Kamis, 30 Maret 2017

Google Email dan Cara Membuat Gmail



Google  Email dan  Cara Membuat Gmail (surel)  serta manfaat dan kekurangannya

Cara membuat Google Email atau Gmail
Pada posting kali ini saya akan share cara membuat email dalam bahasa indonesianya Surel (surat elektronik)  khususnya gmail, sedangkan  Email Yahoo dan Hotmail kita tidak akan bahas. 

Gmail  umumnya para pengguna internet sudah sangat sangat mengenalnya bahkan memilikinya namun walau demikian bagi mereka yang baru kenal dan belum memiliknya tentu postingan ini dapat sedikit membantu dalam mendapatkan informasi cara membuat Email gmail ini.

Membuat Email Gmail

Gmail (Google email)  memang menjadi layanan email primadona untuk saat ini, mengalahkan layanan-layanan email yang lainnya karena , gmail adalah layanan email terbesar di dunia. Tentu saja ada banyak kelebihan yang membuat gmail ini menjadi favorit banyak orang, diantaranya :

1.Gmail itu Simple, dari segi tampilan dan fungsionalitas gmail itu simple supaya mudah dipakai siapapun.

2.Otomatis Penyaringan Email, kita menggunakan email untuk banyak keperluan. Misalkan untuk sosial media, tentu saja tiap hari ada email pemberitahuan dari sosmed. Nah, dengan gmail email dari sosmed ini otomatis masuk ke folder sosial. Begitu juga promo-promo dari toko online, maka masuk di folder promosi.

3.Fungsi Label dan Star, nah dengan fitur ini kita bisa menandai email penting. Sehingga jika ingin membuka email lagi kita tinggal membuka menu starred saja.

4.Integrasi dengan Google Drive, kadang kala kita harus melampirkan file dengan ukuran besar. Nah, dengan gmail kita bisa menggunakan fitur google drive yang dapat melampirkan file hingga 10GB!

5.Integrasi dengan Semua Layanan Google, one for all & all for one. Mungkin prinsip ini yang dipakai google. Dengan gmail kita bisa menggunakan layanan google seperti Android, Youtube, Google Keep, Google Drive, dll.

Sedangkan Kekurangan Email Google (Google Mail)
Kelemahan yang dimiliki Gmail tidaklah terlalu berdampak serius bagi user biasa seperti kita ini. Secara keseluruhan layanan gmail cukup baik dan sangat membantu.

Berikut ini beberapa kekurangan dari gmail :

1.Email for Ads, tidak bisa dipungkiri google hidup karena iklan. Karena itulah google membuat kebijakan baru yang memperbolehkan google untuk menscan isi email pengguna untuk menampilkan iklan yang cocok dengan isi email tersebut.

2.Mengapus email agak ribet, meskipun secara keseluruhan gmail itu simple. Tapi, ketika kita harus menghapus email maka kita harus mengklik (centang) email tersebut lalu klik icon delete. Tidak seperti yahoo ketika kita sorot ke email maka ada icon delete.

3.Tampilan Terlalu Simple, ini mungkin berlaku bagi orang yang tidak terlalu suka desain yang simple. Untuk mengkustom sesuai selera memang agak susah di gmail.

Cara Membuat Email Gratis di Gmail (Google Mail)

Langsung  saja berikut cara membuat elektronik mail di google :

1. Ketik dihalaman  pencarian “Gmail singup” seperti gambar berikut :

Ketik di pencarian atas A atau dibawah B salah satu saja


2. Kemudian setelah tampil seperti gambar diaatas Pilih  dan   klik “Create your oogle Account”  no 2  maka setelah di klik akan tampil

Pengisian data dalam bahasa inggris

3. Bila anda merasa nyaman dengan  bahasa ingris silahkan isi data tersebut namun jika anda ingin merubahnya kedalam bahasa Indonesia anda arahkan kepada pilihan bahasa dengan meng scrollock atau menaikan layar dengan menekan tanda panah kebawah hingga terlihat seperti gambar berikut 

Ganti bahasa pengguna

Maka setelah diklik bahasa indonesia no 2 data isian tadi akan berubah menggunakan bahasa Indonesia seperti berikut ini kemudian isi dan lengkapi

 
Data isian Account gmail

4. Silahkkan isi data kamu pada kolom yang sudah di sediakan

1. Nama    :  isi dengan nama lengkap Anda, nama depan dan nama belakang
2. Pilih nama pengguna Anda :  isi dengan alamat email yang Anda inginkan

Dengan ketentuan (support.google.com) Anda tidak akan bisa mendapatkan alamat Gmail tertentu jika:
  • Nama pengguna persis seperti yang Anda minta sudah digunakan.
  • Nama pengguna yang Anda minta sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada. Sebagai contoh, jika contoh@gmail.com sudah ada, Anda tidak dapat menggunakan contoh@gmail.com.
  • Nama pengguna telah digunakan oleh seseorang di masa lalu, dan mereka menghapus akun tersebut.
  • Nama pengguna yang Anda inginkan tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan.

3, Buat sandi (password) : isi dengan sandi yang tidak mudah ditebak, tapi mudah Anda ingat Misalnya : Gmailku12

4. Konfirmasi sandi Anda: ulangi memasukkan sandi Anda sebelumnya
5. Tanggal lahir:  isi dengan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran Anda
6. Gender      : pilih yang sesuai dengan jenis kelamin Anda
7. Ponsel  : isi dengan nomor HP Anda untuk keamanan
8. Alamat email saat ini : kosongkan saja

Buktikan bahwa Anda bukan robot: isi dengan kode yang muncul pada kolom kotak (angka/huruf)

9. Lokasi: isi sesuai dengan negara tempat Anda tinggal
Centang kolom menyetujui persyaratan dan kebijakan dari Google

Klik tombol “Langkah berikutnya”

5. Dan akhirnya email andapun berhasil dibuat seperti gambar dibawah
 
Sukses Membuat Gmail

Selamat Email Sudah Jadi lalu Klik “Lanjutkan ke Gmail” untuk masuk ke halaman email anda.Dan inilah tampilan halaman email Gmail yang baru anda buat.




Halaman Awal Gmail
Nah, itu tadi adalah tutorial membuat email di gmail. Langkahnya mudah sekali bukan,  Gratis pula dan dapat anda manfaatkan untuk berbagai  keperluan
Demikian semoga bermanfaat


sumber:
 (rocket manajemen.com)