Jumat, 23 Desember 2016

Kesalahan-Kesalahan Internet Marketing



Kesalahan-Kesalahan dalam memulai Internet Marketing
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

kita lanjutkan belajarnya yah,
Sekarang kita belajar "Kesalahan-Kesalahan dalam memulai Internet Marketing"
Banyak para pemula yang terjun ke dunia internet marketing melakukan beberapa kesalahan yang membuat mereka tidak bisa berhasil atau gagal di dunia internet marketing, padahal mereka sudah bekerja sangat keras didalam melakukan tahapan-tahapannya termasuk sudah menghabiskan banyak waktu dan uang.

Dan tidak sedikit diantara mereka yang akhirnya menyerah padahal mereka sama sekali belum mendapatkan hasil apa-apa. Hal ini sebenarnya lumrah, karena internet marketing secara umum sama seperti bisnis pada umumnya, yaitu ada yang mengalami kesuksesan dan juga ada yang mengalami kegagalan, akan tetapi kita bisa mempelajari kecenderungannya.

Berikut beberapa kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan seseorang yang baru memulai internet marketing:

Banyak belajar sedikit praktek
Banyak orang atau para pemula di dunia internet marketing yang kerjanya belajar saja atau banyak sekali membeli course akan tetapi tanpa mempraktekan ilmu yang dia pelajari tersebut, padahal sebaik apapun ilmu tersebut kalau tidak dipraktekan maka hasilnya tidak akan maksimal bahkan gagal total.
Apalagi kalau ilmu-ilmu tersebut sampai menyebabkan overload informasi, maka mereka kemungkinan besar tidak mengetahui apa yang harus dilakukannya dikarenakan mereka kebingungan akibat terlalu banyaknya ilmu yang dipelajari.

Rasa Penasaran Yang Terlalu Tinggi
Rasa penasaran memang sifat alami seorang manusia, akan tetapi rasa penasaran yang terlalu tinggi juga bisa menyebabkan kita kehilangan fokus. Segala macam teknik dicoba.. segala macam produk dibeli yang pada akhirnya akan menyebabkan kita tidak fokus didalam menjalaninya.

Percayalah bahwa tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk di dunia internet marketing. Sabaik apapun tekniknya pastilah butuh waktu dan praktek yang cukup lama untuk memahaminya, jadi fokus di dunia internet marketing itu sangat mahal harganya dan fokus merupakan salah satu faktor pembeda antara yang sukses dan yang gagal.

Tidak menganggap sebagai sebuah bisnis yang nyata

Ketika kita menganggap bahwa internet marketing ini adalah hanya sekedar usaha sampingan saja, maka kemungkinan hasilnya tidak akan maksimal bahkan cenderung gagal. Karena sekali lagi saya ingatkan bahwa internet marketing adalah sebuah bisnis yang nyata yang layak untuk diberikan perhatian maksimal.
Artinya semua tahapan yang ada harus direncanakan secara detail serta dilakukan secara bertahap dengan melakukan evaluasi di setiap tahapannya, kemudian memperbaiki apa-apa yang kurangnya dan meningkatkan apa yang telah menjadi kelebihannya, pokoknya sama seperti bisnis pada umumnya.

Tidak Percaya Diri

Ketika kita tidak percaya diri didalam melakukan apapun, maka hasilnya tidak akan maksimal. Kita cenderung tidak mengeluarkan kemampuan terbaik kita, padahal kita bisa melakukan hal tersebut.. Misalnya ketika kita akan melakukan suatu teknik didalam dunia SEO tetapi kita ragu untuk melakukannya, maka kita menjadi tidak tahu apakah teknik tersebut bekerja atau tidak.

Dengan membuang rasa ragu kita dan menumbuhkan rasa percaya diri didalam diri kita,
maka kita menjadi seorang pemberani yang siap melakukan teknik apapun kemudian kita dengan leluasa menilai hasilnya, kalau toh akhirnya gagal, paling tidak kita menjadi tahu bahwa teknik tersebut sudah tidak bekerja dan kita bisa mencari teknik yang baru,
begitulah karakter seorang internet marketer sukses.

Tidak Memiliki Rencana Yang Jelas
Rencana adalah element penting untuk kesuksesan didalam hal apapun, dengan memiliki rencana yang jelas bahkan detail kita bisa menjadi lebih mudah didalam melakukan tahapan demi tahapan bahkan kita juga bisa lebih mudah didalam melakukan evaluasi, kita bisa menilai yang mana yang baik dan yang mana yang kurang baik sehingga perbaikan bisa dilakukan lebih dini.

Dengan memiliki rencana yang jelas, bisa menyebabkan kita fokus di setiap tahapannya,
karena pada setiap tahapannya kita memiliki target atau goal yang jelas yang membuat hasil dari tahapan tersebut bisa maksimal dan memiliki pengaruh yang baik didalam target secara umum.
Rencana yang baik juga bisa menyebabkan praktek yang kita lakukan lebih efisien, dimana kita tidak hanya sekedar praktek tetapi juga kita mengetahui yang mana dahulu yang harus kita praktekan sehingga membuat semuanya berjalan baik secara beriringan.

Tidak Bergabung Bersama Komunitas Internet Marketer
Komunitas cukup penting didalam menunjang kesuksesan kita dalam menjalani internet marketing, dengan memiliki komunitas yang baik dan sesuai dengan apa yang kita lakukan membuat kita memiliki tempat berbagi terutama ketika kita memiliki masalah, kita bisa mendapat masukan yang baik dari mereka karena pada dasarnya masalah di dunia internet marketing itu-itu saja yang biasanya orang lainpun mengalaminya.
Jadi ketika masalah datang kepada kita, kita bukannya mengeluh lantas frustasi dan menjadi gagal fokus akan tetapi kita malah mendapat masukan yang membantu kita keluar dari masalah tersebut. Tetapi awas jangan salah dalam memilih komunitas, apabila kita seorang pemula di dalam internet marketing sebaiknya bergabung dengan komunitas sesama pemula bukan bergabung dengan komunitas para mastah, karena bisa menyebabkan kita gagal fokus apalagi kalau mastah tersebut sering mempromosikan produknya. Ini penyebab utama gagal fokusss…

Optimisme Yang Berlebihan
Internet marketing memang menawarkan penghasilan yang menakjubkan, akan tetapi semua itu tetaplah membutuhkan kerja keras yang tidak sedikit, akan tetapi kalau kita bisa menghasilkan di suatu model bisnis maka scale up atau duplikasi akan lebih mudah kita lakukan.

Akan tetapi jika kita terlalu bersemangat seperti terlalu sering melihat earning yang diperoleh orang lain maka ini akan membuat kita memiliki harapan atau optimisme yang berlebihan dan ini tidak sepenuhnya baik karena kita biasanya akan terburu-buru dalam melakukan setiap tahapan didalam internet marketing.
Sebenarnya wajar bahkan malah bermanfaat apabila kita mampu mengelola rasa optimisme ini dengan baik, akan tetpi tidak seumua orang memilik mental yang baik dalam hal mengelola rasa optimisme tersebut dan ini bisa membuat boomerang buat orang tersebut.

Mudah Mengeluh
Di dalam internet marketing siapapun orangnya pasti akan mengalami masalah atau hambatan yang akan dihadapi, ini juga termasuk normal sama seperti bisnis pada umumnya, akan tetapi ini merupakan tantangan yang harus kita hadapi bukan sesuatu yang harus kita hindari.

Seiring berjalannya waktu, masalah-masalah itu bila kita hadapi dengan sabar dan fokus maka akan membuat kita semakin mahir dan semkin tahu apa yang harus dilakukan kedepannya agar masalah-masalah tersebut bisa kita hindari atau bisa kita selesaikan lebih cepat.
Jangan sampai masalah-masalah yang kita hadapi membuat kita menyerah atau mengeluh karena ini merupakan penyakit dari para pelaku internet marketing terutama para pemula yang menyebabkan mereka menyerah dari dunia internet marketing.

Memiliki Mental Gratisan
Memang benar kalau keadaan ekonomi setiap orang berbeda-beda, akan tetapi kita harus faham bahwa perkembangan di dunia internet marketing begitu cepat berubah, ini membuat kita untuk terus melakukan riset dan percobaan untuk menemukan teknik baru yang lebih work yang tetntunya ini membutuhkan biaya.
Sehingga apabila kita hanya memiliki mental gratisan dimana setiap halnya hanya mengandalkan dari sharing orang lain atau hanya mengandalkan seseorang saja maka ini tidak baik untuk perkembangan ilmu pengetahun anda seputar internet marketing.

Investasi di dunia internet bisa berupa melakukan bebrapa riset sederhana dari data atau
hasil yang kita miliki atau kita juga bisa membeli sebuah ecourse atau mengikuti workshop yang banyak diadakan oleh pelaku internet marketing yang lebih senior, hal ini bisa membuat ilmu kita terus upgrade.

Tidak Berdo’a Dan Mendekatkan Diri Kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala
Ketika kita asik dan fokus dalam menjalani teknik atau strategi didalam internet marketing jangan sampai kita lupa diri sehingga kita mengabaikan atau melalaikan dalam beribadah dan berdo’a kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala.. dan ini sangat fatal sekali.

Karena pada dasarnya kita hidup didunia ini untuk beribadah sementara mencari rezeki itu hanya sebatas bekal untuk kita agar bisa melakukan peribadahan dengan maksimal, karena di dalam beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala membutuhkan materi atau biaya.

Demikian Materi "Kesalahan-Kesalahan dalam memulai Internet Marketing" anda  harus memahami materi materinya agar tidak melakukan kesalahan tersebut...
Dimateri selanjutnya akan belajar materi tentang "Bagaimana Cara Sukses di Internet Marketing"

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==>
JagoanIM.com.
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila  ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..   Saya sangat menyarankan agar Pak salahuddin untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com.  Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID


Rabu, 21 Desember 2016

Strategi Memilih Niche


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

kita lanjutkan belajarnya yah,
Sekarang kita belajar "Tahapan-tahapan Umum di dalam Internet Marketing"
Tahapan-tahapan internet marketing dipelajari agar bisa memudahkan kita ketika menentukan rencana atau strategi yang harus kita persiapkan ketika memulai internet marketing, apapun itu model bisnis atau sumber penghasilannya.

Tentu ini tidak mutlak harus diikuti, akan tetapi ini sebagai gambaran secara umum agar pembaca khususnya yang baru memulai di dunia internet marketing tidak terlalu bingung harus memulai dari mana, sehingga strategi yang disusun atau direncanakan bisa tertata baik.

Dengan mengetahui tahapan-tahapan di dunia internet marketing kita juga menjadi lebih fokus dalam menjalaninya, termasuk ketika kita mempelajari materi pembelajarannya kita bisa tahu apa dulu yang harus dipelajari dan dipraktekan yang membuat evaluasi lebih mudah dilakukan.
Yaps.. berikut ini tahapan-tahapan di dalam internet marketing yang sudah umum dilakukan oleh pelaku internet marketing:

Menentukan Sumber Penghasilan / Model Bisnis

Yang pertama harus kita lakukan ketika terjun ke dunia internet marketing adalah kita harus menentukan terlebih dahulu sumber penghasilan atau model bisnis apa yang akan kita jalani, dengan memilih sumber penghasilan ini kita menjadi lebih mudah untuk mentukan strategi yang akan kita pilih di tahap selanjutnya.
Karena secara umum strategi setiap model bisnis itu berbeda-beda, semua bergantung pada karakter model bisnis itu sendiri terutama bergantung pada target market atau audiens yang akan dipilih atau dijangkau.
Menentukan sumber panghasilan atau model bisnis sebaiknya bergantung pada potensi diri sendiri atau potensi yang ada disekitar kita, misalnya bila di sekitar kita banyak orang yang membuat kaos, maka kita bisa ikut menjualnya atau bila kita memiliki kemampuan untuk membuat design maka kita bisa buka jasa design.

Kreatif dan rajin melakukan riset adalah salah satu kunci untuk kita agar kita bisa mendapatkan potensi yang besar baik dari diri sendiri atau lingkungan sekitar yang mungkin potensi tersebut memiliki market yang cukup besar.

Sesuaikan juga dengan karakter diri sendiri, jadi banyak diantara kita yang memiliki karakter malas mengatur sesuatu hal yang berbau penjualan atau distribusi barang, maka sebaiknya kita bisa memilih model bisnis yang sesuai dengan karakter tersebut misalnya dengan mejadi seorang affiliate, publisher iklan atau membuka jasa.

Perlu diingat bahwa, apapun model bisnisnya pada dasarnya memiliki potensi yang sama besar, tinggal bagimana kita menjalani model bisnis tersebut, jadi cukup memilih satu model bisnis saja, hindari memilih banyak model bisnis sekaligus karena bisa menyebabkan gagal fokus.

Menentukan Niche

Niche atau sering disebut juga pasar ceruk adalah topik atau bahasan dimana kita bisa menemukan prospek yang potensial untuk dijadikan sasaran dari model bisnis yang akan kita jalankan, tidak semua niche itu profitable jadi kita harus selektif dalam memilih niche tersebut.

Tidak semua niche juga sesuai atau cocok dengan produk yang kita promosikan, misalnya apabila kita memilih menjual produk seputar sepakbola, maka niche yang cocok untuk produk ini adalah niche sepak bola, kalau kita paksakan kepada niche basket maka hasilnya tidak akan maksimal.

Pembagian Niche
Berdasarkan waktunya niche terbagi menjadi 2 yaitu lifetime niche dan seasonal niche, lifetime niche yaitu niche yang berlaku dalam waktu yang lama sedangkan seasonal niche yaitu niche yang berlaku hanya beberapa waktu saja atau di musim-musim tertentu saja.

Contoh lifetime niche: olahraga, kesehatan, makanan dll
Contoh seasonal niche: idul fitri, idul adha, tahun baru dll

Biasanya pelaku internet marketing sebelum menentukan niche harus terlebih dahulu melakukan riset untuk mengetahui seberapa besar peluang yang bisa kita ambil, caranya bisa dengan menggunakan social media ataupun menggunakan search engine.

Strategi Memilih Niche
Dalam memilih niche kita harus berhati-hati karena seperti yang saya jelaskan sebelumnya tidak semua niche itu profitable, baik digunakan untuk menjual produk, jasa ataupun digunakan untuk membuka jasa periklanan, karena tidak semua niche memiliki buyer atau pembeli yang loyal.
Beberapa strategi yang bisa kita lakukan ketika hendak memilih niche:
Memilih niche yang sesuai dengan produk yang kita promosikan

Apabila kita seorang produsen atau seorang produk owner kita harus meriset niche apa yang sesuai dengan produk kita, ini dilakukan agar promosi yang kita lakukan lebih tertarget dan lebih maksimal.
Memilih niche yang kita kenal
 
Ini biasanya dilakukan apabila kita tidak memiliki produk sendiri tetapi kita ingin memasarkan produk orang lain, maka sebaiknya kita mengenali dahulu niche yang dibidik agar saat kita melakukan promosi kita bisa memiliki hubungan yang lebih dekat dengan calon pembeli kita.
Memilih niche yang profitable
 
Agar promosi yang kita lakukan tidak sia-sia, maka kita bukan hanya memilih niche yang sesuai dengan produk kita, akan tetapi kita juga harus memilih niche yang memiliki banyak buyer atau orang-orang yang memiliki daya beli yang tinggi.

Karena ada beberapa niche yang tidak memiliki banyak buyer atau orang-orang di niche tersebut sukanya hanya gratisan sama sekali tidak memiliki keinginan untuk membeli kalaupun ada jumlahnya sedikit, misalnya niche music, kata-kata bijak, humor dll

Memilih niche yang spesifik
Memilih niche yang umum bisa membuat kompetisi menjadi lebih sulit, karena semakin umum suatu niche maka semakin banyak pula pengiklan atau pemilik produk yang menjual di niche tersebut.
Misalnya apabila kita mentarget niche sepakbola maka niche ini terlalu umum, alangkah baiknya kita mentarget secara lebih spesifik lagi misalnya kita mentarget fans real madrid, fans Liverpool dll, jadi produk yang dipromosikannya lebih spesifik dan lebih fokus pula promosi yang kita lakukan.

Kesalahan dalam memilih niche
Sudah saya jelaskan bahwa dalam memilih niche kita harus berhati-hati karena apabila kita salah memilih niche maka kita akan mengalami kesulitan didalam melakukan promosi atau didalam menghasilkan keuntungan.

Agar kita tidak salah memilih niche maka berikut kesalahan-kesalahan didalam memilih niche yang sebaiknya kita hindari:
Memiliki pengetahuan yang minim di niche tersebut
Apabila kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup di niche yang kita pilih, maka kita akan kesulitan menemukan bahan atau materi untuk berpromosi,  ini bisa merugikan kita sehingga promosi yang kita lakukan tidak mendapatkan respon dari audiens di niche tersebut.
Atau bisa juga akibat ketidaktahuan kita terhadap niche yang dibidik, bisa menyebabkan kita salah dalam mempromosikan produk, maksudnya kita tidak mengetahui produk apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh niche tersebut.

Memilih niche yang sedikit memiliki buyer
Ketika kita memilih niche yang tidak memiliki atau memiliki sedikit buyer kita kemungkinan akan kesulitan didalam melakukan penjualan, hal ini bahkan bisa membuat kerugian buat kita karena promosi yang kita lakukan menjadi sia-sia.

Niche yang tidak memiliki atau memiliki sedikit buyer biasanya berupa niche pembajakan, niche anak-anak alay, niche anak dibawah umur dll.

Memilih niche yang terlalu umum
Memilih niche yang terlalu umum membuat kita tidak fokus,
baik itu dalam menentukan materi iklan atau menentukan produk yang dipromosikan apalagi kalau modal kita minimal hal ini jelas memberatkan.
Begitupula branding yang kita lakukan juga semakin melebar yaitu orang menjadi kesulitan mengenal siapa kita atau apa kelebihan kita,, hal ini membuat brand atau produk kita kesulitan mendapatkan tempat di hati pengunjung.

Kalaupun bisa, branding untuk niche yang umum membutuhkan modal yang lebih besar atau waktu yang lebih lama dibanding niche yang lebih spesifik.
Contohnya:
Niche umum: olahraga, pakaian, buku-buku
Niche spesifik: sepakbola, busana muslim, buku-buku islam

Memilih produk yang tepat
Jika anda telah memilih niche yang profitable maka langkah selanjutnya adalah memilih produk yang tepat untuk niche tersebut, karena tidak semua produk cocok atau tepat dengan niche tersebut, kita bisa mempromosikan produk yang sedang dibutuhkan oleh orang-orang di niche tersebut.

Dalam memilih produk ini saya rekomendasikan untuk memilih produk menengah keatas agar komisi atau keuntungan yang kita dapatkan menjadi lebih besar, karena pada dasarnya produk mahal sekalipun bisa laku asalkan kita menemukan audiens atau target market yang tepat.

Misalnya ketika kita memilih untuk mempromosikan cashing hp untuk niche selular atau mobile, maka kita bisa menjual produk cashing hp untuk merek apple, karena biasanya pemilik produk ini memiliki kondisi keuangan yang lebih baik dibanding pemilik handphone lainnya, sehingga kita bisa menjual dengan harga yang lebih mahal dengan keuntungan yang lebih besar.

Jangan lupa untuk menyiapkan produk pelengkap dari produk utama yang kita jual, agar keuntungan yang didapat menjadi lebih besar, misalnya apabila kita menjual cashing hp maka kita juga bisa menjual gantungan atau sarung hp tersebut.

Memilih sumber traffic
Sumber traffic adalah salah satu faktor penting didalam internet marketing, karena sumber traffic inilah yang secara nyata akan menjadi sumber income kita apapun model bisnis yang kita pilih.
Ketika kita bisa menguasai minimal satu saja sumber traffic, baik paid traffic atau free traffic maka ini adalah sebuah basic yang sangat besar untuk sukses atau bertahan di dunia internet marketing. Karena mengusai sumber traffic adalah hal yang paling sulit didalam internet marketing.

Seumber Traffic juga tidak selalu cocok dengan semua niche, misalnya free traffic biasanya lebih cocok untuk niche-niche yang lifetime atau sepanjang waktu dan
paid traffic bisanya lebih cocok niche-niche musiman dll.

Begitupula kecocokan antara sumber traffic dengan model bisnis atau sumber penghasilan,
model bisnis yang kita lakukan secara part time lebih cocok dilakukan dengan paid traffic dan model bisnis yang kita lakukan secara fulltime cocok dilakukan dengan free traffic atau kombinasi antar keduanya.
Demikian Tahapan-tahapan Umum di dalam Internet Marketing, Saya yakin sekarang Pak salahuddin sudah memiliki gambaran secara umum seputar internet marketing..

Dimateri selanjutnya Pak salahuddin akan belajar materi tentang "Kesalahan-Kesalahan dalam memulai Internet Marketing"

Pastikan untuk mempelajarinya...
Agar tidak melakukan kesalahan didalam melakukan Internet Marketing..

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com.
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..

Saya sangat menyarankan agar bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Salam buat keluarga di rumah..

Sukses Buat kita
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club

 




Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID