Minggu, 05 Februari 2017

Offpage SEO "Link Building "



Materi Offpage SEO Part 2 "Praktek Link Building "
gambar Offpage seo "link  building"

Sebenarnya ada banyak sekali strategi link building (membuat backlink) yang bisa kita lakukan, namun kita akan mempalajarinya beberapa saja yang dianggap efektif dan sudah cukup popular di kalangan pegiat SEO, selain itu link building yang kita lakukan cukup mudah untuk dilakukan.
Yang perlu diperhatikan ketika membangun backlink adalah kita tidak hanya mengejar kualitas backlink saja akan tetapi kita juga harus mengejar kuantitas dari backlink yang kita bangun, karena biasanya backlink yang berkualitas lebih sulit di buat sehingga memerlukan waktu yang cukup lama sampai kadang-kadang membuat kita merasa bosan.
Apalagi untuk pemula yang biasanya hanya semangat diawal-awal saja, begitu halaman web yang dioptimasinya tidak juga mendapatkan traffic banyak diantara mereka yang mengeluh bahkan akhirnya menyerah, jadi saran saya lebih baik kombinasikan antara backlink yang berkualitas dan backling yang kurang berkualitas, lakukan keduanya secara bersamaan terutama lakukan apa yang bisa kalian lakukan terlebih dahulu.
Berikut sumber bcklink yang cukup mudah untuk kita dilakukan tetapi memiliki kualitas yang lumayan baik dengan tingkat keamanan yang tidak terlalu beresiko:
Web 2.0 / free blog
Free blog atau yang biasa disebut juga dengan web 2.0 adalah situs web yang biasanya membolehkan siapa saja untuk membuat akun di website tersebut yang bertujuan untuk membuat konten apapun terserah pemilik akun, biasanya web 2.0 atau freeblog ini menyediakan fasilitas yang cukup komplit.
Kita bisa saja membuat sebanyak mungkin akun di suatu free blog atau web 2.0, aka tetapi sebaiknya kita memvariasikan akun-akun free blog yang kita buat untuk dijadikan sumber backlink karena ada cukup banyak freeblog yang bisa kita buat untuk dijadikan sumber backlink.
Beberapa situs web 2.0 atau freeblog yang cukup popular diantaranya: Wordpress, weebly, blog.com, blogspot.com, goodreads, academia.edu, bravenet, blogdetik, onsugar, medium.com, rebelmouse dll
Website-website diatas adalah freeblog yang sudah cukup popular di kalangan pegiat SEO, yang perlu diperhatikan ketika membuat akun di situs free blog adalah buatlah artikel dengan tanpa link terlebih dahulu, lalu setelah 1-2 minggu barulah kita buat artikel yang berisi link ke situs web kita karena biasanya freeblog ini suka menghapus akun yang langsung membuat link pada postingan pertamanya.
Postingan-postingan di situs freeblog atau web 2.0 ini memang agak sulit untuk di-index oleh search engine jadi sebaiknya postingan yang telah kita buat dishare di social media atau di bookmark di situs social bookmarking agar proses indexing lebih cepat terjadi.
Untuk masalah artikel yang akan kita buat sebagai backlink sebaiknya lebih mengutamakan keunikan dibandingkan informasi yang ada didalamnya, biin artikel minimal 200 kata setelah itu kita juga bisa menambahkan beberapa gambar atua video agar artikel yang kita post lebih mudah diindex.
Agar akun freeblog kita tidak mudah dihapus sebaiknya kita memposting lebih banyak artikel tanpa link dibandingkan artikel yang memiliki link, misalnya untuk satu akun freeblog cukup kita buat 5-10 post artikel saja dengan dengan 2 post artikel diantaranya memiliki link.
Beberapa web 2.0 yang cukup populer: https://www.tumblr.com/ https://wordpress.com/ , , http://weebly.com/ , , https://www.goodreads.com/ , , blogdetik.com , , https://www.rebelmouse.com/ , , https://www.academia.edu/ , , http://bravenet.com , , , , http://hubpages.com/ , , blogspot.com , , http://id.fc2.com/ , , https://www.tumblr.com/
Footprint untuk mencari web 2.0 : "Powered By Elgg" , intitle:"powered by jcow" , "Powered By wordpress" , "Powered by BlogEngine.Net" , inurl:/go/browse/blogs , inurl:register.php +"powered by elgg" , inurl:"register.php"++"powered by pligg" , inurl:/register intext:"Powered by Pligg" -inurl:.php , inurl:"upcoming" intitle:"pligg" , inurl:"register" intitle:"pligg"
Cara pakainya tinggal ketikan salah satu footprint diatas di google, terus akan muncul banyak web 2.0 yang bisa kamu daftar, aktifkan moz bar kemudian cari website-website yang memiliki domain authority (DA) diatas 20.
Wiki Website
Wiki website adalah suatu website yang bisa dijadikan wadah bertukar informasi apapun yang ada didunia ini. Situs wiki yang paling terkenal adalah Wikipedia, dengan adanya Wikipedia kita bisa mengetahui banyak sekali informasi apapun yang ada didunia ini.
Situs wiki adalah situs web yang mengijinkan siapapun untuk berkontribusi menambah dan mengubah konten website yang ada di dalamnya karena itu komunitas atau seorang penulis merupakan kekuatan utama dari website Wiki.
Jadi untuk mendapatkan backlink dari website Wiki saya sarankan di awal-awal kita posting artikel tanpa link terlebih dahulu atau bahkan ada beberapa situs Wiki yang hanya mengizinkan pengguna baru untuk mengedit artikel saja.
Setelah beberapa lama barulah kita diizinkan untuk membuat postingan-postingan baru sesuai dengan keinginan kita, nah dari situ kita bisa membuat backlink ke situs-situs website yang sedang kita optimasi.
saya sarankan untuk membuat sebanyak mungkin akun Wiki karena ada banyak sekali website Wiki yang ada dan yang populer di masyarakat adalah wikipedia, wikihow, wikimedia dan lain-lain.
Kita juga bisa mencari halaman web wiki yang pemilik artikelnya atau moderatornya sudah tidak aktif lagi sehingga kita bisa mengedit artikel tersebut termasuk memberikan link di dalamnya yang mengarah ke situs kita.
Akan tetapi banyak website wiki yang memiliki moderator yang cukup ketat jadi kita harus aktif terlebih dahulu menjadi penulis dan pengedit situs Wiki tersebut agar akun kita lebih dipercaya, kita bisa mengedit artikel-artikel yang ada di sana menambahkan informasi yang lebih bermanfaat dan sesuai dengan isi artikel yang kita edit tersebut.
Tetapi banyak website Wiki lain yang memiliki kualitas rendah yang peraturannya mirip dengan free blog yaitu kita bisa memposting artikel tanpa ada moderasi, namun web wiki seperti ini mudah di spam sehingga situsnya pun menjadi lemah di mata search engine.
Footprint untuk mencari situs Wiki: , , powered by mediawiki , inurl:wiki site:.edu , inurl:"special:userlogin" , This page was last modified on inurl:wiki , main page "random page" inurl:wiki , This page was last modified on""wiki" , This page was last modified on , Log in / createaccount , isa registered trademark of the Wikimedia Foundation, Inc., , wiki inurl:.edu , wiki inurl:.edu , inurl:/wiki/index.php/Viagra , "Toolbox""This page was last modified , inurl:wiki/index.php?title=""" , Login required to edit , wiki/index.php?title=Special:Userlogin&returnto
Cara pakainya tinggal ketikan salah satu footprint diatas di google, terus akan muncul banyak web wiki yang bisa kamu daftar, aktifkan moz bar kemudian cari website-website yang memiliki domain authority (DA) diatas 20.
Blog Comment
Blog comment adalah cara yang paling mudah namun cukup populer dan terbukti bisa menaikkan ranking suatu website akan tetapi tidak semua blog komen memiliki efek yang bagus, ada juga blog comment yang bisa menyebabkan website Kita terkena penalti.
Kita harus memperhatikan authority dari website yang akan kita comment dan berapa banyak external link yang dimiliki oleh halaman web tersebut, semakin tinggi autority nya dan semakin sedikit external linknya maka semakin baik untuk dipergunakan sebagai backlink.
Akan tetapi apabila halaman web tersebut memiliki authority yang rendah atau memiliki external Link yang banyak sebaiknya jangan kita jadikan untuk backlink webiste kita, karena ini bisa berbahaya untuk situs web yang kita optimasi.
Blog comment juga sangat bagus untuk mengindeks kan backlink yang Telah kita buat, misalnya kita telah membuat backlink dari freeblog atau Wiki , nah url backlink tersebut kita backlink menggunakan blog domment agar backlink yang telah kita buat lebih cepat terindex di search engine.
Footprint untuk mencari blog comment :
?powered by wordpress? ?leave a comment?
site:com inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in"
site:org inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in"
site:edu inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in"
site:gov inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in"
?php Link Directory? "powered by php link directory"
inurl:submit.php -"enter the code"
inurl:node "login or register to post comments"
inurl:archive "login or register to post comments"
inurl:archives "login or register to post comments"
inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in"
inurl:.edu inurl:wp-signup.php
site:edu inurl:register.php
Cara pakainya tinggal ketikan salah satu footprint diatas di google, terus akan muncul banyak web yang bisa kamu beri komentar, aktifkan moz bar kemudian cari website-website yang memiliki page authority (PA) diatas 10.
Social Bookmark
Sebelum era sosial media, social bookmark sempat menjadi booming karena hampir semua orang mengunjungi situs tersebut untuk menyimpan link atau situs favorit atau untuk melihat situs apa yang sedang populer akan tetapi sejak adanya situs sosial media orang-orang cenderung mengunjungi sosial media tersebut dibanding website social bookmark.
Hal itu dikarenakan situs sosial media miliki lebih banyak fitur yang berguna bagi orang-orang cara menemukan komunitas yang sesuai dengan minat dari masing-masing orang, serta Kita juga bisa berbagi momen-momen yang kita jalani bersama dengan teman-teman atau keluarga.
Situs sosial bookmark cukup mudah untuk ditanami backlink sehingga situs ini cenderung termasuk situs spam yang akhirnya backlink dari social media memiliki kualitas yang rendah bahkan situs social bookmark ini mudah untuk hilang karena banyak domainnya yang tidak diperpanjang lagi.
Walaupun situs social bookmark memiliki kualitas yang rendah tetapi situs social bookmark cukup ampuh untuk mengindex-Kan web backlink yang telah kita buat seperti layaknya blog comemn, banyak social bookmark yang ada sekarang ini dan mudah kita temukan di search engine.
Foot print untuk mencari situs social boomark:
Powered by Pligg
powered by pligg Home Login "Register"
inurl:"register.php"++"powered by pligg"
inurl:/register intext:"Powered by Pligg" -inurl:.php
inurl:/register.php intext:"Powered by Pligg"
inurl:title "powered by pligg"
Powered by PHPDug
Powered by MediaShare
Powered by clipbucket
Powered by VidiScript.com
Powered by PHPMotion
Powered by ClipShare
Powered by iVidPlay
Powered by iSoftScripts.com
Powered by VShare
Powered by Video CMS
Powered by PHP Melody
Powered by ClipBucket
Powered by SkaDate
Powered by Sharemixer
Cara pakainya tinggal ketikan salah satu footprint diatas di google, terus akan muncul banyak web social boomark yang bisa kamu daftar, aktifkan moz bar kemudian cari website-website yang memiliki domain authority (DA) diatas 20.
Video Sharing
Situs video sharing bisa menjadi tempat untuk kita menanam backlink yang cukup berkualitas, Selain itu situs video sharing juga lumayan mudah untuk ditanami backlink situs-situs video sharing seperti YouTube, Vimeo, vidio.com dan lain-lain bisa menjadi ditanami backlink melalui komentar ataupun deskripsi dari video yang kita upload.
Kita bisa juga mendapatkan trafik dari video sharing ini misalnya kita mengupload video yang berkualitas dan kita berikan link di deskripsi video tersebut yang mengarah ke situs web kita, maka ini bisa membuat orang orang mengunjungi situs web kita.
Article Directory
Artikel direktori adalah website tempat kita bisa mensubmit artikel yang bisa kita isi Link didalamnya, ada banyak artikel direktori yang bisa kita submit artikel namun ada beberapa artikel direktori yang membuat peraturan ketat seperti ezine artikel Ada pula yang memiliki aturan tidak ketat.
Artikel direktori yang tidak memiliki aturan ketat dan cenderung mudah di spam oleh banyak pelaku SEO sehingga bisa menurunkan kualitas backlink yang ada di dalamnya, dalam sekali submit saya sarankan cukup memberikan 1-2 link saja dari setiap artikel yang kita Submit tersebut.
beberpa footprint yang bisa dipakai untuk mencari website artikel directory:
"Powered by Article Dashboard" , "Submit Articles" ,"Powered by ArticleMS" , "Submit Article" , "submit an article" , "Powered by: php Link Directory" , "powered by PHPLD" , "Powered by WSN Links" , "powered by PHP Weby" , "Powered by cpLinks" , "Powered by cpDynaLinks" , "powered by BosDirectory" , "Powered by Link manager LinkMan" , "Powered by Gossamer Links" , "Powered by K-Links" , "Powered by In-Link" , "Powered by eSyndiCat Directory Software" , "Powered by: qlWebDS Pro" , "Powered by Directory software by LBS" , "powered by phpMyDirectory.com" , "Powered by HubDir PHP directory script" .
Cara pakainya tinggal ketikan salah satu footprint diatas di google, terus akan muncul banyak web artikel directory yang bisa kamu daftar, aktifkan moz bar kemudian cari website-website yang memiliki domain authority (DA) diatas 20.
Forum Profil
Forum profile adalah teknik membuat backlink yang bisa kita letakan di bagian profil pada forum yang telah kita daftar sebelumnya, biasanya link tersebut ditaruh di bagian Signature di halaman profil kita.
Backlink dari forum profile tidak terlalu efektif dalam memberikan rangking di halaman pencarian, akan tetapi backlink ini cukup bermanfaat untuk menambah keragaman dari backlink yang kita buat apalagi kalau forum tersebut memiliki authority yang tinggi serta memiliki niche yang sama dengan halaman yang kita optimasi.
Footprint untuk mencari forum profile: ?Powered by PHPbb? , ?Powered by vBulletin? , ?Powered by SMF? , ?powered by Simple Machines? , ?powered by punBB? , ?powered by expressionengine? ?yourkeyword? site:.uk , ?powered by expressionengine? ?yourkeyword? site:.us , ?powered by expressionengine? ?yourkeyword? site:.eu , ?Powered by Tagbox? , ?Powered by DRBGuestbook? , proudly powered by bbPress , Powered by PunBB viewforum.php , Powered by PunBB register.php , powered by vbulletin , powered by yabb , powered by ip.board , powered by phpbb , powered by phpbb3 , powered by invision power board , powered by e-blah forum software , powered by xmb , powered by: fudforum , powered by fluxbb , powered by forum software minibb , this forum is powered by phorum , powered by punbb , powered by quicksilver forums
Cara pakainya tinggal ketikan salah satu footprint diatas di google, terus akan muncul banyak web forum profile yang bisa kamu daftar, aktifkan moz bar kemudian cari website-website yang memiliki domain authority (DA) diatas 20.
Guest Post / Post Tamu
Guest post adalah cara mudah untuk mendapatkan backlink yang sangat berkualitas karena kita bisa mendapatkan kontekstual backlink yang berasal dari situs berbayar dan memiliki niche yang sama dengan halaman web yang kita optimasi.
Tekniknya cukup kita mencari website-website yang mengijinkan orang lain untuk mengisi artikel di website miliknnya, biasanya mereka memiliki page yang bernama “ submit article” atau kita bisa mencari bagian admin web tersebut lalu kita kirim email ke mereka yang berisi minta izin untuk bisa memposting artikel di website mereka.
Akan tetapi biasanya teknik guest post bisa menghasilkan Link yang terus menurun kualitasnya, karena blog tersebut biasanya terus melakukan update di websitenya sehingga membuat blog post yang kita miliki semakin menjauh dari homepage.
Footprint untuk mecari website bahasa ingris yang menyediakan fitur guest post / post tamu:
allinurl:"guest/comment.php?gb_id" , allinurl:"guestbook/comment.php?gb_id" , dcguest.cgi?action=add_form , guestbook.asp , guestbook.html , guestbook.mv?parm_func=showpostform , guestbook.mv?parm_func=view , guestbook.php?act=new , guestbook.php?offset= , guestbook/message.php?page=new , guestbook/sign.php , guestbook_sign.php , index.php?guestbook_page=1 , intext:"Sign * Guestbook" , intext:"Sign * Guestbook" intext:"home page" , intext:"Sign * Guestbook" intext:"homepage" , intext:"Sign * Guestbook" intext:"url" , intext:"Sign * Guestbook" intext:"web" , intext:"Sign * Guestbook" intitle:"sign" , intext:"Sign * Guestbook" intitle:"sign" intext:"home page"
Cara pakainya tinggal ketikan salah satu footprint diatas di google, terus akan muncul banyak web yang bisa kamu daftar, aktifkan moz bar kemudian cari website-website yang memiliki domain authority (DA) diatas 20.
 Demikian materi Offpage SEO part 2 "Praktek Link Building" materi selanjutnya  seo part 3 "link power transfer"

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID
Salam Sukses Berkah

Owner ==>> JagoanIM.com <<<===