Senin, 19 Desember 2016

Konsep Dasar Internet Marketing 2.Sumber traffic



kita lanjutkan materi yang kemarin, yaitu materi mengenai Konsep Dasar InternetMarketing, 
Langsung aja ya

Sumber Traffic
Secara umum sumber traffic dibagi menjdi 2 bagian besar, yaitu free traffic dan paid traffik, masing-masing traffik memiliki kelebihan maupun kekurangan masing-masing
yang bisa dijadikan pertimbangan bagi kita yang akan memilihnya.

# Free Traffik
Free traffic adalah traffic yang kita dapatkan secara gratis tanpa membayar uang kepada jasa periklanan tertentu, selain gratis free traffik memiliki keuntungan berupa traffic yang kita dapatkan bisa bertahan dengan waktu yang cukup lama dibandingkan paid traffik.

Namun free traffic ini memiliki kekurangan diantaranya traffic yang kita bangun membutuhkan waktu yang cukup lama, jadi kita harus bersabar untuk mendapatkn free traffic ini, beberapa contoh free traffic yang bisa kita manfaatkan diantaranya:

Blogging with SEO
Blog merupakan sumber traffic yang paling banyak dicari oleh para pelaku internet marketer, karena selain mudah membuat blog tidak memerlukan biaya yang banyak dan traffic yang dihasilkan pun tertarget dan tahan lama.
Dengan membuat blog juga membuat usaha yang kita jalani terlihaat semakin professional dan memberikan trust tersendiri bagi orang-orang atau calon pelanggan kita apalagi kalau blog tersebut bermanfaat adan berkualitas.

Ebook sharing
Ebook sharing merupakan sumber traffic yang jarang dilakukan oleh pelaku internet marketing, karena banyak diantara pelaku internet marketing yang tidak memiliki waktu atau malas untuk membuat Ebook.
Padahal sumber traffic jenis ini cukup banyak dan sangat tertarget, caranya kita cukup membuat sebuah ebook yang lumayan bermanfaat dengan terlebih dahulu menyisipkan link ke dalam ebook tersebut yang mengarah ke website penjualan kita.

Kemudian ebook tersebut kita bagikan di group atau komunitas yang sesuai dengan niche atau topik dari ebook tersebut, atau kita juga bisa meng-upload ebook tersebut ke situs-situs sharing atau situs-situs free download.

Forum Traffik
Forum traffik adalah traffic yang didapat secara gratis yang berasal dari forum-forum yang masih memiliki kesesuaian dengan niche atau topik yang kita pilih. Karena banyak sekali forum-forum yang ada di internet yang bisa kita pilih untuk dijadikan sumber traffic.

Caranya adalah kita harus memiliki peranan terlebih dahulu di forum tersebut, kita men-share atau mebagikan sesuatu yang bermanfaat bagi anggota forum baik itu dengan memposting sebuah artikel atau memberikan jawaban atau rekomendasi dari pertanyaan yang diajukan oleh anggota forum.

Ketika kita sudah menjadi pusat perhatian atau setidaknya sudah cukup dikenal oleh anggota forum lainnya, maka kita bisa membagikan rekomendasi-rekomendasi yang ditujukan ke halaman website kita, dimana di website kita tersebut sudah memiliki iklan seputar produk yang kita jual.

Contohnya kita bisa memposting sebuah artikel yang bermanfaat, baik itu menulis sendiri atau me-rewrite artikel orang lain yang berkualitas, kemudian kita menshare link postingan tesebut di forum tadi.
Forum-forum yang cukup popular di Indonesia adalah kaskus, viva forum, warung okezone, ads-id dll .. yang bisa kita buat sebagai sumber traffic karena forum-forum tersebut sudah memiliki traffic yang sangat banyak setiap harinya.

Video Sharing
Video sharing adalah salah satu sumber traffic gratis yang cukup popular saat ini, video sharing bisa menjadi sumber traffic untuk jangka panjang asalkan video tersebut memiliki manfaat dan informasi didalmnya update sesuai perkembangan zaman.

Video sharing juga bisa dilakukan untuk branding diri kita atau perusahan kita, dengan memiliki video yang berkualitas maka orang-orang juga menjadi lebih percaya terhadap kredibilitas dari kita maupun produk yang kita jual.

Tingkat viral atau share yang tinggi juga menjadi kelebihan dari video sharing ini, dimana selama video tersebut menarik dan bermanfaat maka orang-orang tidak sungkan untuk men-sharenya ke teman-teman mereka, bahkan banyak juga orang yang menampilkan video kita tersebut di website mereka dan jelas keuntungan yang besar buat pemilik video tersebut.

Social Media
Social media merupakan traffic yang mudah untuk dilakukan, dimana kita bisa melakukan interaksi dengan sesama pengguna social media lainnya untuk medapatkan trust dan hubungan yang baik.

Kita bisa bergabung di group-group yang masih berhubungan dengan niche yang kita bidik,
kita bisa active di group tersebut untuk mendapatkan interaksi dari pengguna lainnya, dan kita juga bisa mengirimkan permintaan petemanan kepada mereka agar mereka bisa melihat interaksi yang kita lakukan.
Tapi perlu diingat bahwa, jangat terlalu sering melakukan promosi di social media, apalagi terlalu sering membagikan link karena bisa dianggap spam, akan tetapi sekali-kali postinglah beberapa link yang bermanfaat dan sekali-kali juga postinglah link yang mengarah ke halaman website kita.

# Paid Traffic
Paid traffic adalah traffic yang kita dapatkan ketika kita membayar sejumlah uang kepada penyedia jasa periklanan, biaya yang dibayarkan biasanya bisa berdasarkan klik (cpc) atau berdasarkan banyaknya tampilan iklan (cpm).

Jadi untuk paid traffic ini kita hanya akan mendapatkan traffic apabila kita membayar sejumlah uang baru setelah itu web kita akan di berikan traffic oleh jasa periklanan tersebut, proses pembayaran bisa dilakukan dimuka ataupun dilakukan setelah traffic diberikan.

Yang perlu diperhatikan dalam memilih paid traffic adalah kita harus benar-benar riset terhadap audiens atau calon pengunjung yang kita bidik, jangan sampai biaya yang kita keluarkan menjadi sia-sia karena traffic yang kita pilih tidak tertarget.

Evaluasi juga penting untuk kita lakukan agar kita bisa memilih iklan mana yang efektif dan iklan mana yang kurang efektif, karena secara umum pihak penyedia periklanan menyediakan laporan hasil iklan yang cukup detail dan realtime.
Beberapa contoh paid traffic yang popular digunakan oleh pelaku internet marketing:

PPC ads
Ppc ads (pay per click) adalah program periklanan dimana kta membayar biaya iklan ketika ada orang yang melakukan klik terhadap iklan yang kita tampilkan, ppc ads ini biasanya mentarget visitor berdsarkan keyword-keyword yang dipilih oleh pengiklan.

Didalam melakukan iklan melalui ppc ads kita diharuskan untuk selektif dalam memilih keyword yang kita bidik, karena inilah kunci dasar agar iklan kita lebih tertarget sehingga traffic yang kita bayar tidak sia-sia.
Sebenarnya banyak sekali penyedia layanan pay per click yang ada di internet, tetapi yang saya tahu dan cukup popular terutama bagi orang Indonesia adalah google adwords, 7search, chitika, bidvertiser, kumpul blogger klik saya dll.

Mobile ads
Mobile ads adalah program periklanan yang ditampilkan didalam aplikasi yang diinstal oleh pengguna baik itu pengguna tablet atau handphone. Dimana banyak sekali aplikasi yang diinstal yang bisa kita jadikan sebagai penempatan iklan.

Sebagai contoh, apabila kita membuka sebuah aplikasi baik itu tablet atau handphone maka biasanya kita akan mendapati iklan-iklan yang ditampilkan, baik berupa iklan aplikasi lainnya atau iklan produk lain.
Didalam Mobile ads ini kita bisa mentarget pengguna berdasarkan aplikasi yang diinstalnya, missal apabila kita ingin menjual produk seputar sepakbola, maka kita bisa mentarget pengguna aplikasi yang berhubungan dengan sepakbola.

Kita bisa membuat sendiri aplikasi tersebut dengan menyisipkan iklan didalamnya atau
kita bisa memilih jasa periklanan yang memungkingkan untuk ditampilkan di aplikasi yang dipasang oleh pengguna yang kita target, contoh jasa periklanan ini adalah google admob, Millennial Media, Adfonic, Chartboost, Tapjoy dll.

Social Media ads
Social media ads adalah program periklanan yang ditampilkan di situs-situs social media dimana iklan tipe ini semakin digemari terutama di Indonesia, salah satu sebabnya adalah karena iklan dari social media memiliki tingkat konversi yang cukup tinggi.

Konsep beriklan di social media umumnya mentarget orang-orang berdasarkan suatu minta tertentu, dimana kita bisa membidik seseorang atau komnitas yang sesuai dengan produk yang kita promosikan.
Misalnya kita menjual beberapa produk yang berhubungan dengan sepakbola, maka kita bisa mentarget orang-orang yang memiliki minat atau tertarik terhadap sepakbola,
misalnya kita bisa mentarget komunitas atau fans club tertentu.

Dengan social media kita tidak harus memiliki produk terlebih dahulu, mksudnya kita bisa mencari terlebih dahulu target market yang potensial dan memiliki buyer yang cukup banyak, setelah itu kita bisa mencari produk yang kira-kira diminati oleh target market tersebut.
Contohnya ketika kita mengetahui bahwa banyak sekali interaksi di suatu komunitas fans sepakbola, maka kita bisa membuat produk kaos atau topi seputar club atau fansclub tersebut lalu menjualnya ke komunitas tersebut..  dan teknik seperti ini terbukti efektif untuk membuat konversi penjualan.

Dengan memahami dan mengusai sumber penghasilan dan sumber traffic, kita menjadi banyak pilhan dan banyak strategi ketika akan menjalankan internet marketing, akan tetapi seperti yang telah saya jelaskan bahwa untuk sumber penghasilan kita cukup menguasai salah satu saja, berbeda halnya dengan sumber traffic.. kita boleh menguasai banyak sumber traffic sekaligus, namun tentunya dengan mempelajarinya secara bertahap.

Demikian materi "Konsep Dasar Internet Marketing" yang sebaiknya anda  kuasai...
Dengan memahami materi ini saya harapkan anda bisa lebih mudah menguasai internet marketing..

Selamat belajar …
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internternet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila anda ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..   Saya sangat menyarankan agar anda untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com , Karena disana anda akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..

Materi Selanjutnya anda akan belajar mengenai " Niche dan strategi memilihnya Internet Marketing".

Sampai jumpa di pembelajaran selanjutnya, Salam buat keluarga di rumah..

Sukses Selalu



PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID

Kamis, 15 Desember 2016

Konsep Dasar Internet Marketing



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Hay.. hay
Bapak/ibu saudara/I  gimana kabarnya, mudah-mudah selalu sehat yah..
Kali ini anda akan belajar mengenai Konsep Dasar Internet Marketing, Ini materi yang sangat penting agar anda bisa memahami Internet Marketing secara menyeluruh...

Kita mulai materinya yah...
Konsep dasar internet marketing penting untuk kita ketahui agar kita lebih mudah dalam menjalani apapun model bisnis yang ada di dalam internet marketing, ketika kita faham konsep ini kita bisa menentukan step-step atau tahapan-tahapan ketika menjalankannya.
Pada dasarnya kita hanya perlu memahami secara detail apa itu sumber penghasilan atau model bisnis dan sumber traffic yang ada di dunia internet marketing secara kemudian kita berusaha mengkombinasikannya agar bisnis yang kita lakukan bisa menghasilkan.

Tidak semua sumber traffic yang ada bisa cocok dengan tipe sumber pengahasilan yang kita pilih, ada model bisnis yang cocok dengan sumber traffic yang ini namun belum tentu cocok dengan sumber traffic yang lainnya, diperlukan kejelian dan riset yang tepat agar kita bisa mengkombinasikan keduanya.
Berikut beberapa konsep dasar yang perlu diketahui didalam dunia internet marketing:

Sumber Penghasilan
Sumber penghasilan di dunia internet marketing memang sangatlah banyak bahkan bisa disebut tidak terbatas, karena pada dasarnya kita bisa meng-onlinekan hampir semua bisnis offline namun kita belum tentu bisa meng-offlinekan semua bisnis online.
Walaupun sumber penghasilan ini banyak sekali macamnya, namun kita hanya perlu memilih salah-satu sumber penghasilan saja, fokus didalam satu model bisnis merupakan salah satu kunci sukses di dalam dunia internet marketing.

Sangat banyak orang khususnya pemula yang baru terjun di dunia internet marketing yang mengalami kegagalan dikarenakan terlalu banyak memilih model bisnis yang dilakukan secara bersama-sama, jelas ini merupakan tindakan yang sangat fatal.
Ketika kita bisa menguasai satu saja model bisnis yang kita pilih secara detail dan sampai menghasilkan, maka dengan mudah kita mencoba model bisnis lainnya sebagai sumber penghasilan yang bisa meningkatkan income buat kita.

Perlu diingat bahwa sebagus apapun model bisnis atau sumber penghasilan yang ada atau yang sedang booming, maka pastilah dibalik model bisnis tersebut membutuhkan usaha, riset dan modal yang cukup banyak ketika memulainya.
Jangan mudah tergoda terhadap tawaran-tawaran yang datang kepada kita, hal itu bisa membuat kita gagal fokus terhadap apa yang telah kita lakukan, sehingga akhirnya tahapan dan usaha yang kita lakukan menjadi sia-sia dan akhirnya kita menjadi menyerah.

Semua model bisnis memiliki peluang yang hampir sama, tinggal bagaimana kita menjalaninya dengan penuh kesabaran dan motivasi yang tinggi agar kita bisa menjalani tantangan yang kita hadapi didalam menjalankan model bisnis yang kita pilih.
Berikut ini beberapa model bisnis yang cukup popular yang bisa kita pilih di dalam dunia internet marketing:

Menjual produk sendiri
Apabila kamu seorang wirausahawan atau seseorang developer yang memiliki produk yang layak dijual, maka dengan menggunakan media internet atau internet marketing kamu bisa menjual produk tersebut dengan lebih banyak menjangkau calon pelanggan baru.
Produk yang dipromosikan bisa berupa produk fisik atau produk digital yang layak jual atau yang memiliki manfaat bagi masyarakat luas, kamu bisa mentarget orang-orang yang memiliki minat terhadap produk yang kamu promosikan tersebut.
Kamu juga bisa membuat atau menyediakan produk yang sedang dibutuhkan orang,
yaitu dengan cara melakukan riset sederhana baik itu dilakukan di social media ataupun di search engine.

Menjual service atau jasa
Apabila kamu memiliki keahlian atau keterampilan yang bisa kamu jual, maka dengan media internet kamu juga bisa lebih mudah menjangkau orang-orang yang membutuhkan jasa yang kamu buka tersebut.
Jasa-jasa yang umum dilakukan di dalam dunia internet marketing adalah seperti jasa pembuatan website, penulis artikel, jasa optimasi search engine dll. Intinya jasa tersebut ada peminatnya atau dibutuhkan oleh orang banyak.

Affiliate marketing
Affiliate marketing adalah teknik marketing yang dilakukan dengan cara mendatangkan visitor untuk web atau halaman penjualan yang dimiliki oleh orang lain, dan ketika visitor kita datangkan tersebut melakukan pembelian maka kita medapatkan komisi sesuai yang telah disepakati.
Teknik affiliate marketing cukup populer dilakukan terutama bagi mereka yang tidak memiliki produk untuk dijual atau mereka yang tidak ingin ribet mengurusi urusan penjualan maupun distribusi barang.

Metode yang digunakan adalah dengan cara menggunakan link tracking dimana setiap affiliate marketer diberikan link tracking yang unik untuk dijadikan url tujuan dari visitor yang akan dia datangkan.
Tempat atau merchant affiliasi yang sering dipilih oleh affiliate marketier di Indonesia adalah amazon dan clickbank.. untuk affiliasi lokal bisa mendaftar di lazada, bhineka, yubi store atau untuk produk digital bisa mendaftar di .ratakan.com. dll.

Periklanan atau advertiser
Apabila kamu sudah memiliki blog atau website yang sudah memiliki visitor harian yang cukup banyak, maka kamu bisa membuka program periklanan sendiri, program periklanan ini termasuk model bisnis yang paling mudah dilakukan.
Akan tetapi tidak semua niche atau topik bahasan memiliki pengiklan, jadi apabila kita hendak membuka program periklanan, kita bisa memilih niche atau tema bahasan yang kira-kira memiliki banyak produk untuk dijual agar banyak orang yang menginginkan untuk menempatkan iklan di website kita.
Niche atau topik website yang memiliki banyak pengiklan diantaranya adalah niche otomotif, busana muslim, internet marketing atau produk-produk kecantikan dimana wanita adalah calon costumer yang sangat loyal dalam pembelian online.

Akan tetapi saya tidak menyarankan untuk mengikuti program periklanan yang dilakukan oleh pihak atau perusahaan manapun, dimana kita tidak memiliki kontrol Penuh atas iklan yang ditampilkan, bahkan kita tidak mengetahui iklan apa saja yang ditampilkan di website kita tersebut.

Broker Domain
Broker domain adalah proses membeli domain yang unik atau simple yang menjual dan memiliki peluang untuk dibeli oleh suatu perusahaan tertentu, domain-domain ini bisa kita beli dengan harga murah namun kita bisa menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal.
Misalkan kita membeli domain yang unik dan simple seperti mobil.com. , motor.com. atau rumahku.com. .. domain-domain ini memiliki nilai yang sangat menjual dan memiliki kemungkinan ada perusahaan atau perorangan yang memiliki bisnis di niche tersebut yang mau membeli domain yang sudah kita miliki.

Teknik yang digunakanpun sangat mudah, dimana kita tinggal mencari domain-domain yang unik dan menjual tadi, kemudian menjualnya di tempat listing domain seperti godaddy auction, sedo dll.
Cara lainnya adalah kita membeli sebuah domain yang tidak diperpanjang oleh pemiliknya ( aged domain ) namun domain tersebut memiliki kualitas yang baik seperti memiliki nilai authority yang tinggi dan memiliki backlink yang berkualitas.

Kita bisa menjual atau menawarkan aged domain yang telah kita beli tadi ke orang atau perusahaan yang berhubungan dengan jasa SEO, dan biasanya hasil penjualan yang terjadi memiliki nilai yang cukup besar apalagi kalau domain tersebut memiliki nilai atau kualitas yang baik.

Link Sales
Link sales adalah teknik didalam internet marketing dimana kita menjual link kepada seseorang atau perusahaan yang hendak mengoptimasi seuatu website tertentu,
link sales ini cukup mudah dipraktekan.
Caranya, kita membeli aged domain yang memiliki kualitas baik dari segi SEO, kemudian kita buat web di domain tersebut, selanjutnya kita post beberapa artikel yang tidak memiliki link, buat minimal 5 post.

Selanjutnya kita bikin page yang berisi informasi penerimaan guest post bagi siapa saja yang berminat dengan mengijinkan menaruh beberapa link di postingan tersebut, asalkan artikel yang diberikan harus berkualitas.
Kemudian kita posting artikel yang berisi link tersebut dengan menambahkan atribut nofollow , dan setelah kita post kita kirim url-nya ke pemberi artikel tadi dengan menambahkan pesan “ ini url backlink anda, akan tetapi link didalamnya adalah link nofollow dan apabila anda menginginkan link menjadi dofollow, maka silahkan berikan donasi sebesar $15 perlink untuk kepentingan pemeliharaan website ini.

Dan biasanya mereka dengan senang hati untuk meberikan donasi tersebut, perlu diingat adalah target market untuk link sales ini adalah luar negeri karena mereka lebih memiliki kemampuan untuk membayar, kalau untuk local mereka kebanyakan hanya menginginkan gratisan, jadi web yang kita buat haruslah web Bahasa inggris.

Demikian beberapa contoh sumber penghasilan yang cukup popular dilakukan oleh para pelaku internet marketing baik di Indonesia ataupun di dunia, sebenarnya masih banyak yang lainnya namun kurang memiliki peminat mungkin karena konversi atau keuntungan yang didapat tidak begitu maksimal.

Tunggu Dulu
Bapak/ibu, saudara/I , materinya belum selesai... takut kepanjangan soalnya, hhehehe
Ditunggu materi sambungannya yah...
Selamat belajar 

Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com.
" Pembelajaran Internternet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila anda ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing.. 

Saya sangat menyarankan agar anda untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com, Karena disana anda akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sampai jumpa di pembelajaran selanjutnya yah Bapak/ibu, saudara/I .. Salam buat keluarga di rumah..
Sukses Selalu

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID