Selasa, 14 Februari 2017

Peta sukses toko online



Roadmap (peta) Membangun toko online sukses

Peta sukses toko online
Mau bangun toko online sukses? Banyak orang memiliki impian untuk memulai sebuah bisnis, menjadi Entrepreneur atau Pengusaha. Tetapi tidak banyak yang tahu, tahapan apa yang harus dilakukan dan dilalui untuk membuat bisnisnya sukses.
Mereka hanya MULAI (semangat Just Do It) yang mana memang bagus, daripada Anda hanya bermimpi tanpa melakukan tindakan apapun.
Tetapi semakin cepat Anda bisa mengindentifikasi tahapan atau proses yang harus dilakukan untuk membuat bisnis Anda berkembang, maka semakin cepat bisnis Anda akan berhasil.
Ibarat kalau Anda sudah punya roadmap atau peta, maka akan lebih cepat bagi Anda untuk sampai ke tujuan, dibanding orang yang tidak punya peta.
Nah, setiap industri dan setiap bisnis memiliki roadmap atau tahapan yang berbeda-beda. Kadang di sebuah industri yang sama sekali baru, sangatlah sulit untuk mengetahui roadmap yang sangat jelas untuk membuat bisnis tersebut berhasil.
Itulah tugas Anda sebagai Entrepreneur atau Owner dari bisnis Anda yaitu secepatnya mengetahui roadmap atau tahapan yang harus dilakukan untuk membuat bisnis Anda berhasil.
Untunglah di industri toko online atau online shop atau juga sering disebut E-Commerce, roadmap dan tahapan yang perlu dilakukan untuk sukses sudah jauh lebih jelas karena ini adalah sebuah industri yang sudah berkembang sejak tahun 1994 (jaman saat Amazon.com mulai berdiri).
Pengalaman dari banyak pemilik toko online, mengkonfirmasi bahwa ada 7 tahapan yang perlu Anda lakukan untuk membuat bisnis toko online yang sukses.
Itulah yang akan dibahas di email ini, sebuah roadmap yang berisi 7 tahapan atau 7 hal yang perlu Anda lalui untuk membangun bisnis toko online yang sukses. Semakin cepat Anda mengerti, menguasai dan melakukan setiap tahapan ini, maka semakin cepat bisnis Anda akan berhasil.
Mari kita langsung mulai…
1. Menentukan Produk yang Tepat untuk Dijual
Biasanya ini adalah tahapan yang dianggap mudah oleh orang yang mau mulai jualan secara online. Mereka dapat ide untuk menjual sebuah produk atau mereka ditawari teman untuk menjualkan produknya secara online. Lalu ya sudah jualan itu…
Tetapi tahukah Anda, seringkali tahapan inilah yang membuat bisnis seseorang tidak berkembang. Mereka menjual produk yang tidak tepat.
Penting sekali bagi Anda untuk melakukan:
Sell What People Want to Buy, NOT, Sell What You Want to Sell
Jual sesuatu yang orang mau beli, BUKAN jual sesuatu yang Anda mau jual.
Prinsip ini begitu penting untuk dimengerti sehingga berulang kali saya jelaskan saat di training kami bahwa seringkali kegagalan terjadi karena tidak melakukan tahapan pertama ini dengan benar.
Ketahuilah apa yang ingin dicari dan dibeli orang secara online sehingga upaya Anda akan jauh lebih ringan, dibanding Anda berusaha untuk menjual sesuatu yang tidak dicari atau dibeli orang secara online.
Untuk pembahasan lebih mendalam dari tahapan ini, Anda bisa baca artikel yang pernah saya tulis berjudul Daftar dan Kriteria Produk yang Bagus Dijual Online.
2. Mendapatkan Supplier Terbaik dari Segi Kualitas, Harga dan Servis.
Setelah menentukan produk yang tepat untuk dijual, tahapan berikutnya adalah mendapatkan supplier atau pemasok barang yang terbaik dari segi kualitas, harga dan servis.
Kalau Anda adalah pabrik atau produsen dari produk yang Anda jual, ya berarti Anda tidak perlu terlampau pusing dengan tahapan ini.
Tetapi bagi yang menjual produk hasil produksi pihak lain, penting sekali Anda memilih supplier atau pemasok barang yang tepat. Seringkali Anda tidak bisa membeli langsung dari pabrik karena quantity yang Anda ambil masih terlampau kecil.
Jadi mau tidak mau, harus ambil dari tangan kedua atau ketiga atau keempat, siapa yang tahu
Nah harus diakui untuk menemukan supplier yang terbaik, memang kadang perlu waktu dan coba-coba. Yang pasti, jangan pilih supplier hanya karena mereka menawarkan harga paling murah.
partner-shake-handSupplier adalah partner bisnis Anda. Jadi pilihlah dengan bijak.
Pilihlah supplier yang memperhatikan kualitas barang yang dijual (asli atau tidak), menjual dengan harga grosir (tidak harus paling murah) dan servisnya bagus (dari cara packing rapi, tidak mudah rusak dan jika ada kerusakan atau komplain, mudah untuk diajak cari solusi).
Dan salah satu tips penting di tahapan ini adalah punya lebih dari satu supplier. Jangan bergantung dengan satu supplier sehingga hidup matinya bisnis Anda tidak bergantung 100% pada satu pihak.
3. Membuat Website yang High Conversion
Banyak orang yang memulai bisnis toko online cuma fokus ke tahapan ini, buat website toko onlinenya. Padahal ini hanya salah satu tahapan dan tahapan no 3.
Build-a-website Pada prinsipnya ada Dua Jenis Website Toko Online yang Efektif yang bisa Anda buat untuk bisnis toko online Anda. Apapun jenis website yang Anda buat, yang penting Anda harus memikirkan bahwa website Anda perlu High Conversion atau konversi tinggi.
Apa maksudnya?
Website Anda harus cukup sederhana, mudah digunakan dan dimengerti oleh pengunjung sehingga penjualan jadi mudah terjadi, terutama karena market di Indonesia masih banyak yang ingin cara yang lebih sederhana dalam belanja.
Sekedar membuat website, dengan membuat website yang high conversion adalah dua hal yang berbeda. Itu sebabnya biasanya kami menggunakan sebuah template website yang sudah terbukti high conversion agar memudahkan terjadinya penjualan.
4. Mendatangkan Pengunjung Tertarget ke Website Anda
Setelah memilih produk yang tepat, mendapatkan supplier yang terbaik dan memiliki website yang high conversion, banyak orang lalu berhenti dan menunggu order masuk.
SALAH BESAR!!
Anda baru separuh jalan jika berhenti sampai tahapan ke 3 tersebut. Justru tahapan ke 4 yaitu Mendatangkan Pengunjung Tertarget lah yang akan menentukan apakah Anda akan mendapatkan penjualan atau tidak.
Targeted-traffic
Perhatikan kata-kata : Pengunjung yang Tertarget bukan sekedar mendatangkan pengunjung yang banyak.
Banyak orang berpikir asal websitenya dikunjungi banyak pengunjung maka otomatis akan banyak penjualan. Salah lagi!
Anda tidak perlu memiliki banyak pengunjung ke website Anda untuk mendapatkan banyak penjualan, yang penting adalah pengunjung yang tertarget dengan baik.
Memang perlu proses pembelajaran yang cukup panjang agar Anda bisa mendapatkan sumber pengunjung tertarget dari berbagai sumber seperti dari Google, Facebook dll. Tetapi jangan khawatir, satu per satu dipelajari secara bertahap, lama kelamaan akan dikuasai juga.

5. Melakukan Proses Terima Order dan Pengiriman
Ini tahapan yang menyenangkan, terima order dan melakukan pengiriman.
Pada tahapan ini Anda akan belajar bagaimana menangani order yang masuk secara efisien. Tidak semua orang yang order akan melakukan pembayaran. Oleh sebab itu Anda harus belajar bagaimana men-closing order, melakukan follow-up dan membuat customer melakukan pembayaran.
Setelah dibayar, proses packing barang dilakukan. Nah ada lagi hal yang perlu dipelajari disini yaitu bagaimana melakukan packing dengan baik sehingga barang tidak rusak dan selamat sampai tujuan.
Supplier Overview
Hal-hal seperti ini kadang memang hanya bisa Anda pelajari saat Anda sudah melakukannya. Yang penting nikmati proses belajar ini karena suatu hari bukan Anda yang melakukannya tetapi tim Anda. Tetapi untuk bisa mengajarkan dengan baik, tentu Anda harus mengerti terlebih dahulu.
6. Mengembangkan Tim dan Sistem Operasional
Nah saat bisnis Anda semakin berkembang, setiap hari sudah terima cukup banyak order, tiba saatnya bagi Anda untuk mulai me-rekrut tim untuk membantu operasional dari bisnis toko online Anda.
Teamwork of businesspeople
Anda bisa mulai dari satu orang dulu, lalu dua orang dan terus bertambah seiring dengan perkembangan bisnis Anda. Di tahapan ini, Anda perlu belajar bagaimana me-rekrut tim dan staf yang tepat.
Prinsip yang saya pegang selalu: Hire Slow Fire Fast yaitu saat proses rekrutmen pilihlah dengan baik, tetapi kalau ternyata tidak cocok, secepatnya dilepas.
Tetapi yang sering dilakukan oleh pebisnis pemula biasanya, waktu rekrut gampang sekali, tidak dipilih dengan baik. Setelah bergabung dan tidak cocok, malah tidak segera dilepas sehingga akhirnya menjadi penyakit bagi seluruh tim.
Saat Anda membangun tim, yang perlu Anda lakukan juga adalah mulai membangun sistem operasional yaitu prosedur dan langkah-langkah yang baku dan sebaiknya tertulis dalam melakukan segala proses di dalam bisnis toko online Anda.
Hal ini akan membuat tim Anda jadi tahu apa yang Anda harapkan dan apa harus mereka lakukan dalam menyelesaikan suatu task.
Di bisnis toko online yang kami bangun, ada SOP (Standard Operating Procedure) untuk banyak hal yang rutin dilakukan seperti untuk pencatatan order, menambah produk di website, membuat website baru dan lainnya.
Hal ini juga sangat membantu Anda sebagai owner, saat ada staf baru yang masuk, Anda akan lebih mudah memberikan training karena sistem operasionalnya sudah ada. Tidak harus jelaskan dari nol lagi.
7. Melakukan Berbagai Strategi untuk Meningkatkan Omset
Nah setelah melakukan 6 tahapan sebelumnya, seharusnya bisnis Anda sudah bisa berjalan sendiri. Anda sebagai owner jadi tidak terlibat operasional harian lagi sehingga Anda jadi memiliki waktu dan pikiran untuk memikirkan hal yang PALING PENTING.
Apa itu? Yaitu strategi untuk meningkatkan omset Anda.
owner growing revenue
Inilah yang seharusnya dilakukan oleh pemilik bisnis toko online, strategi untuk mengembangkan bisnis, meningkatkan omset penjualan, membangun tim dan hal-hal High Level Thinking seperti itu.
Bukan malah pegang HP untuk bantu terima order, bantu packing atau tugas-tugas operasional harian yang seharusnya sudah dihandle sepenuhnya oleh tim Anda.
Oleh sebab itu, Anda sebagai owner bisnis, sebaiknya sudah lepas dari operasional harian agar memiliki waktu dan energi untuk berpikir dan meng-implementasi berbagai strategi pengembangan bisnis ini.
Masih Mau Bangun Bisnis Toko Online?
Setelah melihat roadmap atau tahapan diatas, saya yakin Anda jadi lebih jelas dengan apa yang harus dilakukan untuk membangun bisnis toko online yang sukses.
Mungkin Anda malah merasa “Wuih… banyak sekali yang harus dipelajari dan dilakukan”
Saya tidak pernah bilang bahwa membangun bisnis tidak perlu kerja atau cukup santai-santai saja kan?
Lebih baik Anda tahu apa yang harus Anda jalani sekarang daripada tidak tahu sama sekali.
Dan apabila anda  sudah menjadi member JagoanIM.com maka semua tehapan rsebut bukan hal yang rumit buat anda ==> Makanan Empuk..
Jadi kesimpulannya, Anda perlu belajar memilih produk yang tepat, memilih supplier yang terbaik, membuat website high conversion, mendatangkan pengunjung tertarget, menghandle order dengan efektif, membangun tim hingga mengembangkan bisnis Anda, dan semua itu sudah diajarkan di JagoanIM.com..  Mantappp..!!!

Sampai Jumpa di JagoanIM.com
 Salam Sukses Berkah

Agil Nie ardiyan
Owner ==>> JagoanIM.com <<<===

Minggu, 12 Februari 2017

Offpage SEO part 7



Offpage SEO part 7 "Strategy Backlingking Level 2 : Massive Link Building"
Saatnya Belajar Strategy Backlingking Level 2 : "Massive Link Building"
offpage SEO part 7
Strategi backlinking level dua ini adalah strategy massive backlingking yang dilakukan dengan menggunakan software baik itu dikerjakan oleh sendiri maupun Outsource, yang perlu diperhatikan dalam strategi backlinking level 2 ini adalah domain yang akan kita backlink harus berusia minimal 2 bulan serta memiliki minimal 500 Post dan sudah memiliki minimal 100 backlink yang terindex.
Kenapa demikian karena dalam strategi backlinking kali ini kita akan membuat backlink yang sangat banyak dalam waktu yang singkat (massive link building) jadi domain / website yang kita backlink harus memiliki basic yang cukup kuat, bahkan kalau perlu domain / website yang akan kita beklink harus memiliki domain authority minimal 10.
Setelah kriteria diatas terpenuhi maka langkah selanjutnya adalah membangun jembatan atau penghubung antara backlink yang sangat banyak tersebut dengan situs web kita jadi kita tidak langsung melakukan backlink ke situs utama akan tetapi kita membangun backlink ke situs lain yang kita buat sebagai jembatan.
Ada beberapa kriteria situs yang cocok untuk dijadikan jembatan antara backlink yang sangat banyak dengan situs web kita diantaranya adalah:
Facebook fans page yang memiliki fans minimal 100 serta memiliki post minimal 25 dan memiliki aktivitas yang aktif setiap harinya, artinya fans page tersebut tidak mati atau jarang melakukan update, lakukan postingan di fans page tersebut agar interaksi dengan fans kita terjadi.
Halaman Google Plus atau Google bussines yang memiliki pengikut minimal 100, memiliki pos minimal 25 dan memiliki aktivitas yang aktif setiap harinya.
Twitter yang memiliki follower minimal 50 dan memiliki aktivitas.
Video YouTube yang telah ditonton minimal 50 kali.
Blogspot atau wordpress yang memiliki artikel minimal 10 .
Artikel direktori yang memiliki domain authority minimal 40.
Atau tipe web lainnya yang memiliki kriteria baik yaitu domain authority diatas 40 trust flow di atas 25 dan lain-lain.
Setelah akun-akun tersebut dibuat kita boleh melakukan Massive Blink building baik menggunakan software atau hire jasa dari orang lain, jika menggunakan software kita bisa menggunakan gsa search engine ranker atau senuke, untuk jasa kita bisa menggunakan Fiver.com, Seoviser, SEO Store dll.
Buat backlink minimal 10.000 Link ke situs-situs yang kita buat sebagai jembatan dan index kan semua backlink-backlink yang telah kita buat tersebut secara bertahap dengan menggunakan jasa backlink indexing service seperti Instant Link Indexer (klik service pilih Instant Link Indexer).
Dan yang perlu diingat bahwa apabila kita membuat massive link building, jangan dulu membuat link dari situs yang di backlink (situs jembatan kita) ke situs yang akan kita optimasi, artinya Setiap link yang akan dijadikan jembatan jangan memiliki link ke situs kita terlebih dahulu.. biarkan situs-situs tersebut tidak memiliki link.
Nah, baru setelah backlink yang kita buat menggunakan software tersebut sudah terindex barulah kita kasih link dari situs-situs jembatan tadi ke situs web kita, step-step nya seperti ini:
Buat web yang akan kita jadikan sebagai jembatan,
Postingan di situs web tersebut sesuai dengan kriteria yang telah disebutkan,
Buat aktivitas agar situs situs web terlihat aktif,
Situs web jembatan yang telah kita buat tidak boleh memberikan link ke situs manapun termasuk ke situs web kita,

 Buat massive link ke situs-situs jembatan tadi minimal 10.000 Link dalam rentang waktu kira-kira 1 bulan,
Simpan semua link link yang telah kita buat dan biarkan link tersebut selama 2 sampai 3 minggu, kemudian index-kan secara bertahap dengan jasa indexing service misalnya 500 link/day,
Setelah sebagian besar linknya terindex, biarkan terlebih dahulu selama satu sampai dua minggu, kemudian barulah kita buat link dari situs jembatan tadi ke situs web kita.
Proses link building level 2 ini sebenarnya mudah apabila dipraktekkan.. Lakukan langkah-langkah dalam 2 sampai 4 bulan kalau ingin website kita lebih kuat lagi maka kita bisa melakukan step-step tersebut berulang-ulang dengan membuat ulang situs web jembatan yang baru.
Artinya kita membuat web yang berfungsi sebagai jembatan lagi dan melakukan Massive link building dari awal begitu seterusnya sampai web yang kita optimasi bertambah kuat, yang perlu kita perhatikan juga penggunaan anchor text, title atau artikel yang kita buat untuk massive link bulding yang kita lakukan harus benar-benar unik tidak boleh banyak duplikat.
Jadi kita harus menyiapkan keyword yang banyak dan untuk artikel kita bisa menggunakan article Builder atau kontent machine yang dispin menggunakan Spin rewriter, kalau kita menggunakan jasa link building biasanya artikel sudah disediakan oleh mereka, kita tinggal memberikan keyword-keyword yang akan dijadikan anchor textnya saja.
Begitu juga dengan service atau software yang kita gunakan harus berbeda-beda misal pada minggu pertama kita menggunakan gsa, Minggu selanjutnya kita menggunakan senuke, bahkan senuke pun bisa kita ganti-ganti template nya seperti pada penggunaan pertama kita menggunakan template full mounthy dan template yang lainnya untuk penggunaan selanjutnya agar masive link building yang kita lakukan unik dan tidak terdeteksi oleh search engine.
Jika kita menggunakan jasa link building maka kita bisa mengganti jasa-jasa tersebut secara berkala, misalnya kita bisa memesan backlink artikel direktori di fiverr, selanjutnya kita bisa memesan backlink blog Comment di fiverr, atau kita memesan backlink senuke di panel.seoestore.net, atau memesan GSA di seosoftwareservices.net dan yang lainnya intinya backlingking yang kita lakukan berbeda-beda setiap waktunya.

Yang perlu diperhatikan dalam strategi bekingking kali ini adalah:
Anchor teks yang beragam,
Artikel yang unik,
Titel yang beragam,
Adanya jeda,
Jangan membuat Link ke situs Utama terlebih dahulu,
Variasi link building,
Pastikan sebagian besar backlink terindex.
 Demikian materi Offpage SEO part 7 "Strategy Backlingking Level 2 : Massive Link Building" Yang bisa Bapak Salahudin Pelajari, Dengan memahami materi tersebut, KITA bisa membuat backlink yang banyak namun aman untuk website yang  dioptimasi...
Jangan Lupa Untuk dipraktekan materinya Dimateri selanjutnya kita akan belajar tentang materi Offpage SEO part 8 "Strategy BacklingkingLevel 3: Search Engine Defense"
Seperti Apa "Strategy Backlingking Level 3" itu ???

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..

Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID
Salam Sukses Berkah

Agil Nie ardiyan
Owner ==>> JagoanIM.com