Jumat, 27 Januari 2017

Search Engine Warning



pelajari materi Search Engine Warning yuk..
Perhatikan yah..

Seperti diketahui, semakin hari search engine semakin terus memperbaiki system dan alghoritmanya, hal ini dilakukan untuk memperbaiki kualitas pencarian yang lebih relevant sesuai dengan kata kunci yang dibidik oleh pengguna, sehingga tindakan yang bertujuan untuk mempengaruhi hasil pencarian (termasuk seo) menjadi hal yang dibencinya terutama bagi website-website yang memiliki kualitas konten rendah.
Artinya untuk kita yang ingin melakukan optimasi mesin pencari (seo) harus berhati-hati jangan sampai tindakan kita terdeteksi oleh search engine sebagai tindakan yang berusaha mempengaruhi hasil pencarian sehingga bisa membuat search engine memberikan poin negative bahkan mendapat penalty.
Oleh karena itu kita harus mempelajari tentang apa saja yang bisa menjadi warning bagi pelaku seo di mata search engine juga kita akan mempelajari seperti apa dampaknya serta bagaimana cara meminimalisir bahkan mencegah warning tersebut, search engine yang sering memberikan warning bagi pelaku seo adalah google jadi kita akan lebih spesifik membahas seputar serach engine google.

Mengenal Alghoritma Google
Tidak ada orang yang tahu secara spesifik bagaimana alghoritma setiap search engine bekerja termasuk alghoritma google, akan tetapi kita bisa mempelajari kecenderungannya agar kita bisa mengetahui apa saja yang harus kita lakukan untuk menghadapi alghoritma tersebut.
Biasanya apabila ada perkembangan terbaru dari alghoritmanya tersebut biasanya google mengumukannya secara resmi, jadi kita bisa mengetahui apa saja perubahannya, apa dampaknya dan apa yang harus kita lakukan. Berikut beberapa alghoritma google yang sedah popular diketahui oleh banyak orang:
Google panda
Google panda adalah alghoritma yang berfungsi untuk menilai konten yang ada didalam suatu website terutama website-website yang sudah ada dihalaman pertama google, hal ini untuk memastikan situs-situs yang berda di halaman pertama google memiliki konten yang berkualitas.
Untuk menghadapi alghorima ini kita cukup memberikan posting yang berkualitas dan memiliki manfaat bagi visitor web kita, berikan juga konten yang lengkap dan unik agar visitor web mendapatkan manfaat yang banyak dari wensite kita.
Google Panda ==> qualitas konten website
Google penguin
Google penguin adalah alghoritma google yang berfungsi untuk memerangi website yang melakukan optimasi offpage secara berlebihan / sangat tidak natural dan tidak sesuai dengn pedoman webmaster google, biasanya google penguin mentarget backlink yang dimiliki oleh sebuah halaman website yang dibuat secara massive.
Untuk menghadapi alghoritma google penguin ini kita cukup melakukan teknik offpage seo dengan hati-hati atau dilakukan tidak terlalu massive serta anchor text backlink yang dibuat lebih beragam tidak hanya membuat anchor text sesuai keyword yang ditarget.
Google Penguin ==> optimasi offpage berlebihan / backlingking yang spammy
Google hummingbird
Google hummingbird adalah alghoritma yang bertujuan untuk mengolah data dari website-website yang ada didalam index google, setelah itu berusaha memahami makna dari setiap konten yang ada didalamnya sehingga membuat hasil pencarian di search engine tidak hanya berdasarkan kata tetapi juga berdasarkan makna.
Misal kita mengetikan kata “ ibu kota Indonesia “, maka akan muncul hasil pencaarian yang mendeskripsikan seputar Jakarta, alghoritma ini membuat hasil pencarian lebih manusiawi serta kemungkinan akan lebih baik lagi dikemudian hari.
Sebenarnyam masih banyak alghoritma lainnya yng dimiliki oleh google , akan tetapi efeknya tidak terlalu significant terutama bagi pelaku SEO.

Google Punishment
Setelah kita mempelajari secara garis besar tentang alghoritma google yang bekerja sesuai fungsi dan karakter masing-masing, sekarang kita akan mempelajari hukuman yang diberikan oleh google kepada website-website yang dianggap melanggar kebijakan webmaster google.
Hukuman google ini lebih dikenal dengan istilah google penalty, apabila anda pelaku seo pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.. dan untuk anda yang baru memulai melkukan teknik seo maka anda harus sudah terbiasa dan siap dengan yang namanya google penalty.
Banyak pelaku seo yang sudah terbiasa website yang dioptimasinya mengalami penalty atau hukuman dari google, hal ini merupakan resiko yang harus dihadapi oleh semua pelaku seo, akan tetapi dengan kita mempelajari macam-macam penalty google , kita bisa mencegah penalty tersebut menghampiri situs yang kita optimasi.
Sama seperti halnya hukuman di dunia nyata, hukuman yang dimiliki google juga memiliki beberapa tingkatan, ada yang berat, sedang dan ringan, yang mana semua tingakatan hukuman tersebut diberikan sesuai pelanggaran yang dilakukan oleh masing-masing website.
Beberapa istilah yang popular didalam google penalty:
Google Dance
Google dance adalah tindakan yang dilakukan oleh Google dengan cara menaik turunkan posisi ranking dari suatu halaman website di hasil pencarian, hal ini biasanya dilakukan terhadap website-website baru yang belum memiliki kepercayaan di mata search Google.
Website-website ini biasanya masih dalam uji coba, google menilai Apakah website tersebut layak atau tidak dimasukkan ke halaman hasil pencarian, jadi untuk Anda yang mengalami hal seperti ini di saat membangun sebuah website baru maka ini adalah wajar dan tidak perlu risau.
Anda tetap melakukan posting artikel seperti biasa sebanyak mungkin sambil memperkuat halaman homepage dengan backlink yang berkualitas, dan Ketika halaman web anda semakin kuat maka dengan sendirinya Google akan memberikan ranking yang lebih baik lagi.
Google Sandbox
Google sandbox adalah kejadian dimana suatu halaman website yang sudah cukup baik di dalam peringkat hasil pencarian tiba-tiba terlempar entah ke peringkat berapa sehingga trafik website menghilang, akan tetapi index website disebut masih ada.
Ini biasanya terjadi karena suatu halaman website mengalami pergerakan rangking yang cepat dalam waktu yang singkat misalnya dalam waktu 1 minggu suatu halaman website melesat naik dari posisi 100 ke posisi 5, hal itu menimbulkan kecurigaan dari algoritma search engine.
Sehingga google memberikan hukuman sementara atau pihak Google akan melakukan review manual terhadap halaman website tersebut terutama dari backlink yang dimiliki oleh website tersebut, biasanya ketika halaman web saya kita tidak dianggap spam maka peringkat atau ranking di hasil pencarian akan kembali naik walaupun membutuhkan waktu yang cukup lama.
Google Deindex
Google deindex sudah tidak asing lagi di kalangan pelaku SEO apalagi untuk orang yang melakukan tindakan yang nyata-nyata bertentangan dengan T.O.S google seperti melakukan masive link building, auto generated konten atau tindakan Blackheat lainnya.
Deindex sendiri adalah tindakan yang dilakukan oleh Google dengan menghapus semua index dari website yang terkena hukuman tersebut, hal ini dilakukan karena website tersebut melakukan tindakan yang benar-benar parah bahkan Google sampai memblacklist Nama domainnya.
Jadi apabila nama domain yang telah dipindah ke tersebut didapatkan ulang atau dibuat ulang dari awal maka tetap tidak akan diindeks oleh Google walaupun pendaftaran domain tersebut dilakukan oleh pemilik yang baru.
Untuk situasi tertentu deindex juga bisa berakibat kepada seluruh domain yang ada di hosting atau akun domain yang sama dengan domain atau website yang terkena deIndex. Cara mengetahui sebuah domain deindex atau tidak adalah dengan cara mencari tahu index dari domain tersebut dengan mengetik site:namadomain.com

Sebab-sebab terkena google penalty:
Over internal Link
Over internal link adalah terlalu banyaknya internal Link yang dimiliki oleh sebuah halaman website, biasanya ini dilakukan agar halaman-halaman yang diberi link tersebut mendapatkan ranking yang lebih baik. Internal link Sebenarnya cukup baik untuk memberikan pengalaman yang lebih kepada visitor website, karena dengan adanya internal link kita bisa memberitahukan artikel artikel terkait yang bisa menambah informasi visitor website tersebut.
Spam link website
Spam link website adalah website yang tidak memiliki konten sama sekali atau hanya sedikit konten yang ada di dalamnya akan tetapi halaman tersebut hanyalah berisi banyak link-link yang mengarah ke beberapa halaman website.
Biasanya spam link website ini digunakan untuk memberikan backlink kepada website-website lain yang akan dioptimasi, akan tetapi karena sedikit sekali informasi atau konten yang ada di dalamnya maka spam link ini cenderung akan mendapatkan pinalti dari Google.
Massive link building
Masive link building adalah teknik membuat backlink yang banyak dalam waktu singkat, yang dilakukan untuk menaikkan rangking di halaman pencarian, masive link building ini hampir bisa dipastikan dilakukan oleh Boots atau software seperti gsa, senuke dll.
Sebenarnya Masive link building bisa dilakukan dengan aman asalkan proses indexing tidak dipaksakan atau proses indexing dilakukan secara manual oleh searche engine itu sendiri namun ini akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memberikan Efek terhadap rangking.
Duplikat konten
Google sangat menginginkan website website yang ada di halaman pencariannya memiliki konten yang unik karena konten duplikat hanya akan memberikan informasi yang sebelumnya sudah ada sedangkan Google membutuhkan konten-konten baru untuk memberikan pilihan kepada orang yang melakukan pencarian.
Over optimasi keyword
Ketika kita mentarget sesuatu keyword diusahakan keyword tersebut ada di dalam artikel kita hal ini bisa membuat relavansi antara keyword dan konten halaman web sehingga bisa mempermudah web kita mendapatka rangking di keyword tersebut.
Akan tetapi apabila terlalu banyak keyword yang kita masukkan di dalam artikel atau konten halaman web, ini bisa membuat kita dianggap spam dan sangat sangat memungkinkan untuk mendapatkan penalty google.
Anchor text yang tidak beragam
Anchor text dari backlink bisa berpengaruh terhadap ranking, ketika backlink kita memiliki anchor text berupa keyword yang dibidik ini bisa mempermudah mendapatkan ranking yang baik untuk keyword tersebut. Akan tetapi apabila backlink yang dimiliki suatu halaman website memiliki anchor text hanya berupa keyword yang dibidik, ini bisa membuat curiga search engine sampai-sampai bisa membuat search engine memberikan penalty.
Jadi ketika kita membuat backlink hendaknya anchor text dari backlink tersebut dibuat seberagam mungkin, seunik mungkin, anchor text yang berupa keyword jangan terlalu banyak sesuaikan saja, kira-kira 30% dari total bcklink.
Demikian materi "Search Engine Warning"
Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "
Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
 
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID

Kamis, 26 Januari 2017

Search Engine Rangking Factor



Sebelumnya kita telah membahas pengertian Search Engine dan Teknik Search Enginesekarang kita lanjutkan dengan Search Engine Rangking Factor

Search Engine Rangking Factor
Apa saja sih yang termasuk Search Engine Rangking Factor itu??

Search engine ranking Factor adalah beberapa faktor yang bisa mempengaruhi ranking suatu website di halaman pencarian berdasarkan keyword-keyword yang relevan, sebenarnya banyak sekali search engine rangking faktor yang sebenarnya, akan tetapi kita akan mempelajari beberapa saja yang dianggap paling penting.

1. Backlink yang banyak dan berkualitas 

Backlink tetap menjadi faktor peringkat yang sangat penting, semakin banyak jumlah backlink yang mengarah ke suatu halaman website maka semakin mempengaruhi hasil peringkat website tersebut ke tingkat yang lebih baik.

Begitu juga dengan kualitas yang dimiliki oleh backlink tersebut semakin berkualitas suatu backlink yang dimiliki oleh suatu halaman website maka akan semakin mempermudah menaikkan ranking atau akan semakin sedikit jumlah backlink yang dibutuhkan untuk menaikkan ranking.

Akan tetapi backlink yang baik tidak hanya sekedar banyak dan berkualitas tetapi harus berasal dari sumber domain serta ip address yang berbeda sehingga terlihat lebih natural dimata search engine.

Akan sangat berbahaya jika backlink yang telah miliki hanya berasal dari sedikit domain saja walaupun misalnya backlink tersebut memiliki kualitas yang baik, akan tetapi kualitasnya bisa menurun apabila hanya berasal dari sedikit domain.

Intinya search engine ingin melihat seberapa banyak situs yang berbeda mendukung atau merekomendasikan suatu halaman web, karena backlink tersebut menggambarkan adanya rekomendasi yang diberikan terhadap website yang diberikan Link.

Bahkan jumlah domain unik yang mendukung suatu situs web menjadi salah satu faktor terkuat terhadap hasil rangking di halaman pencarian, apalagi kalau halaman-halaman backlink tersebut memiliki relevansi yang baik dengan situs yang di Link.

 
2. Otoritas domain 

Otoritas domain atau disebut juga domain authority adalah suatu Matrix atau penilaian yang diberikan oleh moz.com terhadap suatu domain atau halaman website, biasanya penilaian ini didasarkan kepada jumlah backlink serta jumlah traffik yang dimiliki oleh suatu website.

Sebuah domain yang telah memiliki nilai authority yang tinggi memiliki kemungkinan halaman-halaman yang ada di dalamnya untuk merengking lebih mudah, bahkan saat kita mengoptimasi dengan membuat backlink maka domain yang memiliki authority tinggi lebih tahan terhadap penalti.

Jadi, penting untuk kita di awal-awal melakukan optimasi terhadap sebuah website terlebih dahulu menaikkan authority dari website tersebut, jadi optimasi yang kita lakukan diarahkan terlebih dahulu ke bagian homepage, dan setelah homepage cukup kuat maka kita bisa mengarahkan ke bagian page yang ada di dalamnya.

3. Bahasan yang lengkap dan relevan

Memberikan bahasan suatu topik yang kita bidik selengkap mungkin namun tetap berfokus dan memiliki manfaat bisa membuat halaman web anda lebih mudah untuk merengking, misal kita membuat bahasan seputar soto ayam Indonesia maka kita fokus di topik tersebut dengan memberikan konten yang lengkap.

Misalkan di awal kita Menceritakan sejarah dari soto ayam Indonesia dilanjut dengan artikel cara membuat soto ayam, terus ceritakan juga bahan-bahannya, harganya berapa, apa manfaatnya dan seterusnya, ini akan membuat konten halaman web yang kita miliki menjadi kaya akan informasi namun tetap terfokus.

Teknik seperti ini juga bisa membuat halaman website kita merangking di banyak kata kunci misal kita merangking di kata kunci soto ayam Indonesia, cara membuat soto ayam, bahan soto ayam, harga soto ayam dan yang lainnya.

Kita juga bisa membuat artikel-artikel lain yang relevan, agar website yang kita miliki memiliki tema bahasan yang khusus misalnya kita membuat artikel-artikel lain yang membahas seputar makanan makanan yang ada di indonesia.

4. Jumlah kata di dalam artikel 

Halaman web yang memiliki jumlah kata yang lebih banyak cenderung memiliki peringkat yang lebih baik, asalkan kata atau kalimat tersebut benar-benar dibutuhkan dan relevan dengan bahasan yang ada. Akan tetapi jangan sampai kita membuat artikel yang panjang namun terlalu bertele-tele sehingga orang yang membacanya menjadi kebingungan dan merasa bosan hingga akhirnya mereka meninggalkan halaman website kita.

Panjang artikel dan banyaknya kata bisa menggambarkan kualitas konten yang lebih baik secara umum, jumlah kata yang sebaiknya ditampilkan di setiap halaman website kita berkisar antara 800 sampai 2500 kata.

5. Https 

Sekitar tahun 2015 akhir Google meminta para Webmaster atau pengelola website untuk mengalihkan situs mereka menggunakan https, google bahkan menyebut ini sebagai faktor penting di dalam ranking di hasil pencarian.

Dan faktanya berdasarkan data dan riset yang dilakukan oleh beberapa Webmaster serta hasil riset yang ditampilkan oleh forum-forum SEO menemukan bahwa, meskipun tidak berpengaruh secara signifikan akan tetapi https memiliki hubungan cukup besar terhadap pergerakan rangking.

Jadi untuk situs baru saya sarankan untuk menggunakan https karena ini cukup mempengaruhi rangking bagi situs anda, akan tetapi ini memerlukan biaya yang tidak sedikit lebih baik disesuaikan dengan biaya yang anda miliki.

Sedangkan untuk situs lama yang sudah cukup kuat dan memiliki backlink yang banyak sebaiknya tidak usah diganti dan Apabila terjadi pergantian maka kekuatan domain bisa berkurang karena URL-nya akan berubah, karena url yang ada di dalam backlink tetap menggunakan http.

Untuk tutorial perubahan http menjadi https sudah banyak tersedia di youTube atau bisa mencari di search engine dengan mengetikkan kata kunci "cara setting https" atau kata kunci sejenis lainnya.

6. URL yang singkat 

URL yang singkat cukup berpengaruh di dalam teknik onpage SEO karena url yang singkat lebih mudah bagi algoritma suatu search engine untuk mengenali maksud dan bahasan pada halaman website tersebut.

Algoritma search engine biasanya akan lebih berat memahami kata lebih dari 5 buah sehingga akan memberikan poin minim terhadap url yang memiliki terlalu banyak kata, contoh url yang singkat: http://dominanda.com/judul-postingan ;

Sebab lainnya adalah url yang panjang cenderung mengarah atau membutuhkan beberapa klik dari homepage itu berarti url tersebut memiliki pengaruh atau otoritas yang lebih sedikit dari homepage tersebut. Jadi sebaiknya gunakanlah url yang pendek simple dan mudah dipahami agar setiap url postingan di website Anda mendapatkan nilai yang baik di mata Search engine.

7. Memiliki keyword atau kata kunci di title page 

Diawal-awal boomingnya teknik SEO title tag memiliki peranan yang signifikan, karena dari title ini kita bisa mengetahui tema bahasan dari sebuah halaman website. Akan tetapi sekarang pengaruhnya tidak terlalu signifikan namun masih menjadi faktor penting.

Bahkan pihak Google telah mengumumkan bahwa keberadaan kata kunci di title tag tidak menjamin suatu halaman web bisa merangking di kata kunci tersebut.

Jadi tidak mengapa kita menampilkan kata kunci yang dibidik di title tag, setidaknya bisa mempengaruhi orang yang ingin mengetahui bahasan suatu website, selain itu menaruh kata kunci di title tag juga sangat mudah untuk dilakukan.

8. Kecepatan loading 

Sudah sejak lama search engine menjadikan kecepatan loading suatu website menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan peringkat hasil pencarian yang lebih tinggi, website yang memiliki loading cepat cenderung memiliki peringkat yang lebih baik dibandingkan website yang memiliki loading lambat.

Jadi saya sarankan Ketika anda ingin membuat suatu website atau ingin membeli tema Wordpress, anda harus memiliki pertimbangan terhadap kecepatan website nantinya, untuk tema WordPress anda bisa menilai kecepatan loading dari fitur demo theme wordpress tersebut, ceknya bisa di https://gtmetrix.com.

9. Anchor text backlink 

Anchor teks dari backlink bisa mempengaruhi hasil pencarian untuk keyword tersebut misalkan ada anchor text dari backlink kita yang sesuai dengan keyword yang kita bidik maka ini bisa membuat nilai yang lebih bagi halaman website kita di mata search engine.

Akan tetapi penggunaan anchor text sesuai dengan keyword yang dibidik secara berlebihan bisa membuat website kita terkena penalti, jadi apabila kita membuat sendiri backlink tersebut pastikan harus menggunakan anchor teks yang bervariasi.

Khusus untuk domain baru sebaiknya kita menggunakan anchor text dengan menggunakan url atau nama domain kita terlebih dahulu setelah itu baru menggunakan kata kunci yang dibidik atau kata kunci turunnnya.

Anchor Text: “ Kuda “ Keyword Turunan: “ Kuda jantan “ Domain: “ kudaku.com “ url: hhttp://kudaku.com
note: " anchor text adalah sebuah kata yang memiliki link ke suatu halaman website."

 
10. Rasio pentalan / bounce rates 

Banyak pakar di dunia seo berspekulasi bahwa search engine khususnya Bing dan Google menggunakan user experience dari pengguna di suatu halaman website yang dikunjunginya merupakan salah satu faktor penentu yang sangat signifikan bagi rangking di hasil pencarian.

Secara logika apabila seorang visitor website memiliki banyak interaksi dan menghabiskan banyak waktu di suatu halaman website, maka kecenderungan halaman website tersebut cukup berguna visitor website tersebut.

Karena bagi search engine adalah pengalaman pengguna dari visitor web merupakan tujuan utama yang ingin diberikan kepada orang yang melakukan penacarian, agar orang yang sudah melakukan pencarian tersebut bisa mendapatkan apa yang dicarinya tersebut.

Pengalaman pengguna yang baik bisa dilihat dari rasio pentalan, yaitu apabila visitor website langsung menutup halaman sebuah website ketika mereka baru memasuki halaman tersebut maka ini berarti halaman website tersebut bukan termasuk website yang ia cari.

Atau bisa juga apabila seseorang visitor website mengunjungi sebuah website tetapi tidak melakukan interaksi apa-apa bahkan tidak menghabiskan waktu yang lama berada di website tersebut, ini juga bisa mengindikasikan website tersebut memiliki kualitas yang rendah dan search engine mengetahui hal itu.

=========================================================
Demikian materi "Search Engine Rangking Factor" Yang bisa di Pelajari, agar webnya mendapatkan rangking di search engine...Materi Pembelajaran ini dipersembahkan oleh ==> JagoanIM.com
" Pembelajaran Internet Marketing Yang Benar-Benar Mudah, Murah dan Menyenangkan "

Bila ingin lebih serius mempelajari dahsyatnya internet marketing..
Saya sangat menyarankan untuk bergabung bersama tim
JagoanIM.com
Karena disana akan mempelajari internet marketing dengan lebih detail dan lebih intensive..
Sukses Buat kita yang mau berduit (Do’a, Usaha, Ikhlas dan Tawakal)

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
PengusahaOnline.club
Konsultan@pengusahaonline.club
Jalan Pangeran Muhammad, Majalengka, Jawa Barat, 45471, ID