebut.

Ini bisa dijadikan bahan evaluasi dari optimasi yang kita lakukan, misalnya kita melakukan optimasi terhadap salah satu halaman website dan ternyata halaman tersebut bisa mendapatkan ranking berdasarkan data dari Google search console, maka kita bisa contek optimasi yang dilakukan ke halaman lainnya.

Demikian Materi "Google Search console" Yang bisa bermanfaat  mengontrol website untuk lebih baik lagi di mata user atau di mata search engine

Dimateri selanjutnya akan belajar materi tentang "Bing Webmaster Tool "
Apa Itu "Bing Webmaster Tool " ? Dan apa Fungsinya untuk website kita???
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita  yang ingin Duit (Do’a  usaha  ikhlas Tawakal)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID