Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
kita lanjutkan belajarnya yah,
Sekarang kita belajar "Tahapan-tahapan Umum di dalam Internet Marketing"
Sekarang kita belajar "Tahapan-tahapan Umum di dalam Internet Marketing"
Tahapan-tahapan internet marketing
dipelajari agar bisa memudahkan kita ketika menentukan rencana atau strategi
yang harus kita persiapkan ketika memulai internet marketing, apapun itu model
bisnis atau sumber penghasilannya.
Tentu ini tidak mutlak harus
diikuti, akan tetapi ini sebagai gambaran secara umum agar pembaca khususnya
yang baru memulai di dunia internet marketing tidak terlalu bingung harus
memulai dari mana, sehingga strategi yang disusun atau direncanakan bisa
tertata baik.
Dengan mengetahui tahapan-tahapan di
dunia internet marketing kita juga menjadi lebih fokus dalam menjalaninya,
termasuk ketika kita mempelajari materi pembelajarannya kita bisa tahu apa dulu
yang harus dipelajari dan dipraktekan yang membuat evaluasi lebih mudah
dilakukan.
Yaps.. berikut ini tahapan-tahapan
di dalam internet marketing yang sudah umum dilakukan oleh pelaku internet
marketing:
Menentukan Sumber Penghasilan /
Model Bisnis
Yang pertama harus kita lakukan
ketika terjun ke dunia internet marketing adalah kita harus menentukan terlebih
dahulu sumber penghasilan atau model bisnis apa yang akan kita jalani, dengan
memilih sumber penghasilan ini kita menjadi lebih mudah untuk mentukan strategi
yang akan kita pilih di tahap selanjutnya.
Karena secara umum strategi setiap
model bisnis itu berbeda-beda, semua bergantung pada karakter model bisnis itu
sendiri terutama bergantung pada target market atau audiens yang akan dipilih
atau dijangkau.
Menentukan sumber panghasilan atau
model bisnis sebaiknya bergantung pada potensi diri sendiri atau potensi yang
ada disekitar kita, misalnya bila di sekitar kita banyak orang yang membuat
kaos, maka kita bisa ikut menjualnya atau bila kita memiliki kemampuan untuk
membuat design maka kita bisa buka jasa design.
Kreatif dan rajin melakukan riset
adalah salah satu kunci untuk kita agar kita bisa mendapatkan potensi yang
besar baik dari diri sendiri atau lingkungan sekitar yang mungkin potensi
tersebut memiliki market yang cukup besar.
Sesuaikan juga dengan karakter diri
sendiri, jadi banyak diantara kita yang memiliki karakter malas mengatur
sesuatu hal yang berbau penjualan atau distribusi barang, maka sebaiknya kita
bisa memilih model bisnis yang sesuai dengan karakter tersebut misalnya dengan
mejadi seorang affiliate, publisher iklan atau membuka jasa.
Perlu diingat bahwa, apapun model bisnisnya
pada dasarnya memiliki potensi yang sama besar, tinggal bagimana kita menjalani
model bisnis tersebut, jadi cukup memilih satu model bisnis saja, hindari
memilih banyak model bisnis sekaligus karena bisa menyebabkan gagal fokus.
Menentukan Niche
Niche atau sering disebut juga pasar
ceruk adalah topik atau bahasan dimana kita bisa menemukan prospek yang
potensial untuk dijadikan sasaran dari model bisnis yang akan kita jalankan,
tidak semua niche itu profitable jadi kita harus selektif dalam memilih niche
tersebut.
Tidak semua niche juga sesuai atau
cocok dengan produk yang kita promosikan, misalnya apabila kita memilih menjual
produk seputar sepakbola, maka niche yang cocok untuk produk ini adalah niche
sepak bola, kalau kita paksakan kepada niche basket maka hasilnya tidak akan
maksimal.
Pembagian Niche
Berdasarkan waktunya niche terbagi
menjadi 2 yaitu lifetime niche dan seasonal niche, lifetime niche yaitu niche
yang berlaku dalam waktu yang lama sedangkan seasonal niche yaitu niche yang
berlaku hanya beberapa waktu saja atau di musim-musim tertentu saja.
Contoh
lifetime niche: olahraga, kesehatan, makanan dll
Contoh seasonal niche: idul fitri, idul adha, tahun baru dll
Contoh seasonal niche: idul fitri, idul adha, tahun baru dll
Biasanya pelaku internet marketing
sebelum menentukan niche harus terlebih dahulu melakukan riset untuk mengetahui
seberapa besar peluang yang bisa kita ambil, caranya bisa dengan menggunakan
social media ataupun menggunakan search engine.
Strategi Memilih Niche
Dalam memilih niche kita harus
berhati-hati karena seperti yang saya jelaskan sebelumnya tidak semua niche itu
profitable, baik digunakan untuk menjual produk, jasa ataupun digunakan untuk
membuka jasa periklanan, karena tidak semua niche memiliki buyer atau pembeli
yang loyal.
Beberapa strategi yang bisa kita
lakukan ketika hendak memilih niche:
Memilih niche yang sesuai dengan
produk yang kita promosikan
Apabila kita seorang produsen atau
seorang produk owner kita harus meriset niche apa yang sesuai dengan produk
kita, ini dilakukan agar promosi yang kita lakukan lebih tertarget dan lebih
maksimal.
Memilih niche yang kita kenal
Ini biasanya dilakukan apabila kita tidak memiliki produk sendiri tetapi kita
ingin memasarkan produk orang lain, maka sebaiknya kita mengenali dahulu niche
yang dibidik agar saat kita melakukan promosi kita bisa memiliki hubungan yang
lebih dekat dengan calon pembeli kita.
Memilih niche yang profitable
Agar promosi yang kita lakukan tidak sia-sia, maka kita bukan hanya memilih
niche yang sesuai dengan produk kita, akan tetapi kita juga harus memilih niche
yang memiliki banyak buyer atau orang-orang yang memiliki daya beli yang
tinggi.
Karena ada beberapa niche yang tidak
memiliki banyak buyer atau orang-orang di niche tersebut sukanya hanya gratisan
sama sekali tidak memiliki keinginan untuk membeli kalaupun ada jumlahnya
sedikit, misalnya niche music, kata-kata bijak, humor dll
Memilih niche yang spesifik
Memilih niche yang umum bisa membuat kompetisi menjadi lebih sulit, karena semakin umum suatu niche maka semakin banyak pula pengiklan atau pemilik produk yang menjual di niche tersebut.
Memilih niche yang umum bisa membuat kompetisi menjadi lebih sulit, karena semakin umum suatu niche maka semakin banyak pula pengiklan atau pemilik produk yang menjual di niche tersebut.
Misalnya apabila kita mentarget
niche sepakbola maka niche ini terlalu umum, alangkah baiknya kita mentarget
secara lebih spesifik lagi misalnya kita mentarget fans real madrid, fans
Liverpool dll, jadi produk yang dipromosikannya lebih spesifik dan lebih fokus
pula promosi yang kita lakukan.
Kesalahan dalam memilih niche
Sudah saya jelaskan bahwa dalam
memilih niche kita harus berhati-hati karena apabila kita salah memilih niche
maka kita akan mengalami kesulitan didalam melakukan promosi atau didalam
menghasilkan keuntungan.
Agar kita tidak salah memilih niche
maka berikut kesalahan-kesalahan didalam memilih niche yang sebaiknya kita
hindari:
Memiliki pengetahuan yang minim di
niche tersebut
Apabila kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup di niche yang kita pilih, maka kita akan kesulitan menemukan bahan atau materi untuk berpromosi, ini bisa merugikan kita sehingga promosi yang kita lakukan tidak mendapatkan respon dari audiens di niche tersebut.
Apabila kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup di niche yang kita pilih, maka kita akan kesulitan menemukan bahan atau materi untuk berpromosi, ini bisa merugikan kita sehingga promosi yang kita lakukan tidak mendapatkan respon dari audiens di niche tersebut.
Atau bisa juga akibat ketidaktahuan
kita terhadap niche yang dibidik, bisa menyebabkan kita salah dalam
mempromosikan produk, maksudnya kita tidak mengetahui produk apa yang
sebenarnya sedang dibutuhkan oleh niche tersebut.
Memilih niche yang sedikit memiliki
buyer
Ketika kita memilih niche yang tidak memiliki atau memiliki sedikit buyer kita kemungkinan akan kesulitan didalam melakukan penjualan, hal ini bahkan bisa membuat kerugian buat kita karena promosi yang kita lakukan menjadi sia-sia.
Ketika kita memilih niche yang tidak memiliki atau memiliki sedikit buyer kita kemungkinan akan kesulitan didalam melakukan penjualan, hal ini bahkan bisa membuat kerugian buat kita karena promosi yang kita lakukan menjadi sia-sia.
Niche yang tidak memiliki atau memiliki
sedikit buyer biasanya berupa niche pembajakan, niche anak-anak alay, niche
anak dibawah umur dll.
Memilih niche yang terlalu umum
Memilih niche yang terlalu umum membuat kita tidak fokus,
baik itu dalam menentukan materi iklan atau menentukan produk yang dipromosikan apalagi kalau modal kita minimal hal ini jelas memberatkan.
Memilih niche yang terlalu umum membuat kita tidak fokus,
baik itu dalam menentukan materi iklan atau menentukan produk yang dipromosikan apalagi kalau modal kita minimal hal ini jelas memberatkan.
Begitupula branding yang kita
lakukan juga semakin melebar yaitu orang menjadi kesulitan mengenal siapa kita
atau apa kelebihan kita,, hal ini membuat brand atau produk kita kesulitan
mendapatkan tempat di hati pengunjung.
Kalaupun bisa, branding untuk niche
yang umum membutuhkan modal yang lebih besar atau waktu yang lebih lama
dibanding niche yang lebih spesifik.
Contohnya:
Niche umum: olahraga, pakaian, buku-buku
Niche spesifik: sepakbola, busana muslim, buku-buku islam
Niche umum: olahraga, pakaian, buku-buku
Niche spesifik: sepakbola, busana muslim, buku-buku islam
Memilih produk yang tepat
Jika anda telah memilih niche yang
profitable maka langkah selanjutnya adalah memilih produk yang tepat untuk
niche tersebut, karena tidak semua produk cocok atau tepat dengan niche
tersebut, kita bisa mempromosikan produk yang sedang dibutuhkan oleh
orang-orang di niche tersebut.
Dalam memilih produk ini saya
rekomendasikan untuk memilih produk menengah keatas agar komisi atau keuntungan
yang kita dapatkan menjadi lebih besar, karena pada dasarnya produk mahal
sekalipun bisa laku asalkan kita menemukan audiens atau target market yang
tepat.
Misalnya ketika kita memilih untuk
mempromosikan cashing hp untuk niche selular atau mobile, maka kita bisa
menjual produk cashing hp untuk merek apple, karena biasanya pemilik produk ini
memiliki kondisi keuangan yang lebih baik dibanding pemilik handphone lainnya,
sehingga kita bisa menjual dengan harga yang lebih mahal dengan keuntungan yang
lebih besar.
Jangan lupa untuk menyiapkan produk
pelengkap dari produk utama yang kita jual, agar keuntungan yang didapat
menjadi lebih besar, misalnya apabila kita menjual cashing hp maka kita juga
bisa menjual gantungan atau sarung hp tersebut.
Memilih sumber traffic
Sumber traffic adalah salah satu
faktor penting didalam internet marketing, karena sumber traffic inilah yang
secara nyata akan menjadi sumber income kita apapun model bisnis yang kita
pilih.
Ketika kita bisa menguasai minimal
satu saja sumber traffic, baik paid traffic atau free traffic maka ini adalah
sebuah basic yang sangat besar untuk sukses atau bertahan di dunia internet
marketing. Karena mengusai sumber traffic adalah hal yang paling sulit didalam
internet marketing.
Seumber Traffic juga tidak selalu
cocok dengan semua niche, misalnya free traffic biasanya lebih cocok untuk
niche-niche yang lifetime atau sepanjang waktu dan
paid traffic bisanya lebih cocok niche-niche musiman dll.
paid traffic bisanya lebih cocok niche-niche musiman dll.
Begitupula kecocokan antara sumber
traffic dengan model bisnis atau sumber penghasilan,
model bisnis yang kita lakukan secara part time lebih cocok dilakukan dengan paid traffic dan model bisnis yang kita lakukan secara fulltime cocok dilakukan dengan free traffic atau kombinasi antar keduanya.
model bisnis yang kita lakukan secara part time lebih cocok dilakukan dengan paid traffic dan model bisnis yang kita lakukan secara fulltime cocok dilakukan dengan free traffic atau kombinasi antar keduanya.
Demikian Tahapan-tahapan Umum di
dalam Internet Marketing, Saya yakin sekarang Pak salahuddin sudah
memiliki gambaran secara umum seputar internet marketing..
Dimateri selanjutnya Pak salahuddin akan belajar materi tentang "Kesalahan-Kesalahan dalam memulai Internet Marketing"
Pastikan untuk
mempelajarinya...
Agar tidak melakukan kesalahan didalam melakukan Internet Marketing..
Agar tidak melakukan kesalahan didalam melakukan Internet Marketing..
Materi Pembelajaran ini
dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com.
" Pembelajaran Internet
Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari
dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan agar bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Salam buat keluarga di rumah..
Sukses Buat kita
Wassalamualaikum warahmatullahi
wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club