Jumat, 03 Maret 2017

Teknikal Facebook ads



Teknikal Facebook ads Part 1
teknikel  facebook  ads
Setelah kita mempelajari materi basic yangada di Facebook ads sekarang kita mempelajari materi teknikal, dimateri ini kita tidak akan panjang lebar akan tetapi langsung step by step-nya saja biar materinya lebih mudah dipahami.
Pemirsa / Audiens
Pemirsa atau audiens adalah aset cukup potensial yang bisa kita dapatkan dari facebook, dengan memiliki pemirsa atau audiens kita bisa dengan mudah mencari audiens yang sangat tertarget atau mentargetkan audiens yang benar-benar memiliki ketertarikan dengan website kita bahkan hanya memilih audiens yang jelas-jelas telah menguntungkan.
Ada beberapa hal yang dilakukan terhadap pemirsa atau audiens yang ada di Facebook ini, kita bisa membuat pemirsa khusus berdasarkan traffik website atau pemirsa yang memiliki hubungan dengan bisnis yang kita miliki, kita juga bisa menduplikat pemirsa yang telah kita miliki atau kita bisa mencari dan menyimpan pemirsa baru.
Pemirsa khusus
Pemirsa khusus adalah fasilitas yang disediakan oleh Facebook Untuk menjangkau kembali orang-orang yang memiliki hubungan dengan bisnis yang kita miliki, baik itu sebagai pelanggan atau orang yang sudah berinteraksi dengan bisnis yang kita miliki.

Di menu pemirsa khusus ini kita bisa memilih beberapa pilihan diantaranya kita bisa mengupload file dari audiens yang telah kita miliki baik itu berupa id Facebook, nomor telepon, email dan yang lainnya.

Data-data Audiens atau pemirsa ini bisa kita dapatkan dengan tool-tool atau software yang bisa men-scrape data-data yang dimiliki oleh pengguna Facebook, contoh tools atau software-nya adalah http://facebookidscraper.com, atau kita bisa searching di Google dengan keyword "facebook uid scraper tool".
Menu lainnya adalah lalu lintas situs web yaitu kita membuat daftar orang-orang yang mengunjungi situs web yang kita miliki, baik itu situs web secara keseluruhan ataupun halaman situs tertentu saja.

Misalnya kita inginkan mentarget orang-orang yang telah mengunjungi situs web kita, baik itu dengan tujuan untuk mengenalkan lebih jauh tentang layanan bisnis yang kita miliki atau kita ingin mengingatkan kembali orang-orang yang telah mengunjungi situs web kita akan tetapi belum melakukan pembelian.
Caranya:
Di menu buat pemirsa kita pilih “siapa saja yang mengunjungi situs web anda”, masukan nama domain / websitenya, isikan selama 180 hari, ceklist “Termasuk lalu lintas situs web” , masukan nama pemirsa tersebut biasanya berupa nama domain biar mudah dikenali… lalu klik buat pemirsa

Tujuan lainnya adalah kita bisa mentarget orang-orang yang telah mengunjungi halaman web tertentu saja misalnya halaman konfirmasi pembayaran, kenapa demikian Hal ini dilakukan agar kita hanya mentarget orang-orang yang telah melakukan pembelian saja.
Di menu buat pemirsa kita pilih “Orang yang mengunjungi halaman web khusus”, masukan url halaman websitenya, isikan selama 180 hari, ceklist “Termasuk lalu lintas situs web” , masukan nama pemirsa tersebut biasanya berupa nama url domain biar mudah dikenali… lalu klik buat pemirsa

Kalau situs web kita belum dimasukan kode pixel maka kita harus menambahkan kode pixel yang diberikan ke situs web yang kita jadikan target tersebut, prosesnya sama dengan saat kita menambahkan kode google webmaster tool yaitu simpan dibagian header website kita.
Caranya:
Checklis nama audiens atau pemirsa, klik tindakan, klik lihat pixel,

lalu salin kode pixel,
Dan paste di website yang menjadi tujuan dari audiens tersebut, taruh di bagian header diatas </header>, prosesnya sama seperti ketika kita menaruh kode google search console..

Setelah web kita memiliki traffic maka pemirsa yang kita buat ini perlahan-lahan akan bertambah dan setelah jumlah pemirsa lebih dari 20 maka kita bisa mentarget pemirsa tersebut didalam iklan kita atau kita bisa menduplikatenya.

Untuk menu lainnya Saya kira tidak terlalu bermanfaat jadi apabila kalian ingin mempelajarinya silahkan pelajari sendiri.
Pemirsa Serupa
Dengan fitur "pemirsa serupa" kita bisa menemukan orang baru di Facebook yang sama atau serupa dengan pemirsa yang telah kita miliki misalnya pemirsa yang mengunjungi situs web kita atau orang-orang yang me-like halaman facebook kita.

Jadi kita bisa dengan mudah menduplicate pemirsa-pemirsa tersebut sehingga kita bisa menemukan audiens atau target market baru yang bisa kita tawarkan produk atau jasa yang sedang kita promosikan.

Simpan Pemirsa / Buat Pemirsa Tersimpan
Di menu ini kita bisa mencari audiens atau target market yang akan kita gunakan di dalam iklan yang akan kita miliki, jadi sebelum kita membuat iklan sebaiknya kita pelajari dahulu audiens atau target market yang cocok dengan produk atau jasa yang akan kita promosikan.
Setelah kita menemukan target market atau audiens yang dianggap cocok dengan produk atau jasa yang akan kita promosikan kita bisa menyimpan audiens atau target market tersebut untuk dijadikan target market atau audiens untuk iklan yang akan kita buat selanjutnya.
Create New Conversion
Agar kita mengetahui dengan cepat efektifitas iklan yang kita jalankan maka kita sebaiknya membuat sebuah custom conversion yang dibuat untuk melihat seberapa banyak orang yang mengunjungi halaman website tertentu yang bisa kita lihat di menu pelaporan iklan.
Misalnya kita ingin melihat seberapa banyak orang yang mengunjungi halaman website konfirmasi pembayaran yang berasal dari iklan yang kita jalankan agar disaat kita melihat laporan iklan kita bisa langsung mengetahuinya.
Caranya:
Di menu iklan kita klik konversi khusus,

Klik Buat Percakapan Khusus, Msukan Url yang akan di tracking.. Klik Selanjutnya..

Masukan Nama Konversi Tersebut, misal “konfirmasi pembayaran”, klik buat…

Setelah itu konversi khusus telah selesai dibuat..
Cara melihat di pelaporan iklan:
Di menu iklan klik pelaporan iklan,

Klik campaign yang ingin kita lihat laporannya,
Kemudian klik kolom, klik sesuaikan kolom…
Kemudian klik situs web, klik konversi yang telah kita buat.. Klik terapkan..

Kemudian konversi yang telah kita buat tadi akan ada di kolom pelaporan iklan yang kita jalankan…

Ads Structure
Struktur ads di facebook tidak terlalu sulit untuk difahami, terdiri dari 3 bagian besar yaitu campaign / kampanye, ads sets / Set iklan dan iklan. Ketiga struktur iklan ini harus kita fahami agar kita bisa lebih mudah dalam membuat iklan terutama disaat melakukan testing.

Berikut Rinciannya:
Campaign atau kampanye
Campaign atau kampanye adalah tujuan utama dari kita beriklan, misalnya kita ingin traffic website kita meningkat atau ingin menambah like fans page kita dll. Ada banyak tujuan yang bisa kita pilih namun untuk diawal kita cukup memilih salah staunya saja.

Ads Sets / Set iklan
Dibagian ads sets atau set iklan ini kita bisa mengatur Halaman facebook mana yang ingin dipakai buat iklan, memilih pemirsa atau target market buat kita beriklan, memilih penempatan iklan dan menetapkan anggaran buat iklan tersebut.

Kalau kita melakukan testing iklan untuk mencari target market atau audiens yang paling profitable maka kita akan sering melakukan edit di bagian set iklan ini.
Materi Iklan
Dibagian iklan ini kita bisa mengedit materi iklan yang kita jalankan, misalnya kita mengedit title atau deskripsi iklan dan bisa juga mengedit gambar iklan yang menarik agar iklan kita mendapatkan perhatian yang banyak dari audiens atau target market yang kita pilih. Menyiapkan gambar iklan yang menarik sangat penting untuk dilakukan.
Metode Pembayaran
Metode pembayaran yang bisa dilakukan untuk membayar iklan di facebook bisa menggunakan kartu kredit, paypal, kartu debit verivied by visa atau bisa menggunakan transfer antar bank. Untuk kartu debit verivied by visa, bank yang bisa digunakan setahu saya adalah mandiri dan permata, penggunaannya sama dengan kartu kredit namun kartu debit ini harus diaktifkan dulu verified by visa-nya melalui teller dari bank yang bersangkutan.

Menurut saya metode pembayaran melalui kartu kredit lebih mudah dan simple Karena semuanya dilakukan otomatis tanpa harus ribet melakukan transfer, jadi saya sarankan untuk anda menggunakan kartu kredit saja, apabila belum memiliki kartu kredit saya sarankan untuk membuatnya segera.
Untuk step-step pengaturan metode pembayaran cukup mudah, klik tanda panah di sebelah kanan atas, kemudian pilih menu pengaturan..

Klik menu pembayaran di sebelah kiri bawah..

Klik menu pengaturan di tengah atas, kemudian klik tambah metode pembayaran..

Kemudian masukan data-data yang diminta, apabila muncul pembayaran transfer bank maka akun anda berarti bisa menggunakan metode pembayaran transfer bank, apabila tidak ada berarti anda hanya bisa menggunakan kartu kredit..
Atau bisa juga memilih metode pembayaran melalui alat pengelola iklan facebook yang kita miliki..
Caranya, klik menu alat, klik metode penagihan dan pembayaran..
Kemudian klik tambahkan metode pembayaran dan isi data-data yang diminta…
Setelah metode pembayaran tersimpan maka anda bisa segera menjalankan iklan facebook tersebut.

Demikian materi tentang "Teknikal Facebook ads" PArt 1 Yang Bisa Pelajari... Dengan memahami materi tersebut, bisa mengenal Facebook ADS Lebih dalam..materi selanjutnya akan belajar materi tentang Materi Tentang "Teknikal Facebook ads" Part 2 ...
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh… JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim 
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID
Salam Sukses Berkah

Owner ==>> JagoanIM.com  <<<===