Senin, 19 Desember 2016

Konsep Dasar Internet Marketing 2.Sumber traffic



kita lanjutkan materi yang kemarin, yaitu materi mengenai Konsep Dasar InternetMarketing, 
Langsung aja ya

Sumber Traffic
Secara umum sumber traffic dibagi menjdi 2 bagian besar, yaitu free traffic dan paid traffik, masing-masing traffik memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing
yang bisa dijadikan pertimbangan bagi kita yang akan memilihnya.

# Free Traffik
Free traffic adalah traffic yang kita dapatkan secara gratis tanpa membayar uang kepada jasa periklanan tertentu, selain gratis free traffik memiliki keuntungan berupa traffic yang kita dapatkan bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama dibandingkan paid traffik.

Namun free traffic ini memiliki kekurangan diantaranya traffic yang kita bangun membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi kita harus bersabar untuk mendapatkn free traffic ini, beberapa contoh free traffic yang bisa kita manfaatkan diantaranya:

Blogging with SEO
Blog merupakan sumber traffic yang paling banyak dicari oleh para pelaku internet marketer, karena selain mudah membuat blog tidak memerlukan biaya yang banyak dan traffic yang dihasilkan pun tertarget dan tahan lama.
Dengan membuat blog juga membuat usaha yang kita jalani terlihaat semakin professional dan memberikan trust tersendiri bagi orang-orang atau calon pelanggan kita apalagi kalau blog tersebut bermanfaat adan berkualitas.

Ebook sharing
Ebook sharing merupakan sumber traffic yang jarang dilakukan oleh pelaku internet marketing, karena banyak diantara pelaku internet marketing yang tidak memiliki waktu atau malas untuk membuat Ebook.
Padahal sumber traffic jenis ini cukup banyak dan sangat tertarget, caranya kita cukup membuat sebuah ebook yang lumayan bermanfaat dengan terlebih dahulu menyisipkan link ke dalam ebook tersebut yang mengarah ke website penjualan kita.

Kemudian ebook tersebut kita bagikan di group atau komunitas yang sesuai dengan niche atau topik dari ebook tersebut, atau kita juga bisa meng-upload ebook tersebut ke situs-situs sharing atau situs-situs free download.

Forum Traffik
Forum traffik adalah traffic yang didapat secara gratis yang berasal dari forum-forum yang masih memiliki kesesuaian dengan niche atau topik yang kita pilih. Karena banyak sekali forum-forum yang ada di internet yang bisa kita pilih untuk dijadikan sumber traffic.

Caranya adalah kita harus memiliki peranan terlebih dahulu di forum tersebut, kita men-share atau mebagikan sesuatu yang bermanfaat bagi anggota forum baik itu dengan memposting sebuah artikel atau memberikan jawaban atau rekomendasi dari pertanyaan yang diajukan oleh anggota forum.

Ketika kita sudah menjadi pusat perhatian atau setidaknya sudah cukup dikenal oleh anggota forum lainnya, maka kita bisa membagikan rekomendasi-rekomendasi yang ditujukan ke halaman website kita, dimana di website kita tersebut sudah memiliki iklan seputar produk yang kita jual.

Contohnya kita bisa memposting sebuah artikel yang bermanfaat, baik itu menulis sendiri atau me-rewrite artikel orang lain yang berkualitas, kemudian kita menshare link postingan tesebut di forum tadi.
Forum-forum yang cukup popular di Indonesia adalah kaskus, viva forum, warung okezone, ads-id dll .. yang bisa kita buat sebagai sumber traffic karena forum-forum tersebut sudah memiliki traffic yang sangat banyak setiap harinya.

Video Sharing
Video sharing adalah salah satu sumber traffic gratis yang cukup popular saat ini, video sharing bisa menjadi sumber traffic untuk jangka panjang asalkan video tersebut memiliki manfaat dan informasi didalmnya update sesuai perkembangan zaman.

Video sharing juga bisa dilakukan untuk branding diri kita atau perusahan kita, dengan memiliki video yang berkualitas maka orang-orang juga menjadi lebih percaya terhadap kredibilitas dari kita maupun produk yang kita jual.

Tingkat viral atau share yang tinggi juga menjadi kelebihan dari video sharing ini, dimana selama video tersebut menarik dan bermanfaat maka orang-orang tidak sungkan untuk men-sharenya ke teman-teman mereka, bahkan banyak juga orang yang menampilkan video kita tersebut di website mereka dan jelas keuntungan yang besar buat pemilik video tersebut.

Social Media
Social media merupakan traffic yang mudah untuk dilakukan, dimana kita bisa melakukan interaksi dengan sesama pengguna social media lainnya untuk medapatkan trust dan hubungan yang baik.

Kita bisa bergabung di group-group yang masih berhubungan dengan niche yang kita bidik,
kita bisa active di group tersebut untuk mendapatkan interaksi dari pengguna lainnya, dan kita juga bisa mengirimkan permintaan petemanan kepada mereka agar mereka bisa melihat interaksi yang kita lakukan.
Tapi perlu diingat bahwa, jangat terlalu sering melakukan promosi di social media, apalagi terlalu sering membagikan link karena bisa dianggap spam, akan tetapi sekali-kali postinglah beberapa link yang bermanfaat dan sekali-kali juga postinglah link yang mengarah ke halaman website kita.

# Paid Traffic
Paid traffic adalah traffic yang kita dapatkan ketika kita membayar sejumlah uang kepada penyedia jasa periklanan, biaya yang dibayarkan biasanya bisa berdasarkan klik (cpc) atau berdasarkan banyaknya tampilan iklan (cpm).

Jadi untuk paid traffic ini kita hanya akan mendapatkan traffic apabila kita membayar sejumlah uang baru setelah itu web kita akan di berikan traffic oleh jasa periklanan tersebut, proses pembayaran bisa dilakukan dimuka ataupun dilakukan setelah traffic diberikan.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih paid traffic adalah kita harus benar-benar riset terhadap audiens atau calon pengunjung yang kita bidik, jangan sampai biaya yang kita keluarkan menjadi sia-sia karena traffic yang kita pilih tidak tertarget.

Evaluasi juga penting untuk kita lakukan agar kita bisa memilih iklan mana yang efektif dan iklan mana yang kurang efektif, karena secara umum pihak penyedia periklanan menyediakan laporan hasil iklan yang cukup detail dan realtime.
Beberapa contoh paid traffic yang popular digunakan oleh pelaku internet marketing:

PPC ads
Ppc ads (pay per click) adalah program periklanan dimana kta membayar biaya iklan ketika ada orang yang melakukan klik terhadap iklan yang kita tampilkan, ppc ads ini biasanya mentarget visitor berdsarkan keyword-keyword yang dipilih oleh pengiklan.

Didalam melakukan iklan melalui ppc ads kita diharuskan untuk selektif dalam memilih keyword yang kita bidik, karena inilah kunci dasar agar iklan kita lebih tertarget sehingga traffic yang kita bayar tidak sia-sia.
Sebenarnya banyak sekali penyedia layanan pay per click yang ada di internet, tetapi yang saya tahu dan cukup popular terutama bagi orang Indonesia adalah google adwords, 7search, chitika, bidvertiser, kumpul blogger klik saya dll.

Mobile ads
Mobile ads adalah program periklanan yang ditampilkan didalam aplikasi yang diinstal oleh pengguna baik itu pengguna tablet atau handphone. Dimana banyak sekali aplikasi yang diinstal yang bisa kita jadikan sebagai penempatan iklan.

Sebagai contoh, apabila kita membuka sebuah aplikasi baik itu tablet atau handphone maka biasanya kita akan mendapati iklan-iklan yang ditampilkan, baik berupa iklan aplikasi lainnya atau iklan produk lain.
Didalam Mobile ads ini kita bisa mentarget pengguna berdasarkan aplikasi yang diinstalnya, missal apabila kita ingin menjual produk seputar sepakbola, maka kita bisa mentarget pengguna aplikasi yang berhubungan dengan sepakbola.

Kita bisa membuat sendiri aplikasi tersebut dengan menyisipkan iklan didalamnya atau
kita bisa memilih jasa periklanan yang memungkingkan untuk ditampilkan di aplikasi yang dipasang oleh pengguna yang kita target, contoh jasa periklanan ini adalah google admob, Millennial Media, Adfonic, Chartboost, Tapjoy dll.

Social Media ads
Social media ads adalah program periklanan yang ditampilkan di situs-situs social media dimana iklan tipe ini semakin digemari terutama di Indonesia, salah satu sebabnya adalah karena iklan dari social media memiliki tingkat konversi yang cukup tinggi.

Konsep beriklan di social media umumnya mentarget orang-orang berdasarkan suatu minta tertentu, dimana kita bisa membidik seseorang atau komnitas yang sesuai dengan produk yang kita promosikan.
Misalnya kita menjual beberapa produk yang berhubungan dengan sepakbola, maka kita bisa mentarget orang-orang yang memiliki minat atau tertarik terhadap sepakbola,
misalnya kita bisa mentarget komunitas atau fans club tertentu.

Dengan social media kita tidak harus memiliki produk terlebih dahulu, mksudnya kita bisa mencari terlebih dahulu target market yang potensial dan memiliki buyer yang cukup banyak, setelah itu kita bisa mencari produk yang kira-kira diminati oleh target market tersebut.
Contohnya ketika kita mengetahui bahwa banyak sekali interaksi di suatu komunitas fans sepakbola, maka kita bisa membuat produk kaos atau topi seputar club atau fansclub tersebut lalu menjualnya ke komunitas tersebut..  dan teknik seperti ini terbukti efektif untuk membuat konversi penjualan.

Dengan memahami dan mengusai sumber penghasilan dan sumber traffic, kita menjadi banyak pilhan dan banyak strategi ketika akan menjalankan internet marketing, akan tetapi seperti yang telah saya jelaskan bahwa untuk sumber penghasilan kita cukup menguasai salah satu saja, berbeda halnya dengan sumber traffic.. kita boleh menguasai banyak sumber traffic sekaligus, namun tentunya dengan mempelajarinya secara bertahap.

Demikian materi "Konsep Dasar Internet Marketing" yang sebaiknya anda  kuasai...
Dengan memahami materi ini saya harapkan anda bisa lebih mudah menguasai internet marketing..

Selamat belajar …
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internternet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila anda ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..   Saya sangat menyarankan agar anda untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com , Karena disana anda akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..

Materi Selanjutnya anda akan belajar mengenai " Niche dan strategi memilihnya Internet Marketing".

Sampai jumpa di pembelajaran selanjutnya, Salam buat keluarga di rumah..

Sukses Selalu



PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID