Kamis, 30 Maret 2017

Arti dan Manfaat email atau Surel



Apakah Arti dan Manfaat email atau Surel itu?

Email atau Surel arti dan manfaatnya
Pada posting kali ini saya akan share pengertian dan manfaat email atau surel, Email adalah kependekan dari electronic mail sedangkan  dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik atau Surel  

Namanya  juga surat elektronik jadi fungsi utama email yaitu untuk mengirim dan menerima surat dalam digital . Kalau dulu kita saling kirim surat harus lewat kantor pos, membutuhkan waktu yang cukup lama dan memerlukan biaya yang tidak sedikit maka kini dengan email kita bisa ngirim gratis, dimanapun dan kapanpun.

Email ditemukan sekitar tahun 1960an, tetapi baru 20 tahun setelahnya email sudah bisa digunakan secara umum.Penetrasi penggunaan email semakin meningkat setelah terciptanya sebuah jaringan yang bernama internet. 

Dulu penggunaan internet juga masih sangat terbatas hanya di instansi pemerintahan atau militer saja. Penggunaan email mulai meningkat drastis di awal tahun 90an, dimana sudah mulai banyak perusahaan-perusahaan baru muncul yang menyediakan layanan email gratis. Pada waktu itu yang populer adalah AOL dan Yahoo!

Manfaat email atau surel secara Umum

Email  memiliki banyak  manfaat, dengan email jarak dan waktu itu bukan lagi menjadi masalah. berikut manfaat memiliki email :

1. Menembus Ruang dan Waktu

Dengan menggunakan email kita tidak perlu mikir lagi jika si penerima email kita ada di belahan bumi yang lain.Meskipun ada di kutub selatan, dan teman di kutub utara itu sudah tak jadi masalah. Kita bisa mengirim email, dan email itu bisa sampai ke tempat teman dalam hitungan menit saja. Bahkan kalau koneksi internetnya bagus dalam hitungan detik sudah sampai.

2. Mudah Digunakan dan Tidak Ribet!

Selain cepat, penggunaan email juga sangatlah mudah. Mudah disini mulai dari proses pembuatan hingga proses penggunaanya juga sangatlah mudah.Dengan email kita tinggal mengetik dengan komputer kita menggunakan software web browser seperti mozilla firefox, google chrome, atau yang lain.

3. Murah kalau tidak disebut Gratis

Kalau berkirim surat secara tradisional kita perlu beli kertas, tinta dan juga perangko. Kalau menggunakan email kita tidak perlu keluar beaya apapun! hanya perlu seperangkat PC/Laptop beserta koneksi internet yang perlu pulsa.

4. Bisa kirim foto, video, file, dll.

Kelebihan email bisa mengirim foto, video atau mengirim apapun dengan aman.Tentu saja ada limit (batasan) untuk ukuran setiap file, jika masih kecil dibawah 20MB masih bisa. Kalau lebih dari itu kita bisa menggunakan layanan cloud seperti dropbox ataupun google drive.

5. Bisa kirim ke banyak alamat

kita bisa mengirim 1 email ke banyak orang, inilah kelebihannya. Jadi kita tidak perlu membuat email yang banyak, tinggal setting saja pengirimnya ke beberapa alamat email sekaligus. Tapi, jangan terlalu banyak dalam satu waktu. karena itu bisa dikira kita spamming.

Kekurangan Email

Tidak ada ciptaan manusia yang sempurna dibalik kelebiahan mesti ada kekurangan demikian pula dengan menggunakan Email, Selain kelebihannya yang banyak, email juga memiliki kekurangan. Tapi, kekurangan ini tidak terlalu berdampak buruk untuk penggunaan biasa seperti kita ini.. Adapun kekurangan email adalah sebagai berikut :

1. Harus Selalu Konek Internet

Tanpa  adanya koneksi internet email tidak bisa diakses. Ini salah satu kelemahannya. Apalagi jika koneksi kita jelek, akan sangat sulit sekali untuk membuka email saja. Karena itulah, diperlukan internet yang cukup untuk mengakses sebuah email. Normalnya, kita membutuhkan koneksi setidaknya 100kbps untuk lancar mengakses email.

2. Data bisa dipalsukan atau Data ganda

Ingat, pengguna internet itu ada banyak begitupun juga pengguna email. Karena itulah besar kemungkinan data kita dipalsukan.Tentu saja itu akan sangat merugikan kamu, karena itulah pastikan teman-teman kamu tahu alamat aslli email kamu untuk menghindari hal-hal tersebut.

3. Salah ketik alamat email akan gagal dikirim

Tidak mungkin 1 alamat email itu dimiliki 2 orang. Karena itulah jika kamu kirim email ke alamat  adikamu@gmail.com tapi salah ketik menjadi allikamu@gmail.com,  email itu tidak akan terkirim! Beda kalau kita salah tulis alamat di surat. Meskipun salah dikit tapi pak pos masih bisa tanya-tanya disekitaran alamat tersebut.

4. Dapat Menjadi Target SPAM

Ini berkaitan dengan kekurangan nomor 2, jika alamat email kita sudah tersebar maka kemungkinan untuk dikirim email spam itu sangat tinggi! Email SPAM itu apa? Email spam bisa dikatakan sebagai email sampah, penipuan. Kalau di SMS kita mengenal “mama minta pulsa”, “kejutan hadiah”. Nah Email SPAM ya mirip-mirip seperti itulah.

Demikian semoga manfaat.

Selanjutnya klik  Caramembuat Email Gmail .



sumber :