Jumat, 03 Februari 2017

Onpage seo



Ini materi "Onpage SEO".
gamabar onpage seo

Onpage SEO adalah adalah teknik atau optimasi yang kita lakukan di dalam website kita agar search engine mudah mengenali topik atau bahasan dari website yang kita buat. Selain itu dengan menerapkan on page SEO website akan mendapatkan poin lebih dimata search engine.
Secara umum onpage SEO dibagi menjadi dua bagian yaitu onpage SEO yang diterapkan secara general di website kita dan Onpage SEO yang diterapkan secara khusus di setiap postingan, kita akan membahas satu persatu.

Onpage SEO Secara General
Teknik onpage SEO pertama ini adalah teknik yang diterapkan di website kita secara keseluruhan, jadi kita akan menerapkan untuk onapge SEO ini di dalam tip-tiap postingan.. Beberapa tekniknya adalah:
Memiliki satu topik
Sebaiknya website yang kita buat hanya memiliki satu topik atau bahasan saja, agar semua postingan-postingan yang ada di dalamnya saling terhubung dan saling menguatkan, website yang memiliki satu topik cenderung lebih baik dibanding website yang memiliki topik campuran.
Navigasi situs yang baik
Memiliki navigasi situs yang baik juga merupakan salah satu hal yang mempengaruhi onpage SEO, navigasi situs yang baik juga bisa mempermudah visitor atau search engine di dalam menjelajahi setiap postingan yang ada di dalam situs web kita.
Navigasi situs yang baik bisa menguatkan postingan-postingan yang ada di dalam web kita, navigasi web yang baik umumnya berupa kategori web, tags dan site map html yang kita tampilkann di halaman homepage.
Internal Link
Internal link bisa membuat situs kita menjadi saling terhubung antara satu postingan dan postingan lainnya Hal ini bisa membuat postingan menjadi saling melengkapi dan bisa mendapatkan nilai lebih dari search engine, sebaiknya hanya melakukan internal link ke halaman-halaman yang relevan.
Kecepatan website
Kecepatan website bisa menambah nilai website di mata seearch engine, semakin cepat loading suatu website maka semakin baik di mata search engine, search engine terutama Google selalu menekankan kecepatan loading website menjadi salah satu prioritas di halaman hasil pencarian terutama buat pencarian mobile.
Mobile friendly
Karena semakin meningkatnya pengguna search engine dari perangkat mobile membuat search engine berusaha menampilkan website-website yang mendukung perangkat mobile, Jadi kalau situs-situs kita mendukung perangkat mobile maka website kita akan kembali mendapatkan poin yang lebih baik.
Update artikel
Agar website kita dianggap selalu ada interaksi dan tidak dianggap sebagai situs yang mati maka sering-seringlah melakukan update artikel secara berkala baik berupa menambah postingan atau memperbaharui postingan-postingan yang sudah ada.

Onpage SEO Secara Khusus Didalam Postingan
Teknik onpage SEO yang kedua ini adalah teknik yang dilakukan di setiap postingan di dalam website kita, hal ini Agar postingan yang kita buat mudah dipahami oleh search engine.. teknik kali ini cukup mudah dilakukan dan cukup memberikan efek yang baik bagi ranking halaman website di pencarian search engine jadi jangan lewatkan teknik on onpage SEO yang kedua ini karena saya yakin semua orang bisa melakukannya.
Berikut teknik-teknik yang bisa Kita lakukan:
keyword di title tag
Title tag merupakan salah satu elemen penting di dalam teknik SEO onpage, karena pintu gerbang menuju halaman website kita adalah title tag. Karena title tag bisa sebagai identitas dari halaman postingan kita untuk memberitahukan isi yang ada di dalamnya baik itu kepada pengunjung web atau kepada search engine.
Keyword di URL
Menaruh keyword di url cukup penting untuk dilakukan, hal ini untuk mempertegas bahwa halaman website Kita Sedang membahas keyword tersebut sehingga search engine memberikan nilai positif bagi halaman website kita.
Keyword di Meta description
Meta deskripsi adalah gambaran singkat dari topik atau bahasan yang ada di halaman website kita, ini cukup penting buat Search engine untuk memahami lebih awal bahasan apa yang ada di halaman website kita .
Meta deskripsi juga menjadi salah satu pertimbangan bagi pengunjung search engine saat melihat hasil pencarian, jadi ketika seseorang melakukan pencarian dan melihat hasil pencariannya tersebut maka orang tersebut akan membaca terlebih dahulu deskripsi dari halaman-halaman web yang ditampilkan oleh search engine.
Keyword di heading
Heading adalah judul atau Sub judul yang ada di dalam artikel, heading di dalam artikel juga untuk memberitahu secara detail arah atau tema artikel yang dibuat, menampilkan KW di heading bisa membuat Search engine lebih memahami artikel atau postingan di halaman web tersebut.
Keyword paragraf pertama
Menaruh keyword di paragraf pertama membuktikan bahwa KW tersebut memiliki kedudukan yang penting di dalam artikel atau membuktikan bahwa keyword tersebut menjadi topik bahasan utama di dlam artikel tersebut, jadi pastikan menaruh KW di paragraf pertama setiap artikel yang anda buat.
keyword di alt gambar
Saya sudah memberitahu bahwa setiap posting anda memiliki 1 gambar, agar halaman web memiliki relevansi antara artikel dan gambar, maka kita berikan keyword di alt gambar atau di deskripsi gambar tersebut ini bisa membuktikan artikel yang kita posting memiliki kesesuaian antara artikel dan gambar yang dibuat.

Relevan external Link
Agar website kita dianggap berkualitas maka halaman-halaman dari Postingan kita sebaiknya memiliki link ke situs-situs besar yang relevan dengan bahasan atau topik dari postingan tersebut, ini juga bisa memberikan informasi yang lebih kepada visitor web kita.
Apabila situs anda berbasis wordpress maka sebaiknya install plugin berikut untuk memudahkan kita dalam melakukan teknik onpage seo: Dagon Design Sitemap Generator, Simple Share Buttons Adder , WPtouch Mobile Plugin (optional), Yoast SEO

Struktur Artikel Untuk SEO
Pada bab lainnya kita telah belajar tentang bagaimana caranya membuat artikel, sekarang kita saatnya belajar membuat artikel dengan struktur yang baik sehingga search engine memberikan point lebih untuk halaman website kita.
Pertama, tentukan dahulu keyword yang akan kita bidik, maksudnya sebelum kita membuat artikel kita menyiapkan terlebih dahulu keyword mana yang dibidik sehingga artikel yang kita bidik benar-benar terfokus membahas keyword tersebut.
Kedua, mencari keyword turunan, keyword turunan ini akan kita gunakan untuk melengkapi artikel utama yang kita bidik agar artikel yang kita buat menjadi lengkap , keyword turunan ini akan kita buat menjadi sub-judul atau sub-bahasan dari artikel utama sehingga dengan cara ini kita bisa merangking di banyak kata kunci sekaligus.
Misalnya:
keyword utama: baju bola
keyword turunan: baju bola murah, tips membeli baju bola, baju bola ori, baju bola kw dll.
Ke tiga, survey artikel competitor, agar proses pemmbuatan artikel menjadi lebih mudah maka kita bisa melihat dahulu artikel sejenis dengan keyword yang kita bidik yang ada di website orang lain, dengan demikian kita bisa lebih mudah didalam pembuatan artikel untuk keyword tersebut, aplagi kalau kita tidak megetahui informasi seputar keyword tersebut.
Setelah itu kita bisa catat informasi-informasi penting yang ada didalamnya untuk kita contek di website kita, tapi bukan berarti kita copy – paste secara penuh, kita tulis ulang informasi tersebut dengan gaya Bahasa kita sendiri agar website kita tetap terlihat unik di mata search engine, contek minimal 5 website kompetitor.
Setelah itu kita buat artikel unik yang berisi banyak informasi didalamnya, untuk diawal-awal biasanya kita menggambarkan keyword secara umum terlebih dahulu, kemudian tulis hal-hal spesifik lainnya yang masih menggambarkan keyword yang dibidik. Kira-kira strukturnya seperti ini:
Judul ( mengandung keyword utama )
-- -- -- --
-- -- -- -- --
-- -- -- -- -- isi artikel
-- -- -- -- --
- - - - - - - - - -
Sub judul ( yang berisi kw turunan )
-- -- -- --
-- -- -- -- --
-- -- -- -- -- isi artikel
-- -- -- -- --
- - - - - - - - - -
Sub judul ( yang berisi kw Turunan )
-- -- -- --
-- -- -- -- --
-- -- -- -- -- isi artikel
-- -- -- -- --
- - - - - - - - - - Dll


Demikian materi "Onpage SEO" Yang bisa di Pelajari,
Dimateri selanjutnya akan belajar materi tentang materi "Offpage SEO"

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID
Salam Sukses Berkah

Owner ==>> JagoanIM.com <<<===

Riset keywords



Belajar Riset Keyword....

Riset keyword adalah proses yang dilakukan untuk mengetahui keyword apa yang banyak diketik orang di search engine yang berhubungan dengan niche atau topik yang kita bidik, 

sehingga kita bisa memilih keyword yang tepat untuk halaman website kita atau bahkan kita bisa memilih produk apa yang tepat yang dibutuhkan oleh banyak orang di niche tersebut.

Gamabar Riset keywords
Dengan melakukan riset keyword kita bisa memilih atau memfilter proses pembuatan konten yang akan kita post di website kita, 

dimana kita hanya membuat konten yang sudah jelas-jelas ada pencarinya sehingga proses pembuatan konten yang kita lakukan tidak sia-sia, 

atau kita juga bisa memilih topik atau bahasan apa yang sesuai dengan produk yang kita promosikan yang membuat orang yang mengunjungi situs web kita 

hanya orang-orang yang kemungkinan memiliki minat dengan produk atau jasa yang kita miliki.

Dengan riset keyword juga bisa membuat teknik seo yang kita lakukan menjadi lebih mudah dan efektif, 

karena kita hanya mentarget keyword-keyword yang memiliki kompetisi rendah.

Beberapa tujuan dari riset keyword diantarnya:

Menemukan ide tulisan untuk artikel
Mencari produk yang dibutuhkan orang
Mencari target market yang profitable
Mencari keyword turunan, dll

Langkah-langkah didalam riset keyword:

Tentukan ide utama yang berhubungan dengan topik dari produk atau jasa yang kita promosikan (minimal 10 buah), 

missal kalau kita menjual baju bola maka ide utamanya sepak bola, football, main bola dll

Temukan halaman website lain yang relevan dengan topik dari produk atau jasa yang kita prmosikan (minimal 10 halaman website), misal halaman-halaman web yang membahas seputar sepak bola..

Masuk ke akun google adwords dengan menggunakan akun gmail anda, https://www.google.com/adwords/

Pilih menu alat kemudian pilih perencana kata kunci,

Klik telusuri kata kunci baru,

Masukan semua ide utama anda di kolom Produk atau layanan Anda,

Pilih penargetan Indonesia (negara yang ditarget), klik dapatkan ide.. tunggu beberapa saat

Unduh semua keyword yang didapat dalam format csv,

Demikian seterusnya sampai semua keyword general yang telah kita siapkan di cek semua..

Kemudian kita cari sumber keyword dari halaman web lain yang sesuai dengan niche kita,

Klik modifikasi penelusuran,

Hapus keyword yang sebelumnya kita cek,
Masukan halaman web yang telah kita siapkan sebelumnya di halaman landas, 

klik dapatkan ide,

Unduh semua keyword yang didapat , Demikian seterusnya sampai semua halaman web yang telah kita siapkan di cek semua..

Kita akan mendapakan banyak sekali keyword, Satukan semua keyword yang telah kita miliki untuk kita cari keyword turunannya,

Sekarang kita mencari keyword turunan
Klik modifikasi penelusuran,

Masukan kira-kira 100 keyword yang sudah kita miliki tadi ke kolom Produk atau layanan Anda, klik dapatkan ide,

Klik filter kata kunci, klik Penelusuran bulanan rata-rata, isikan lebih besar dari 30,

Klik opsi kata kunci, aktifkan fitur “Hanya tampilkan ide yang terkait erat dengan istilah penelusuran saya” klik simpan,

Unduh keyword turunan ini dan lakukan hal yang sama untuk 100 keyword selanjutnya terus sampai keyword yang kita miliki habis..

Setelah selesai maka kita akan mendapatkan banyak keyword dengan pencarian masing2 keyword diatas 30 perbulan.. kita lanjut ke step berikutnya..

Profit keyword filtering

Setelah kita menemukan banyak sekali keyword yang akan kita gunakan untuk ide pembuatan artikel dari situs web kita, 

sekarang kita saatnya melakukan filter terhadap keyword-keyword tersebut dimana kita hanya memilih keyword yang kira-kira bisa menghasilkan penjualan saja, 

misalnya keyword-keyword seperti “jual baju sepak bola”, “baju bola murah”, “baju bola grosir”, “harga baju bola” dll

Caranya, copy-paste semua keyword yang kita miliki ke excel, kemudian sortir keyword tersebut berdasarkan abjad dan kita tinggal pilih keyword mana saja yang ada hubungannya dengan produk atau jasa yang kita promosikan 

dimana orang yang melakukan pencarian terhadap keyword tersebut memiliki kemunginan untuk membeli produk atau jasa yang kita promosikan.. 

simpan keyword-keyword yang cukup profitable dan buang keyword yang kurang profitable..

Contoh keyword yang cukup profitable:

Niche bola: toko online baju bola, menjual baju bola online, baju bola murah online, dll

Niche kesahatan: cara mengobati kanker, cara menyembuhkan diabetes, cara mengobati darah tinggi, dll

Kalo diperhatikan, orang-orang yang mencari keyword tersebut memiliki kemungkinan untuk melakukan pembelian, apalagi kalau produk atau jasa yang kita jual merupakan solusi dari kebutuhan meraka tersebut.

Riset Kompetisi

Riset kompetisi adalah salah satu kunci sukses di dunia seo, dengan memilih kompetisi keyword yang tidak terlalu sulit, 

bisa membuat optimasi yang kita lakukan lebih mudah, efektive dan tidak sia-sia. Kalau kita mengatahui seperti apa kompetisi yang kita hadapi di niche tersebut 

kita bisa menyusun langkah-langkah apa saja yang akan kita lakukan untuk mengoptimasi website tersebut.

Riset kompetis yang saya ajarkan adalah teknik blogging+seo yaitu kita mentarget banyak sekali kata kunci dan mengoptimasinya semua sekaligus dari mulai yang termudah sampai yang tersulit.. 

oleh karena itu teknik ini memiliki tingkat keberhasilan yang cukup tinggi karena kita mentarget banyak kata kunci sekaligus..

Selain itu teknik ini juga bisa membuat kualitas website kita semakin baik dimata search engine, karena kita akan membuat kira-kira 1000 posting artikel didalam website kita, 

belum lagi ditambah dengan postingan produk yang akan kita jual yang akan membuat authority dari website kita semakin tinggi dan semakin dipercaya oleh search engine.

Berbeda halnya ketika kita akan mentarget 1 keyword saja yang memiliki tingkat keberhasilan yang rendah, 

karena teknik mentarget satu keyword hanya mengandalkan pengaruh dari backling yang kita buat saja, 

sedangkan pengaruh dari authority web itu sendiri menjadi minimal karena hanya memiliki konten yang sedikit.

Teknik backlinking merupakan teknik yang paling melelahkan di dunia SEO apalagi untuk pemula yang belum terbiasa melakukannya, 

hal ini salah satu penyebab kegagalan seorang pemula di dunia seo, oleh karena itu kita bisa meminimalisir teknik backlingking yang kita lakukan dengan menambah authority dari website yang kita miliki 

yaitu salah satu caranya dengan memposting banyak artikel, karena membuat artikel jauh lebih mudah dibandingkan melakukan backlingking.

Dengan memiliki banyak konten di dalam satu website secara tidak langsung bisa membuat internal link banyak dengan tingkat relevansi yang tinggi 

karena semua artikel yang ada didalam website kira memiliki bahasan yang hampir sama, dan menambah poin lebih dimata search engine.

Beberapa kriteria dari riset kompetisi yang kita lakuakan:
Jumlah exact match keyword dibawah 15.000,
Jumlah allintitle keyword dibawah 250,
Memiliki saingan yang mudah di halaman page one,

Kriteria diatas adalah yang harus dipenuhi terutama bagi anda yang baru didunia seo agar kecenderungan keyword yang kita bidik memiliki saingan yang mudah, 

selain itu teknik atau cara melakukannyapun bisa dengan mudah dilakukan manual oleh semua orang, tidak perlu menggunakan tool yang aneh-aneh.

Berikut penjelasannya:

Exact match keyword: yaitu dilakukan untuk mengetahui seberapa banyak halaman website yang memiliki kemungkinan membahas keyword tersebut, hal itu ditandai dengan adanya keyword tersebut di dalam artikel pada suatu halaman website.
Semakin sedikit halaman website yang membahas keyword tersebut maka semakin mudah bagi kita untuk merangking di keyword tersebut, 

saya menyarankan untuk memilih keyword dengan yang memiliki nilai exatch match kuang dari 15000. 

Cara mengetahui jumlah exatch match suatu keyword adalah lakukan pencarian keyword yang berisi tanda petik ( “ keyword” ) di halaman pencarian google.
Contoh:

Keyword: cara bermain sepak bola ? maka cara mengeceknya menjadi “cara bermain sepak bola” kemudian lakukan pencarian keyword yang berisi tanda petik tersebut di search engine, 

dan anda akan mendapatkan hasil dari exact match keyword tersebut.

Allintitle: yaitu untuk mengetahui seberapa banyak halaman website yang benar-benar membahas keyword tersebut yang ditandai dengan adanya keyword yang kita cek di title suatu halaman website, 

karena logikanya apabila ada keyword di title suatu halaman website maka kemungkinan halaman website tersebut benar-benar membahas keyword tersebut. 

Cara mengeceknya adalah dengan mengetikan allintile:keyword di halaman pencarian google.

Contoh:
Keyword: cara bermain sepak bola ? maka cara mengeceknya menjadi allintitle:cara bermain sepak bola, kemudian akan keluar hasilnya.

Perbedaan allintitle dengan exact match adalah kalau exact match keyword yang kita hanya sebatas ada didalam artikel saja dan kalau allintitle keyword yang kita cek bukan hanya ada didalam artikel

tetapi ada juga di dalam title jadi kemungkinanannya lebih besar bahwa halaman website itu sedang membahas keyword tersebut.

Analisa page one: yaitu analisa yang kita lakukan di hasil pencarian halaman pertama dari keyword yang akan kita cek, hal ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan dari website-website yang telah memiliki rangking untuk keyword tersebut.
Apabila kita dapati website-website yang telah merangking di kata kunci tersebut memiliki nilai page authority yang tinggi maka kecenderungannya keyword tersebut sulit, 

akan tetapi apabila kita dapati ternyata di hasil penacarian halaman satu untuk keyword tersebut banyak website yang memiliki authority yang rendah maka kecenderungannya keyword tersebut memiliki kompetisi yang mudah.

Cara mengeceknya adalah kita install terlebih dahulu addon mozbar di google chorome yang kita miliki (mozbar bisa di download di https://moz.com/products/pro/seo-toolbar

buat akun di moz terlebih dahulu kemudian login, setelah itu aktifkan fiturnya sampai terlihat sebuah menu ( terletak dibagian atas ) yang berisi data-data authority dari website yang sedang kita buka di google chorome tersebut.


Setelah active maka kita tinggal melakukan pencarian keyword seperti biasa dengan menggunakan search engine google, dan setelah hasil pencarian muncul 

maka hasil pencarian yang dilengkapi dengan data-data authority dari website yang terlisting di hasil pencarian tersebut.

Kriterianya, apabila website-website dari hasil pencarian keyword tersebut ( 10 website) memiliki nilai page authority rata-rata (PA) di bawah 15, 

maka kecenderungannya keyword tersebut mudah, tetapi kalau website-website dari hasil pencarian keyword tersebut memiliki rata-rata page authority (PA) diatas 15 maka kecenderungannya sulit.

Saya sarankan apabila keyword yang sulit tersebut untuk dibuang saja dan dilanjut ke pengecekan keyword selanjutnya sampai kita menemukan keyword yang mudah 

yaitu keyword yang memiliki hasil pencarian page one website-website yang memiliki page authority rata-rata kurang dari 10.

Untuk riset keyword ini kita bisa menggunakan tool-tool berbayar seperti keywordtool.io , Keywordrevealer.com, keyword canin, 

longtail keyword dll yang memudahkan kita dalam melakukan riset keyword sekaligus riset kompetisi dengan mudah dan cepat.

Demikian materi "Riset Keyword" Dengan memahami materi tersebut, kita bisa Melakukan teknik SEO dengan Jauh lebih mudah... 

materi selanjutnya akan belajar materi tentang materi "Onpage SEO" Apa itu "Onpage SEO" ???
Dan Apa Gunanya "Onpage SEO"

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "