Rabu, 21 Desember 2016

Strategi Memilih Niche


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

kita lanjutkan belajarnya yah,
Sekarang kita belajar "Tahapan-tahapan Umum di dalam Internet Marketing"
Tahapan-tahapan internet marketing dipelajari agar bisa memudahkan kita ketika menentukan rencana atau strategi yang harus kita persiapkan ketika memulai internet marketing, apapun itu model bisnis atau sumber penghasilannya.

Tentu ini tidak mutlak harus diikuti, akan tetapi ini sebagai gambaran secara umum agar pembaca khususnya yang baru memulai di dunia internet marketing tidak terlalu bingung harus memulai dari mana, sehingga strategi yang disusun atau direncanakan bisa tertata baik.

Dengan mengetahui tahapan-tahapan di dunia internet marketing kita juga menjadi lebih fokus dalam menjalaninya, termasuk ketika kita mempelajari materi pembelajarannya kita bisa tahu apa dulu yang harus dipelajari dan dipraktekan yang membuat evaluasi lebih mudah dilakukan.
Yaps.. berikut ini tahapan-tahapan di dalam internet marketing yang sudah umum dilakukan oleh pelaku internet marketing:

Menentukan Sumber Penghasilan / Model Bisnis

Yang pertama harus kita lakukan ketika terjun ke dunia internet marketing adalah kita harus menentukan terlebih dahulu sumber penghasilan atau model bisnis apa yang akan kita jalani, dengan memilih sumber penghasilan ini kita menjadi lebih mudah untuk mentukan strategi yang akan kita pilih di tahap selanjutnya.
Karena secara umum strategi setiap model bisnis itu berbeda-beda, semua bergantung pada karakter model bisnis itu sendiri terutama bergantung pada target market atau audiens yang akan dipilih atau dijangkau.
Menentukan sumber panghasilan atau model bisnis sebaiknya bergantung pada potensi diri sendiri atau potensi yang ada disekitar kita, misalnya bila di sekitar kita banyak orang yang membuat kaos, maka kita bisa ikut menjualnya atau bila kita memiliki kemampuan untuk membuat design maka kita bisa buka jasa design.

Kreatif dan rajin melakukan riset adalah salah satu kunci untuk kita agar kita bisa mendapatkan potensi yang besar baik dari diri sendiri atau lingkungan sekitar yang mungkin potensi tersebut memiliki market yang cukup besar.

Sesuaikan juga dengan karakter diri sendiri, jadi banyak diantara kita yang memiliki karakter malas mengatur sesuatu hal yang berbau penjualan atau distribusi barang, maka sebaiknya kita bisa memilih model bisnis yang sesuai dengan karakter tersebut misalnya dengan mejadi seorang affiliate, publisher iklan atau membuka jasa.

Perlu diingat bahwa, apapun model bisnisnya pada dasarnya memiliki potensi yang sama besar, tinggal bagimana kita menjalani model bisnis tersebut, jadi cukup memilih satu model bisnis saja, hindari memilih banyak model bisnis sekaligus karena bisa menyebabkan gagal fokus.

Menentukan Niche

Niche atau sering disebut juga pasar ceruk adalah topik atau bahasan dimana kita bisa menemukan prospek yang potensial untuk dijadikan sasaran dari model bisnis yang akan kita jalankan, tidak semua niche itu profitable jadi kita harus selektif dalam memilih niche tersebut.

Tidak semua niche juga sesuai atau cocok dengan produk yang kita promosikan, misalnya apabila kita memilih menjual produk seputar sepakbola, maka niche yang cocok untuk produk ini adalah niche sepak bola, kalau kita paksakan kepada niche basket maka hasilnya tidak akan maksimal.

Pembagian Niche
Berdasarkan waktunya niche terbagi menjadi 2 yaitu lifetime niche dan seasonal niche, lifetime niche yaitu niche yang berlaku dalam waktu yang lama sedangkan seasonal niche yaitu niche yang berlaku hanya beberapa waktu saja atau di musim-musim tertentu saja.

Contoh lifetime niche: olahraga, kesehatan, makanan dll
Contoh seasonal niche: idul fitri, idul adha, tahun baru dll

Biasanya pelaku internet marketing sebelum menentukan niche harus terlebih dahulu melakukan riset untuk mengetahui seberapa besar peluang yang bisa kita ambil, caranya bisa dengan menggunakan social media ataupun menggunakan search engine.

Strategi Memilih Niche
Dalam memilih niche kita harus berhati-hati karena seperti yang saya jelaskan sebelumnya tidak semua niche itu profitable, baik digunakan untuk menjual produk, jasa ataupun digunakan untuk membuka jasa periklanan, karena tidak semua niche memiliki buyer atau pembeli yang loyal.
Beberapa strategi yang bisa kita lakukan ketika hendak memilih niche:
Memilih niche yang sesuai dengan produk yang kita promosikan

Apabila kita seorang produsen atau seorang produk owner kita harus meriset niche apa yang sesuai dengan produk kita, ini dilakukan agar promosi yang kita lakukan lebih tertarget dan lebih maksimal.
Memilih niche yang kita kenal
 
Ini biasanya dilakukan apabila kita tidak memiliki produk sendiri tetapi kita ingin memasarkan produk orang lain, maka sebaiknya kita mengenali dahulu niche yang dibidik agar saat kita melakukan promosi kita bisa memiliki hubungan yang lebih dekat dengan calon pembeli kita.
Memilih niche yang profitable
 
Agar promosi yang kita lakukan tidak sia-sia, maka kita bukan hanya memilih niche yang sesuai dengan produk kita, akan tetapi kita juga harus memilih niche yang memiliki banyak buyer atau orang-orang yang memiliki daya beli yang tinggi.

Karena ada beberapa niche yang tidak memiliki banyak buyer atau orang-orang di niche tersebut sukanya hanya gratisan sama sekali tidak memiliki keinginan untuk membeli kalaupun ada jumlahnya sedikit, misalnya niche music, kata-kata bijak, humor dll

Memilih niche yang spesifik
Memilih niche yang umum bisa membuat kompetisi menjadi lebih sulit, karena semakin umum suatu niche maka semakin banyak pula pengiklan atau pemilik produk yang menjual di niche tersebut.
Misalnya apabila kita mentarget niche sepakbola maka niche ini terlalu umum, alangkah baiknya kita mentarget secara lebih spesifik lagi misalnya kita mentarget fans real madrid, fans Liverpool dll, jadi produk yang dipromosikannya lebih spesifik dan lebih fokus pula promosi yang kita lakukan.

Kesalahan dalam memilih niche
Sudah saya jelaskan bahwa dalam memilih niche kita harus berhati-hati karena apabila kita salah memilih niche maka kita akan mengalami kesulitan didalam melakukan promosi atau didalam menghasilkan keuntungan.

Agar kita tidak salah memilih niche maka berikut kesalahan-kesalahan didalam memilih niche yang sebaiknya kita hindari:
Memiliki pengetahuan yang minim di niche tersebut
Apabila kita tidak memiliki pengetahuan yang cukup di niche yang kita pilih, maka kita akan kesulitan menemukan bahan atau materi untuk berpromosi,  ini bisa merugikan kita sehingga promosi yang kita lakukan tidak mendapatkan respon dari audiens di niche tersebut.
Atau bisa juga akibat ketidaktahuan kita terhadap niche yang dibidik, bisa menyebabkan kita salah dalam mempromosikan produk, maksudnya kita tidak mengetahui produk apa yang sebenarnya sedang dibutuhkan oleh niche tersebut.

Memilih niche yang sedikit memiliki buyer
Ketika kita memilih niche yang tidak memiliki atau memiliki sedikit buyer kita kemungkinan akan kesulitan didalam melakukan penjualan, hal ini bahkan bisa membuat kerugian buat kita karena promosi yang kita lakukan menjadi sia-sia.

Niche yang tidak memiliki atau memiliki sedikit buyer biasanya berupa niche pembajakan, niche anak-anak alay, niche anak dibawah umur dll.

Memilih niche yang terlalu umum
Memilih niche yang terlalu umum membuat kita tidak fokus,
baik itu dalam menentukan materi iklan atau menentukan produk yang dipromosikan apalagi kalau modal kita minimal hal ini jelas memberatkan.
Begitupula branding yang kita lakukan juga semakin melebar yaitu orang menjadi kesulitan mengenal siapa kita atau apa kelebihan kita,, hal ini membuat brand atau produk kita kesulitan mendapatkan tempat di hati pengunjung.

Kalaupun bisa, branding untuk niche yang umum membutuhkan modal yang lebih besar atau waktu yang lebih lama dibanding niche yang lebih spesifik.
Contohnya:
Niche umum: olahraga, pakaian, buku-buku
Niche spesifik: sepakbola, busana muslim, buku-buku islam

Memilih produk yang tepat
Jika anda telah memilih niche yang profitable maka langkah selanjutnya adalah memilih produk yang tepat untuk niche tersebut, karena tidak semua produk cocok atau tepat dengan niche tersebut, kita bisa mempromosikan produk yang sedang dibutuhkan oleh orang-orang di niche tersebut.

Dalam memilih produk ini saya rekomendasikan untuk memilih produk menengah keatas agar komisi atau keuntungan yang kita dapatkan menjadi lebih besar, karena pada dasarnya produk mahal sekalipun bisa laku asalkan kita menemukan audiens atau target market yang tepat.

Misalnya ketika kita memilih untuk mempromosikan cashing hp untuk niche selular atau mobile, maka kita bisa menjual produk cashing hp untuk merek apple, karena biasanya pemilik produk ini memiliki kondisi keuangan yang lebih baik dibanding pemilik handphone lainnya, sehingga kita bisa menjual dengan harga yang lebih mahal dengan keuntungan yang lebih besar.

Jangan lupa untuk menyiapkan produk pelengkap dari produk utama yang kita jual, agar keuntungan yang didapat menjadi lebih besar, misalnya apabila kita menjual cashing hp maka kita juga bisa menjual gantungan atau sarung hp tersebut.

Memilih sumber traffic
Sumber traffic adalah salah satu faktor penting didalam internet marketing, karena sumber traffic inilah yang secara nyata akan menjadi sumber income kita apapun model bisnis yang kita pilih.
Ketika kita bisa menguasai minimal satu saja sumber traffic, baik paid traffic atau free traffic maka ini adalah sebuah basic yang sangat besar untuk sukses atau bertahan di dunia internet marketing. Karena mengusai sumber traffic adalah hal yang paling sulit didalam internet marketing.

Seumber Traffic juga tidak selalu cocok dengan semua niche, misalnya free traffic biasanya lebih cocok untuk niche-niche yang lifetime atau sepanjang waktu dan
paid traffic bisanya lebih cocok niche-niche musiman dll.

Begitupula kecocokan antara sumber traffic dengan model bisnis atau sumber penghasilan,
model bisnis yang kita lakukan secara part time lebih cocok dilakukan dengan paid traffic dan model bisnis yang kita lakukan secara fulltime cocok dilakukan dengan free traffic atau kombinasi antar keduanya.
Demikian Tahapan-tahapan Umum di dalam Internet Marketing, Saya yakin sekarang Pak salahuddin sudah memiliki gambaran secara umum seputar internet marketing..

Dimateri selanjutnya Pak salahuddin akan belajar materi tentang "Kesalahan-Kesalahan dalam memulai Internet Marketing"

Pastikan untuk mempelajarinya...
Agar tidak melakukan kesalahan didalam melakukan Internet Marketing..

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com.
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..

Saya sangat menyarankan agar bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Salam buat keluarga di rumah..

Sukses Buat kita
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club

 




Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID

Senin, 19 Desember 2016

Konsep Dasar Internet Marketing 2.Sumber traffic



kita lanjutkan materi yang kemarin, yaitu materi mengenai Konsep Dasar InternetMarketing, 
Langsung aja ya

Sumber Traffic
Secara umum sumber traffic dibagi menjdi 2 bagian besar, yaitu free traffic dan paid traffik, masing-masing traffik memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing
yang bisa dijadikan pertimbangan bagi kita yang akan memilihnya.

# Free Traffik
Free traffic adalah traffic yang kita dapatkan secara gratis tanpa membayar uang kepada jasa periklanan tertentu, selain gratis free traffik memiliki keuntungan berupa traffic yang kita dapatkan bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama dibandingkan paid traffik.

Namun free traffic ini memiliki kekurangan diantaranya traffic yang kita bangun membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi kita harus bersabar untuk mendapatkn free traffic ini, beberapa contoh free traffic yang bisa kita manfaatkan diantaranya:

Blogging with SEO
Blog merupakan sumber traffic yang paling banyak dicari oleh para pelaku internet marketer, karena selain mudah membuat blog tidak memerlukan biaya yang banyak dan traffic yang dihasilkan pun tertarget dan tahan lama.
Dengan membuat blog juga membuat usaha yang kita jalani terlihaat semakin professional dan memberikan trust tersendiri bagi orang-orang atau calon pelanggan kita apalagi kalau blog tersebut bermanfaat adan berkualitas.

Ebook sharing
Ebook sharing merupakan sumber traffic yang jarang dilakukan oleh pelaku internet marketing, karena banyak diantara pelaku internet marketing yang tidak memiliki waktu atau malas untuk membuat Ebook.
Padahal sumber traffic jenis ini cukup banyak dan sangat tertarget, caranya kita cukup membuat sebuah ebook yang lumayan bermanfaat dengan terlebih dahulu menyisipkan link ke dalam ebook tersebut yang mengarah ke website penjualan kita.

Kemudian ebook tersebut kita bagikan di group atau komunitas yang sesuai dengan niche atau topik dari ebook tersebut, atau kita juga bisa meng-upload ebook tersebut ke situs-situs sharing atau situs-situs free download.

Forum Traffik
Forum traffik adalah traffic yang didapat secara gratis yang berasal dari forum-forum yang masih memiliki kesesuaian dengan niche atau topik yang kita pilih. Karena banyak sekali forum-forum yang ada di internet yang bisa kita pilih untuk dijadikan sumber traffic.

Caranya adalah kita harus memiliki peranan terlebih dahulu di forum tersebut, kita men-share atau mebagikan sesuatu yang bermanfaat bagi anggota forum baik itu dengan memposting sebuah artikel atau memberikan jawaban atau rekomendasi dari pertanyaan yang diajukan oleh anggota forum.

Ketika kita sudah menjadi pusat perhatian atau setidaknya sudah cukup dikenal oleh anggota forum lainnya, maka kita bisa membagikan rekomendasi-rekomendasi yang ditujukan ke halaman website kita, dimana di website kita tersebut sudah memiliki iklan seputar produk yang kita jual.

Contohnya kita bisa memposting sebuah artikel yang bermanfaat, baik itu menulis sendiri atau me-rewrite artikel orang lain yang berkualitas, kemudian kita menshare link postingan tesebut di forum tadi.
Forum-forum yang cukup popular di Indonesia adalah kaskus, viva forum, warung okezone, ads-id dll .. yang bisa kita buat sebagai sumber traffic karena forum-forum tersebut sudah memiliki traffic yang sangat banyak setiap harinya.

Video Sharing
Video sharing adalah salah satu sumber traffic gratis yang cukup popular saat ini, video sharing bisa menjadi sumber traffic untuk jangka panjang asalkan video tersebut memiliki manfaat dan informasi didalmnya update sesuai perkembangan zaman.

Video sharing juga bisa dilakukan untuk branding diri kita atau perusahan kita, dengan memiliki video yang berkualitas maka orang-orang juga menjadi lebih percaya terhadap kredibilitas dari kita maupun produk yang kita jual.

Tingkat viral atau share yang tinggi juga menjadi kelebihan dari video sharing ini, dimana selama video tersebut menarik dan bermanfaat maka orang-orang tidak sungkan untuk men-sharenya ke teman-teman mereka, bahkan banyak juga orang yang menampilkan video kita tersebut di website mereka dan jelas keuntungan yang besar buat pemilik video tersebut.

Social Media
Social media merupakan traffic yang mudah untuk dilakukan, dimana kita bisa melakukan interaksi dengan sesama pengguna social media lainnya untuk medapatkan trust dan hubungan yang baik.

Kita bisa bergabung di group-group yang masih berhubungan dengan niche yang kita bidik,
kita bisa active di group tersebut untuk mendapatkan interaksi dari pengguna lainnya, dan kita juga bisa mengirimkan permintaan petemanan kepada mereka agar mereka bisa melihat interaksi yang kita lakukan.
Tapi perlu diingat bahwa, jangat terlalu sering melakukan promosi di social media, apalagi terlalu sering membagikan link karena bisa dianggap spam, akan tetapi sekali-kali postinglah beberapa link yang bermanfaat dan sekali-kali juga postinglah link yang mengarah ke halaman website kita.

# Paid Traffic
Paid traffic adalah traffic yang kita dapatkan ketika kita membayar sejumlah uang kepada penyedia jasa periklanan, biaya yang dibayarkan biasanya bisa berdasarkan klik (cpc) atau berdasarkan banyaknya tampilan iklan (cpm).

Jadi untuk paid traffic ini kita hanya akan mendapatkan traffic apabila kita membayar sejumlah uang baru setelah itu web kita akan di berikan traffic oleh jasa periklanan tersebut, proses pembayaran bisa dilakukan dimuka ataupun dilakukan setelah traffic diberikan.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih paid traffic adalah kita harus benar-benar riset terhadap audiens atau calon pengunjung yang kita bidik, jangan sampai biaya yang kita keluarkan menjadi sia-sia karena traffic yang kita pilih tidak tertarget.

Evaluasi juga penting untuk kita lakukan agar kita bisa memilih iklan mana yang efektif dan iklan mana yang kurang efektif, karena secara umum pihak penyedia periklanan menyediakan laporan hasil iklan yang cukup detail dan realtime.
Beberapa contoh paid traffic yang popular digunakan oleh pelaku internet marketing:

PPC ads
Ppc ads (pay per click) adalah program periklanan dimana kta membayar biaya iklan ketika ada orang yang melakukan klik terhadap iklan yang kita tampilkan, ppc ads ini biasanya mentarget visitor berdsarkan keyword-keyword yang dipilih oleh pengiklan.

Didalam melakukan iklan melalui ppc ads kita diharuskan untuk selektif dalam memilih keyword yang kita bidik, karena inilah kunci dasar agar iklan kita lebih tertarget sehingga traffic yang kita bayar tidak sia-sia.
Sebenarnya banyak sekali penyedia layanan pay per click yang ada di internet, tetapi yang saya tahu dan cukup popular terutama bagi orang Indonesia adalah google adwords, 7search, chitika, bidvertiser, kumpul blogger klik saya dll.

Mobile ads
Mobile ads adalah program periklanan yang ditampilkan didalam aplikasi yang diinstal oleh pengguna baik itu pengguna tablet atau handphone. Dimana banyak sekali aplikasi yang diinstal yang bisa kita jadikan sebagai penempatan iklan.

Sebagai contoh, apabila kita membuka sebuah aplikasi baik itu tablet atau handphone maka biasanya kita akan mendapati iklan-iklan yang ditampilkan, baik berupa iklan aplikasi lainnya atau iklan produk lain.
Didalam Mobile ads ini kita bisa mentarget pengguna berdasarkan aplikasi yang diinstalnya, missal apabila kita ingin menjual produk seputar sepakbola, maka kita bisa mentarget pengguna aplikasi yang berhubungan dengan sepakbola.

Kita bisa membuat sendiri aplikasi tersebut dengan menyisipkan iklan didalamnya atau
kita bisa memilih jasa periklanan yang memungkingkan untuk ditampilkan di aplikasi yang dipasang oleh pengguna yang kita target, contoh jasa periklanan ini adalah google admob, Millennial Media, Adfonic, Chartboost, Tapjoy dll.

Social Media ads
Social media ads adalah program periklanan yang ditampilkan di situs-situs social media dimana iklan tipe ini semakin digemari terutama di Indonesia, salah satu sebabnya adalah karena iklan dari social media memiliki tingkat konversi yang cukup tinggi.

Konsep beriklan di social media umumnya mentarget orang-orang berdasarkan suatu minta tertentu, dimana kita bisa membidik seseorang atau komnitas yang sesuai dengan produk yang kita promosikan.
Misalnya kita menjual beberapa produk yang berhubungan dengan sepakbola, maka kita bisa mentarget orang-orang yang memiliki minat atau tertarik terhadap sepakbola,
misalnya kita bisa mentarget komunitas atau fans club tertentu.

Dengan social media kita tidak harus memiliki produk terlebih dahulu, mksudnya kita bisa mencari terlebih dahulu target market yang potensial dan memiliki buyer yang cukup banyak, setelah itu kita bisa mencari produk yang kira-kira diminati oleh target market tersebut.
Contohnya ketika kita mengetahui bahwa banyak sekali interaksi di suatu komunitas fans sepakbola, maka kita bisa membuat produk kaos atau topi seputar club atau fansclub tersebut lalu menjualnya ke komunitas tersebut..  dan teknik seperti ini terbukti efektif untuk membuat konversi penjualan.

Dengan memahami dan mengusai sumber penghasilan dan sumber traffic, kita menjadi banyak pilhan dan banyak strategi ketika akan menjalankan internet marketing, akan tetapi seperti yang telah saya jelaskan bahwa untuk sumber penghasilan kita cukup menguasai salah satu saja, berbeda halnya dengan sumber traffic.. kita boleh menguasai banyak sumber traffic sekaligus, namun tentunya dengan mempelajarinya secara bertahap.

Demikian materi "Konsep Dasar Internet Marketing" yang sebaiknya anda  kuasai...
Dengan memahami materi ini saya harapkan anda bisa lebih mudah menguasai internet marketing..

Selamat belajar …
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internternet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila anda ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..   Saya sangat menyarankan agar anda untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com , Karena disana anda akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..

Materi Selanjutnya anda akan belajar mengenai " Niche dan strategi memilihnya Internet Marketing".

Sampai jumpa di pembelajaran selanjutnya, Salam buat keluarga di rumah..

Sukses Selalu



PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID