Ini
Materi "Teknikal Facebook ads" PArt 2, Materi Ini Materi
Lanjutan Yang Kemarin..
Mencari Target Market / Audiens
Teknik facebook ads part 2 |
Mencari
audiens atau target market di Facebook bisa dilakukan dengan beberapa cara,
tapi kita akan mempelajari beberapa saja yang paling mudah dilakukan namun
memiliki efektifitas yang baik dalam hal memilih target market atau audiens
yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan.
Wawasan
Pemirsa
Wawasan
pemirsa adalah tools yang disediakan oleh facebook untuk mengetahui kelompok-kelompok
dari pengguna Facebook berdasarkan minat atau ketertarikan yang mereka miliki,
dengan tools ini kita bisa mencari audiens atau target market dengan cukup
mudah. caranya: Di menu pengelola iklan klik wawasan pemirsa, Kemudin klik
semua orang di facebook,
Kemudian
kita persempit pemirsa dengan memilih negara atau kota yang ditarget beserta
minat tertentu yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosikan…
Kemudian dibagian atas pilih menu suka halaman, untuk mengetahui halaman mana saja yang di like oleh orang-orang di interest yang kita pilih..
Kemudian dibagian atas pilih menu suka halaman, untuk mengetahui halaman mana saja yang di like oleh orang-orang di interest yang kita pilih..
Di
kelompok suka halaman di bagian bawah kita sortir halaman-halaman tersebut
berdasarkan kemiripan terbesar..
Masukan
halaman-halaman yang muncul tersebut di bagian minat atau interest untuk
menambah jumlah audiens atau target market yang sedang kita cari..
Perlu diketahui bahwa tidak semua page itu termasuk minat atau interest, jadi kita masukan page yang termasuk interest saja.. setelah itu jumlah audiens atau pemirsa menjadi semakin banyak..
Perlu diketahui bahwa tidak semua page itu termasuk minat atau interest, jadi kita masukan page yang termasuk interest saja.. setelah itu jumlah audiens atau pemirsa menjadi semakin banyak..
Sekarang
kita persempit pemirsa tersebut menjadi lebih spesifik agar lebih sesuai dengan
produk atau jasa yang kita promosikan.. persempit terus pemirsa sampai
berjumlah 300-500 ribu audiens..
Caranya:
klik menu demografi, lalu cari rentan umur berapa yang paling banyak di audiens
atau target market tersebut.. kemudian masukan rentang umur tersebut di
pengaturan umur, misalkan rentang umur yang terbanyak di audiens yang kita
pilih adalah 18-24 maka kita setting pengaturan umur di menu sebelah kiri
menjadi 18-24 tahun..
Setelah itu kita lihat jenis kelamin yang terbanyak laki-laki atau perempuan, kemudian settingkan jenis kelamin yang terbanyak tersebut di bagian jenis kelamin.. setelah itu audiens menjadi semakin sedikit.. kalo jumlah audiens masih belum menyentuh 300-500 ribu orang maka kita persempit lagi dengan cara yang sama seperti sebelumnya di pengaturan lainnya, misal di pengaturan kota.. kita klik di menu lokasi kemudian sortir berdasarkan kota terbanyak.. kemudian setting lokasi di pengaturan sebelah kiri berdasarkan lokasi yang paling banyak jumlahnya.. dan audienspun akan tambah sedikit.. begitu seterusnya sampai audiens yang kita miliki berjumlah 300-500 ribu orang.
Setelah itu kita lihat jenis kelamin yang terbanyak laki-laki atau perempuan, kemudian settingkan jenis kelamin yang terbanyak tersebut di bagian jenis kelamin.. setelah itu audiens menjadi semakin sedikit.. kalo jumlah audiens masih belum menyentuh 300-500 ribu orang maka kita persempit lagi dengan cara yang sama seperti sebelumnya di pengaturan lainnya, misal di pengaturan kota.. kita klik di menu lokasi kemudian sortir berdasarkan kota terbanyak.. kemudian setting lokasi di pengaturan sebelah kiri berdasarkan lokasi yang paling banyak jumlahnya.. dan audienspun akan tambah sedikit.. begitu seterusnya sampai audiens yang kita miliki berjumlah 300-500 ribu orang.
Setelah
kita memiliki audiens yang berjumlah 300-500 ribu orang maka kitta bisa simpan
audiens tersebut dengan nama yang sesuai, kemudian kita bisa pakai audiens yang
telah tersimpan ketika kita menjalankan iklan.
Scrape Data Pengguna Facebook
Seperti
diketahui bahwa beberapa fanspage yang menurut kita memiliki kecocokan dengan
jasa atau produk yang kita promosikan tidak termasuk kedalam interest atau
minat yang ditetapkan oleh Facebook, ini tentu bisa menjadi kerugian buat kita.
Padahal
menurut kita orang-orang yang me-like fanspage tersebut sangat-sangat cocok
untuk dijadikan target market. Nah untuk mengakali hal ini kita bisa men-scrape
data-data dari orang-orang yang me-like Sebuah fanspage tersebut dengan bantuan
sebuah tool.
Tidak
hanya itu, kita juga bisa men-scrape data-data dari pengguna facebook yang
tergabung dalam suatu grup tertentu yang masih berhubungan dengan jasa atau
produk yang kita promosikan.
Tools
yang bisa digunakan bisa kita cari di search engine dengan mengetik keyword
"facebook uid scraper" kemudian akan banyak tools-tools yang bisa
kita beli untuk kemudian kita coba digunakan untuk men-scrape data-data dari
pengguna Facebook.
Setiap
tools untuk mengecek data-data dari pengguna facebook memiliki tata cara dan
penggunaan yang berbeda-beda, akan tetapi biasanya tools tersebut memberikan
panduan yang bisa kita pelajari terlebih dahulu.
Data
yang bisa kita scrape diantaranya adalah user ID atau email yang pengguna
Facebook tersebut miliki tapi saya sarankan untuk men-scrape email saja,
kemudian data tersebut kita simpan untuk kemudian kita upload ke Facebook
melalui fitur pemirsa khusus.
Caranya:
Di menu alat iklan facebook kita pilih pemirsa..
Klik menu buat pemirsa, kemudian pilih file pelanggan..
Kemudian klik unggah file, pilih jenis data email, klik unggah file dan upload file yang dipilih.. dan klik buat pemirsa.. Setelah proses selesai maka pengguna facebook tersebut bisa kita gunakan untuk target market dari iklan yang kita
Di menu alat iklan facebook kita pilih pemirsa..
Klik menu buat pemirsa, kemudian pilih file pelanggan..
Kemudian klik unggah file, pilih jenis data email, klik unggah file dan upload file yang dipilih.. dan klik buat pemirsa.. Setelah proses selesai maka pengguna facebook tersebut bisa kita gunakan untuk target market dari iklan yang kita
Untuk
mencari fanspage yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita promosiikan bisa
kita cari di fitur wawasan pengguna, di pencarian facebook atau di pencarian
search engine.
Fitur Simpan Pemirsa
Cara
lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur buat pemirsa tersimpan, jadi kita bisa
mencari pemirsa atau audiens yang sesuai dengan produk atau jasa yang kita
promosikan dengan lebih tertarget.
Caranya:
Masih di menu pemirsa-- kita klik buat pemirsa dan klik simpan pemirsa,
kemudian cari pemirsa dengan kriteria yang sesuai dengan produk atau jasa yang
kita promosikan. Masukkan data-data umum yang telah kita ketahui sebelumnya
(gunakan fitur wawasan pemirsa terlebih dahulu).
Dengan
menggunakan fitur simpan pemirsa ini kita bisa memilih pemirsa yang lebih
tertarget dengan menggunakan opsi persempit pemirsa. Yaitu kita mempersempit
pemirsa agar menghasilkan audiens yang lebih tertarget.
Misalnya,
apabila kita ingin menjual kaos yang berhubungan dengan klub real madrid maka
kita bisa target orang-orang yang menukai real madrid sekaligus menyukai
fashion atau brand-brand kaos terkenal, dengan opsi ini membuat target market
yang kita pilih menjadi lebih spesifik.
Kosepnya
sama seperti irisan yang kita pelajari di materi himpunan pada pelajaran
matematika.
Caranya:
Pilih minat utama, klik persempit lebih lanjut, kemudian tambahkan minat
tambahan yang digunakan untuk membuat pemirsa utama lebih spesifik agar
penargetan lebih spesifik dan lebih tertarget…
Setelah
mendapatkan pemirsa yang tertarget kita bisa simpan pemisa tersebut untuk kita
jadikan audiens pada iklan yang akan kita jalankan.
Berikut
cara untuk menarget pemirsa tersimpan atau pemirsa khusus di iklan yang akan
kita jalankan:
Ketika
kita akan memilih pemirsa diiklan yang akan kita buat, klik tanda panah di menu
pemirsa baru lalu pilih pemirsa tersimpan yang ditarget..
Atau di
menu pemirsa khusus kita bisa memilih pemirsa khusus yang kita miliki (pilih
menu termasuk),
Duplikasi
Audiens / Pemirsa serupa
Duplikasi
audiens dengan menggunakan fitur Pemirsa serupa bisa membuat kita lebih mudah
mencari target market yang spesifik sesuai dengan produk atau jasa yang kita
promosikan, jadi apabila kita memiliki audiens yang berasal dari lalu lintas
website yang kita miliki, kita bisa menduplikasi audiens tersebut dengan cara
yang sangat mudah.
Bagaimana
cara kerjanya? Pengguna facebook telah diklasifikasikan oleh system dari
facebook itu sendiri berdasarkan interest atau minat tertentu, dan ketika bisa
mendapatkan data-data dari pengguna facebook berdasarkan interest tertentu maka
system facebook bisa dengan mudah menduplikasikan berdasarkan kesamaan interset
yang sebelumnnya telah diklasifikasikan oleh sistem facebook.
Jadi
untuk bisa menduplikasi sekelompok pengguna facebook tertentu maka kita harus
terlebih dahulu memiliki beberapa pengguna dari sekelompok pengguna facebook
yang kita target tersebut, caranya bisa dengan menggunakan fitur pemirsa khusus
untuk mendapatkan pengguna facebook yang telah menggunjungi website kita atau
kita bisa menduplikasi pengguna facebook yang telah me-like fanspage kita.
Caranya:
Di menu alat iklan kita pilih pemirsa,
Di menu alat iklan kita pilih pemirsa,
Di menu buat pemirsa pilih pemirsa serupa,
Pilih halaman atau pemirsa khusus yang akan kita duplikasi,
Pilih negara yang ditarget, jumlah pemirsa = 1, cakupan pemirsa = 1 , klik buat pemirsa..
Setelah itu facebook akan menduplikasi pemirsa yang kita miliki berdasarkan kesamaan minat atau interest yang pengguna facebook tersebut miliki.
Pilih halaman atau pemirsa khusus yang akan kita duplikasi,
Pilih negara yang ditarget, jumlah pemirsa = 1, cakupan pemirsa = 1 , klik buat pemirsa..
Setelah itu facebook akan menduplikasi pemirsa yang kita miliki berdasarkan kesamaan minat atau interest yang pengguna facebook tersebut miliki.
Membuat Materi Iklan
Membuat
materi iklan adalah hal dasar yang harus kita kuasai, diperlukan banyak praktek
dan banyak evaluasi agar kita bisa membuat materi iklan yang baik dan menarik
dalam waktu yang cepat, jadi praktek atau jam terbang sangat dibutuhkan.
Materi
iklan yang baik dan menarik bisa membuat iklan yang kita jalan mendapatkan
lebih banyak klik, jadi kita harus benar-benar memikirkan materi iklan yang
menarik perhatian baik itu headline (text) atau gambar.
Pelajari membuat materi iklan yang baik dan
menarik di https://www.facebook.com/business/learn/facebook-tips-recommendations/ atau kita bisa melihat dan mempelajari
iklan-iklan yang bertebaran di facebook.
Ketika
kita membuat materi iklan maka kita akan langsung ditampilkan pratinjau dari
iklan yang kita buat tersebut, jadi kita dengan mudah melihat penampilan iklan
yang akan kita jalankan, buat beberapa materi iklan dan pilih materi iklan yang
paling menarik perhatian.
Memilih gambar ( media ) yang menarik
perhatian..
Memilih text judul dan deskripsi yang menarik perhatian..
Pratinjau iklan..
Untuk materi iklan gambar harus sesuai dengan aturan facebook ads agar iklan yang kita jalankan diapprove oleh pihak facebook, untuk materi iklan text kita gunakan sesingkat dan semenarik mungkin, to the point langsung ke benefit atau tujuan yang berikan.
Memilih text judul dan deskripsi yang menarik perhatian..
Pratinjau iklan..
Untuk materi iklan gambar harus sesuai dengan aturan facebook ads agar iklan yang kita jalankan diapprove oleh pihak facebook, untuk materi iklan text kita gunakan sesingkat dan semenarik mungkin, to the point langsung ke benefit atau tujuan yang berikan.
Power
Editor Untuk Dupllikasi Iklan
Dengan
menggunakan power editor kita bisa dengan mudah menduplikasi campign, set iklan
atau materi iklan yang memiliki kinerja paling baik, hal ini biasanya dilakukan
katika kita ingin menduplikasi atau mengoptimasi iklan yang telah kita jalankan
untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.
Caranya:
Di menu alat iklan pilih power editor,
Di menu power editor kita pilih campaign atau set iklan atau iklan yang akan kita duplikasi kemudian klik duplikat..
Kemudian pilih set iklan atau campaign baru dari iklan yang akan dibuat.
Di menu alat iklan pilih power editor,
Di menu power editor kita pilih campaign atau set iklan atau iklan yang akan kita duplikasi kemudian klik duplikat..
Kemudian pilih set iklan atau campaign baru dari iklan yang akan dibuat.
Testing Iklan
Banyak cara untuk melakukan testing iklan yang berguna untuk mengetahui iklan mana yang paling efektif yang akan kita optimasi guna mendapatkan keuntungan yang lebih maksimal, tetapi kita akan pelajari salah satunya saja.
Pertama,
kita testing materi iklan terlebih dahulu untuk mencari materi iklan mana yang
memiliki tingkat perhatian atau ketertarikan paling tinggi. Buat 3-5 materi
iklan yang berbeda-beda ( gunakan power editor ) dan jalankan semua materi
iklan tersebut selama 3-5 hari, kemudian lihat materi iklan mana yang mamiliki
interaksi atau klik paling banyak.
Kemudian
kita testing set iklan yang akan kita buat, Buat beberapa set iklan yang akan
kita testing, misalnya kita membuat set iklan berdasarkan audiens yang
berbeda-beda.
Audiens Set iklan 1 Set iklan 2
lokasi jakarta bandung
umur 18-24 24-34
gender all men
minat sepakbola sepakbola
bahasa indonesia indonesia
Jangkauan 300.000 180.000
lokasi jakarta bandung
umur 18-24 24-34
gender all men
minat sepakbola sepakbola
bahasa indonesia indonesia
Jangkauan 300.000 180.000
Untuk
materi iklan kita bisa menggunakan 2-3 materi iklan terbaik yang telah kita
buat pada tahap testing pertama. Jalankan set iklan selama 3-6 hari, setelah
itu lihat set iklan mana yang memiliki interaksi atau klik yang paling banyak.
Setelah
kita mendapatkan materi iklan dan set iklan terbaik maka kita bisa membuat
campaign baru dengan mengunakan materi serta set iklan yang sudah ada, pelajari
setiap data yang kita dapatkan untuk selanjutnya kita mencari lagi set iklan
dan materi iklan yang baru.
Membaca
Laporan Iklan Facebook
Agar kita tidak mengalami kerugian yang terlalu
banyak saat kita menjalankan iklan yang tidak efektif, maka kita harus melihat
pelaporan iklan setiap saat. Caranya:
Di menu alat iklan kita pilih pelaporan iklan,
Klik campaign yang akan dilihat laporannya,
Di menu alat iklan kita pilih pelaporan iklan,
Klik campaign yang akan dilihat laporannya,
Kemudian kita akan diberikan data-data yang
dimiliki oleh iklan yang telah atau sedang kita jalankan..
Kita bisa performa dari set iklan atau materi iklan yang telah kita buat, kita jug bisa memilih data mana saja yang akan kita lihat laporannya, kita juga bisa mamilih waktu promosinya atau kita juga bisa mengekspor semua data tersebut ke komputer kita.
Kita bisa performa dari set iklan atau materi iklan yang telah kita buat, kita jug bisa memilih data mana saja yang akan kita lihat laporannya, kita juga bisa mamilih waktu promosinya atau kita juga bisa mengekspor semua data tersebut ke komputer kita.
Ads Manager Error
Ads manager error adalah sebuah kejadian dimana akun facebook kita tiba-tiba tidak bisa dipakai lagi untuk melakukan iklan, hal ini terjadi karena beberapa hal yang saya sendiri tidak mengetahui secara pasti sebanya apa.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar akun facebook kita tidak mengalami Ads Manager Error ( AME ), beberapa diantaranya:
Ads manager error adalah sebuah kejadian dimana akun facebook kita tiba-tiba tidak bisa dipakai lagi untuk melakukan iklan, hal ini terjadi karena beberapa hal yang saya sendiri tidak mengetahui secara pasti sebanya apa.
Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar akun facebook kita tidak mengalami Ads Manager Error ( AME ), beberapa diantaranya:
1. Bila
mengiklankan produk affiliate maka jangan menggunakan link affiliatemu
langsung. Seharusnya link yan keluar dari FB ads adalah link menuju web milikmu
sendiri (landing page). Di landing page itu baru ada tombol beli menggunakan
link affiliatemu.
2. Jika
menggunakan CC atau kartu kredit sebagai primary payment, Jangan langsung
beriklan facebook. Biarkan saja terlebih dahulu selama beberapa hari atau
gunkan metode pembayaran tersebut untuk melakukan pembelian voucher games di
facebook atau melakukan donasi yang diselenggarakan oleh facebook (
kadang-kadang ).
3.
Jangan Menggunakan paypal yang umurnya kurang dari 1 bulan.
4. Nama
di akun facebookmu harus sama dengan nama di CC, Debit atau di PayPal.
5.
Jangan sering ganti device / komputer saat login ke fb ads manager.
6.
Jangan ada perbedaan IP address saat mengakses fb ads manager dan saat memasang
iklan. Itu bisa dikategorikan unusual login / unusual activity.
7. FB
akan curiga kalau facebookmu itu pasif, kamu jarang update status, share, like.
Intinya kamu cuma gunakan FB itu untuk beriklan, jadi kamu harus aktif di akun
facebook tersebut.
8. Kalau
sudah pernah kena AME sebelumnya, jangan gunakan facebook, kartu kredit, atau
PayPal yang sama. Idealnya 1 kartu kredit = 1 Akun.
9. Kalau
kamu melakukan custom audience, jangan sekali-kali grab dan buat list daftar
orang-orang yang mempunyai nama depan atau nama belakang yang sama.
Jika
sudah terlanjur kena Ads Manager Error maka kita bisa mengajukan banding
melalui link support yang disediakan di halaman ads Manager Error, kasih tahu
kronologis apa saja yang kamu lakukan sesaat sebelum kena Ads Manager Error,
jangan lupa untuk menyisipkan kartu identitas asli yang datanya sama dengan
akun facebook tersebut.
Demikian
materi tentang "Teknikal Facebook ads" PArt 2 Yang Bisa diPelajari... Dengan
memahami materi tersebut, bisa mengenal Facebook ADS Lebih dalam lagi..
Dimateri
selanjutnya akan belajar materi tentang Tentang "List Building"
... Apa Sih "List Building" Itu ???
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh… JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang
Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari
dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a,
Usaha, Ikhlas dan Tawakal)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa
Barat, 45471, ID
Salam
Sukses Berkah
Agil Nie ardiyan